PENILAIAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK DENGAN BALANCED SCORECARD PADA KECAMATAN CIOMAS
DOI:
https://doi.org/10.59407/jmie.v1i4.1053Keywords:
Kinerja, Pelayanan Publik, Balance ScorecardAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan publik di Kecamatan Ciomas menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC). BSC adalah alat manajemen strategis yang mengukur kinerja organisasi melalui empat perspektif: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran serta pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui survei, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif keuangan menunjukkan efisiensi dalam penggunaan anggaran, namun perlu peningkatan dalam alokasi sumber daya. Perspektif pelanggan menunjukkan kepuasan masyarakat yang tinggi terhadap pelayanan, namun ada beberapa keluhan terkait kecepatan pelayanan. Perspektif proses bisnis internal mengindikasikan adanya sistem yang efektif, tetapi masih terdapat beberapa hambatan birokrasi. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan adanya program pelatihan yang cukup baik, namun perlu ditingkatkan untuk mengimbangi perubahan teknologi. Secara keseluruhan, implementasi BSC membantu dalam mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan penguatan dalam pelayanan publik di Kecamatan Ciomas. Rekomendasi yang dihasilkan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat secara berkelanjutan. Kata Kunci : Kinerja, Pelayanan Publik, Balance Scorecard
References
Akhyar, H., Mariyani, D., Rahayu, S., & Ali, M. (2022). Diseminasi Penerapan Teknologi Audio On Demand Melalui Podcast Sebagai Media Informasi Di Era Industri 4.0. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 800– 809.
Dong, H. (n.d.). Service Quality Analysis to Increase Cinema XXI Customer Satisfaction. JCRBE (Journal of Current Research in Business and Economics), 2(112), 167–216.
Febriananingsih, N. (2012). Public information disclosure in open government towards good governance. Rechtsvinding, 1(April), 135–156.
Irawan, B. (2015). E-Government Sebagai Bentuk Baru Dalam Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Teoritik. Jurnal Paradigma, 4(3), 202.
Jamal, Y., Mustanir, A., & Latif, A. (2020). Penerapan Prinsip Good Governance Terhadap Aparatur Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Ciro-Ciroe Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidenreng Rappang. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 8(3), 207–212. https://doi.org/10.55678/prj.v8i3.298
Kurnia, T. S., Rauta, U., & Siswanto, A. (2018). E-Government in the Implementation of Regional Government in Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 46(2), 170.
Muhammadiah, M. (2011). Reformasi Pelayanan Publik Sebagai Strategi Mewujudkan Good Governance. Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 127–137. https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.27
Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan e-government dalam pelayanan publik (studi kasus: Mal pelayanan publik Kabupaten Sumedang). Kebijakan: Jurnal Ilmu …, 11, 101–112.
Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67
Robial, F. E. D., Tarandung, C., & ... (2023). Efektivitas Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Pada Pelayanan Publik Di Era Digital (Studi Di Kantor Camat Ternate Utara Kota Ternate). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 4293–4302.
Sari, A. R. (n.d.). DINAMIKA KONFLIK ETNIS DALAM PEMBANGUNAN NEGARA : PERSPEKTIF SOSIAL. 1–11.
Saweduling, P. (2013). Motivasi Kerja, Kompensasi, Pelatihan Dan Pengembangan, Karakteristik Pekerjaan Terhadap Prestasi Kerja Guru Smp Di Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal EMBA, 1(4), 582–595.
Sedarmayanti, H., & Nurliawati, N. (2017). Strategi Penguatan Etika Dan Integritas Birokrasi Dalam Rangka Pencegahan Korupsi Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Jurnal Ilmu Administrasi, 9(3), 337–361.
Supawanhar. (2024). KUALITAS PELAYANAN SEKTOR PUBLIK DENGAN PENDEKATAN PERSPEKTIF NEW PUBLIC MANAGEMENT (NPM). Journal of Governance and Public Administration (JoGaPA), 1(3), 502–510. https://doi.org/https://doi.org/10.59407/jogapa.v1i3
Susila Wibawa, K. C. (2019). Urgensi Keterbukaan Informasi dalam Pelayanan Publik sebagai Upaya Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik. Administrative Law and Governance Journal, 2(2), 218–234. https://doi.org/10.14710/alj.v2i2.218-234


















