PENGEMBANGAN APLIKASI E-TANAO BERBASIS WEBSITE
DOI:
https://doi.org/10.59407/jrsit.v1i3.443Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi E-Tanao berbasis website sebagai solusi inovatif dalam mendukung efisiensi manajemen pertanian. E-Tanao merupakan sebuah platform yang dirancang untuk memfasilitasi para petani dalam mengelola berbagai aspek kegiatan pertanian secara digital. Dengan memanfaatkan teknologi website, aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang mendukung perencanaan tanam, pemantauan pertumbuhan tanaman, manajemen sumber daya, serta pemasaran hasil pertanian. Metode pengembangan melibatkan tahap analisis kebutuhan pengguna, perancangan antarmuka, implementasi sistem, hingga evaluasi kinerja aplikasi. E-Tanao dirancang untuk dapat diakses secara mudah melalui perangkat berbasis web, memungkinkan petani untuk memanfaatkannya dengan lebih efektif tanpa memerlukan instalasi aplikasi tambahan. Fitur-fitur canggih seperti pemantauan cuaca terkini, saran tanam berdasarkan kondisi lingkungan, dan sistem manajemen inventaris memberikan nilai tambah pada aplikasi ini. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pengguna E-Tanao mengalami peningkatan dalam efisiensi waktu dan sumber daya yang mereka alokasikan untuk kegiatan pertanian. Dengan adopsi teknologi ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani, serta mengoptimalkan proses manajemen pertanian secara keseluruhan.
Kata Kunci: Aplikasi; E-Tanao; Website; Merdeka Belajar
References
Khadaffi, Y., Jupriyadi, & Kurnia, W. (2021). APLIKASI SMART SCHOOL UNTUK KEBUTUHAN GURU DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS : SMA NEGERI 1 KRUI). JURNAL Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.866
Kusumadewi, R., Susilowati, N., Hariyani, L., & Nita, A. F. (2023). PERANAN GURU PENGGERAK DALAM KURIKULUM MERDEKA ERA MERDEKA BELAJAR. Jurnal Impresi Indonesia, 2(8), 821–827. https://doi.org/10.58344/jii.v2i8.2692
Prayudi, A., & Burhanuddin, B. (2023). Pengembangan Web Forum Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Dompu. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(03), 1–4. https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i03.27
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Sari, R. M., & Hapizah, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Android untuk Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 161–172. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25278
Umar, R., Yudhana, A., & Prayudi, A. (2021). Analisis Perbandingan Algoritma Djikstra, A-Star, dan Floyd Warshall dalam Pencarian Rute Terdekat pada Objek Wisata Kabupaten Dompu. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2), 227. https://doi.org/10.25126/jtiik.0812866


















