ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA MYOB ACCOUNTING DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN : KEMUDAHAN, EFISIENSI, DAN AKURASI

Authors

  • Dian Krisnawati Universitas Nurul Huda
  • Sherlinda Sherlinda Universitas Nurul Huda
  • Gustina Masitoh Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.70248/jakpt.v2i4.2328

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi pandangan pengguna mengenai pemanfaatan aplikasi MYOB Accounting dalam penyusunan laporan keuangan, terutama berdasarkan tiga aspek penting yaitu kemudahan, efisiensi, dan akurasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Semendawai Suku III yang telah mempelajari pemakaian MYOB dalam praktik akuntansi. Studi ini menerapkan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner tertutup dan terbuka yang diberikan kepada 46 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara deskriptif untuk mengungkapkan kecenderungan pandangan siswa terhadap setiap aspek yang diteliti.

Hasil penelitian mengindikasikan bahwa mayoritas siswa memiliki pandangan positif terhadap penggunaan MYOB Accounting. Pada aspek kemudahan, sebanyak 87% siswa menyatakan bahwa MYOB mudah digunakan karena tampilannya sederhana dan fitur-fiturnya intuitif. Pada aspek efisiensi, sebanyak 59% siswa menilai aplikasi ini cukup efisien dalam mempercepat proses penyusunan laporan, meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan waktu praktik dan sarana pendukung, oleh karena itu aspek efisiensi masih perlu ditingkatkan melalui perbaikan fasilitas atau penambahan sarana pendukung dan pelatihan teknis yang lebih mendalam. Sementara itu, pada aspek akurasi, 85% siswa menilai MYOB mampu menghasilkan laporan yang akurat selama data yang dimasukkan benar. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi MYOB memiliki potensi yang signifikan dalam mendukung pembelajaran akuntansi berbasis teknologi di SMK, khususnya dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap proses penyusunan laporan keuangan secara praktis dan profesional, serta aplikasi MYOB dinilai relevan dan mendukung kesiapan siswa menghadapi tantangan di dunia kerja yang menuntut penguasaan teknologi akuntansi secara praktis dan efisien.

References

Abdillah, W., & Jogiyanto, H. M. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Ardiyanti, D., & Fajar, A. (2020). Persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi akuntansi MYOB dalam pembelajaran praktik akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 8(2), 123–130.

Fauziah, I., & Ahmad, R. (2022). Efektivitas Penggunaan Software MYOB dalam Pembelajaran Akuntansi di Era Digital. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB), 10(2), 112–122.

Fitriana, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi MYOB terhadap Pemahaman Penyusunan Laporan Keuangan Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 45–56.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hariyanto, D. (2021). Persepsi Siswa terhadap Penggunaan MYOB dalam Praktik Akuntansi. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 9(2), 88–94.

Hermawan, A., & Ningsih, W. F. (2023). Persepsi Pengguna Aplikasi Akuntansi MYOB, ZAHIR Accounting dan Jurnal dalam Menyusun Laporan Keuangan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 17(2), 253–265.

Hery. (2017). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Grasindo.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Y. (2022). Efektivitas Penggunaan Software Akuntansi dalam Dunia Pendidikan Kejuruan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 6(3), 150–158.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Kompetensi Lulusan SMK.

Prasetyo, E. (2017). Kemudahan dan Efisiensi Penggunaan Aplikasi MYOB oleh Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Teknologi Informasi, 12(1), 22–30.

Pratiwi, E. D. (2020). Analisis penggunaan software MYOB dalam penyusunan laporan keuangan pada siswa SMK. Jurnal Ilmu dan Pendidikan, 9(1), 45–52.

Putri, R. A., & Sari, M. (2021). Efektivitas penggunaan aplikasi MYOB dalam meningkatkan pemahaman laporan keuangan siswa SMK. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 89–97.

Rahayu, S., & Wahyuni, T. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan Software MYOB Terhadap Hasil Belajar Praktik Akuntansi Siswa SMK. Jurnal Akuntansi dan Edukasi, 11(1), 56–66.

Syafrudin. (2020). Aplikasi MYOB Accounting dalam penyusunan laporan keuangan. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Kencana.

Utami, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Software Akuntansi Terhadap Kinerja Siswa Dalam Praktik Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 112–120.

Widyastuti, F. (2019). Pengaruh Penggunaan MYOB terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 98–107.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Dian Krisnawati, Sherlinda, S., & Gustina Masitoh. (2025). ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA MYOB ACCOUNTING DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN : KEMUDAHAN, EFISIENSI, DAN AKURASI. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan Dan Tata Kelola Perusahaan, 2(4), 1182–1193. https://doi.org/10.70248/jakpt.v2i4.2328

Issue

Section

Articles