STRATEGI PENGEMBANGAN UKM BERBASIS INOVASI YANG BERKELANJUTAN: STUDI DI KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Edy Dwi Kurniati Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI
  • Nunuk Supraptini Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI
  • Pitaloka Dharma Ayu Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI

DOI:

https://doi.org/10.70248/jmie.v2i1.1108

Keywords:

Strategi, UKM, Inovasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap: (1) Pemetaan sumberdaya inovasi (internal, eksternal) untuk Pengembangan UKM Berbasis Inovasi di Kabupaten Semarang, (2) merumuskan strategi pengembangan UKM berbasis inovasi di Kabupaten Semarang. Penelitian dilakukan dengan Focus Group Discussion (FGD) atau workshop dengan staff instansi terkait di Kabupaten Semarang, observasi lapangan serta menggunakan data sekunder dari intansi terkait untuk menganalisis peluang dan tantangan berdasarkan situasi global, lokal dan potret kondisi aktual permasalahan kapasitas UKM selama ini. Selanjutnya, analisis strategi model pengembangan UKM Berbasis Inovasi Di Kabupaten Semarang melalui pendekatan analisis SWOT. Hasil kajian menemukan hasil sebagai berikut. Pertama, faktor eksternal kunci dalam pengembangan UKM berbasis inovasi di Kabupaten Semarang meliputi: perkembangan teknologi digital, dukungan pemerintah daerah, dinamika pasar dan intensitas persaingan. Faktor internal kunci yang merupakan kekuatan UKM adalah fleksibilitas dan agilitas, sedangkan faktor internal yang merupakan kelemahan UKM meliputi kapasitas manajemen dan kelemahan UKM dari efisiensi skala ekonomi. Kedua, strategi pengembangan UKM berbasis inovasi di Kabupaten Semarang, meliputi: (1) mendorong UKM untuk go digital dan naik kelas yaitu dengan memanfaatkan teknologi untuk inovasi dalam meningkatkan daya saing melalui efisiensi produksi dan operasional, perluasan pasar, dan praktik manajemen kualitas, (2) ketersediaan akses inovasi terbuka, (3) pengembangan kapasitas inovasi UKM yang terintegrasi dan berkelanjutan.

References

Ahadiat, A. (2010), Manajemen Strategik: Tinjauan Teoritikal Multiperspektif. Edisi Ke Satu. Pusat Penerbitan Lembaga Penelitian Universitas Lampung Bandar Lampung

Anderson, N., Potočnik, K., Zhou, J. (2014) Innovation and Creativity in Organizations: A State-of-the-Science Review, Prospective Commentary, and Guiding Framework, Journal of Management 40 (5), 1297–1333

Audretsch, D. dan R. Thurik. 2009. Linking entrepreneurship to growth. Working Paper, OECD STI, 2081/2.

ASEAN Investment Report 2022. Diakses di https://asean.org/book/asean-investment-report-2022/

Besanko, D., Dranove, D., Shanley, M. dan Schaefer, S. (2010). Economic of Strategy. Edisi ke-5. John Wiley & Sons.

BPS Kabupaten Semarang (2020) Profil Industri Mikro dan Kecil Kabupaten Semarang 2020

Brynjolfsson, E., McAfee, A., & Spence, M. (2014). New World Order: Labor, Capital, and Ideas in the Power Law Economy. Diakses di: https://www.foreignaffairs.com/articles/united-states/2014-06-04/new-world-order

Bwisa HM (2010). Economics And Entrepreneurship May Be Twins But They Are Not Identical Twins. artikel diakses online 22 Februari 2020 do. http://www.professorbwisa.com/

Calvo-Mora, A., Navarro-García, A., & Periañez-Cristobal, R. (2015). Project to improve knowledge management and key business results through the EFQM excellence model. International Journal of Project Management, 33(8), 1638–1651

Chiva, R., Vidal, J., & Lapiedra, R. (2007). Measuring Organisational Learning Capability among the Workforce. International Journal of Manpower, 28, 224–242. https://doi.org/10.1108/01437720710755227

Frenz, M., Lambert, R., 2012. Mixed Modes of Innovation: An Empiric Approach To Capturing Firms' Innovation Behaviour, Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) STI Working Paper 2012/6

Gassam, J. (2020), How Yout Company Can Drive Positive Cultural Change During A Global Pendemic. Forbes http://www.forbes.com

Grant, R. M. (1996). Prospering in dynamically competitive environments: Organizational capability as knowledge integration. Organization Science, 7(4), 375–387.

Harvie, C, 2004, East Asian SME Capacity Building, Competitiveness and Market Opportunities in a Global Economy, Working Paper 04-16, Department of Economics, University of Wollongong,.

Innosutra. 2007. InnoSupportTransfer –Supporting Innovations in SME.

investor daily (2024)

Kleysen, R. F., & Street, C. T. (2001). Toward a multi-dimensional measure of individual innovative behavior. Journal of Intellectual Capital, (April).

Kolk, A., Van Tulder, R. and Kostwinder, E., 2008. Business and partnerships for development.European Management Journal 26: 262-273.

Lee, S., Park, G., Yoon, B., & Park, J. 2010. Open innovation in SMEs-An intermediated network model. Research Policy, 39(2), 290-300.

Lunati, M., 2010, SMEs, Entrepreneurship and Innovation. OECD Tunis, 29-30 March 2010 4th Meeting of the MENA-OECD WG 2

MSME Empowerment Report (2022). MSME Empowerment Report 2022. DS/Innovate: Research, 1–82. https://dailysocial.id/research/msme-report-2022

Moleong, L. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Narrod, C., Devesh, R., Okello, J., Avendaño, B., Rich, K. and Thorat, A., 2009. Public-privatepartnerships and collective action in high value fruit and vegetable supply chains. Food Policy34: 8-15.

OECD. (2005). Oslo Manual (3rd ed.). Paris: OECD, Eurostat.

Peraturan Bupati Kabupaten Semarang Nomor 52 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Tata Kerja, Dan Perincian Tugas Perangkat Daerah Kabupaten Semarang

Rivera-Santos, M., Rufín, C. and Kolk, A., 2002. Bridging the institutional divide: partnerships in subsistence markets. Journal of Business Research 65: 1721-1727.

Salim, M.A., & Siswanto,A. (2019). Analisis SWOT dengan metode Kuesioner. Semarang: Pilar Nusantara

Schumpeter, 1934. Theory of Economic development. Cambridge: Harvard University Press.

Stewart, Thomas A. 1996. Intellectual Capital: The New Wealth of Organizations. McGraw-Hill, 342 Sumpeno et al., 2017. Modul Pelatihan Percepatan Program Inovasi Desa Tenaga Ahli P3MD. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia

Tambubolon, M.P (2020), Change Management: Manajemen Perubahan : Individu, Tim Kerja, Organisasi. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media

Teece, D. J. (2018). Business models and dynamic capabilities. Long Range Planning, 51, 40–49. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2017.06.007

Teece, D. J., Pisano, G., & Shuen, A. (1997). Dynamic capabilities and strategic management. Strategic Management Journal, 18(7), 509–533. https://doi.org/10.1142/9789812796929_0003

Thompson, P. G. & Strickland. (2012). Crafting and Executing Stratetgy. The Quest for Competitive Advantage. New York: Mc Graw Hill

UNDP (2011), Strategy For Development Of Small And Medium Sized Enterprises 2011-2015. www.undp.or.id/pubs/.../ANUE_Study_Book_Printed%20Version.pdf

Yukl, (2009), Kepemimpinan dalam Organisasi, alih bahasa Jusuf Udaya. Jakarta: Prenhallindo.

Yuswohadi, Fatahillah, F., Tryaditia, B., 2019, Riding The New Normal, Marketing Outlook 2019

Downloads

Published

2024-10-01

Issue

Section

Articles