PERANCANGAN ANTARMUKA PENGGUNA DAN PENGALAMAN PENGGUNA (UI/UX) APLIKASI ISO STOCK
DOI:
https://doi.org/10.70248/jrsit.v3i1.3037Keywords:
UI/UX, Design Thinking, Aplikasi Mobile, Fotografi, Videografi.Abstract
Penelitian ini bertujuan merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) aplikasi Iso Stock sebagai platform jual beli karya fotografi dan videografi berbasis mobile. Metode yang digunakan adalah Design Thinking dengan lima tahapan, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil perancangan menghasilkan prototipe aplikasi dengan fitur utama registrasi, login, pencarian konten, pembelian, unduhan, dan portofolio kreator yang dirancang agar mudah digunakan baik oleh kreator maupun konsumen. Pengujian menggunakan Blackbox Testing terhadap 10 responden menunjukkan rata-rata keberhasilan 86%, di mana sebagian besar fitur berjalan sesuai harapan, namun pencarian konten dan notifikasi transaksi masih memerlukan perbaikan. Secara keseluruhan, aplikasi Iso Stock mampu menjawab kebutuhan kreator dalam memasarkan karya dan kebutuhan konsumen terhadap konten visual berkualitas, meskipun pengembangan lebih lanjut tetap diperlukan untuk menyempurnakan pengalaman pengguna.
References
Anggraeni, A., & Widyan Ardani, M. (2024). Perancangan Media Promosi Digital Serona Foto Studio Melalui Instagram. Jurnal Barik, 6(1), 50–64. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Arfiansyah, M. H., & Saputro, I. A. (2024). Perancangan Ui / Ux Aplikasi " Local Craft Shop " Untuk Penjualan Produk Kerajinan Kayu. November, 804–813.
Ariska, D., & Nurlela, S. (2022). Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Infortech, 4(2), 86–91.
Arista, R. D., & Putra, R. R. (2025). BULLETIN OF COMPUTER SCIENCE RESEARCH Perancangan UI / UX Aplikasi Untuk Meningkatkan Efisiensi Pemesanan Jasa Fotografi Terhadap Maka Studio Menggunakan Metode Design Thinking. 5(2), 150–160. https://doi.org/10.47065/bulletincsr.v5i2.426
Ashiddiq, M. N. (2024). Perancangan Ui/Ux Learning Management System (Lms) Aplikasi Mobile Edu-Learn Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3693
Assaufa, N. I., & Arifin, M. (2023). Perancangan UI / UX Aplikasi “ BISA ” Dengan Pendekatan Design Thinking. 2, 50–61.
Aulia, A. H., Utami, S. T., Ma’rifah, T. U., & Kresna A, I. (2025). Desain UI/UX Aplikasi Mobile E-Commerce Ecoprint Cimemo.id dengan Metode Design Thinking. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 4(7), 319–331. https://doi.org/10.52436/1.jpti.539
Gema, R. L., Sovia, R., Awal, H., Online, K. T., Online, P., & Mobile, P. A. (2025). Aplikasi Mobile E-Commerce Untuk Pembelajaran. Aplikasi Mobile E-Commerce Untuk Pembelajaran, 8, 464–469.
Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730
Hendrawan, D. S., Gito Resmi, M., & Muhammad Husni Tamyiz, U. (2022). Perancangan UI/UX Design Aplikasi Jasa Fotografi Dengan Design Science Research Methodology. Jurnal Bangkit Indonesia, 11(2), 7–12. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v11i2.200
Hilaly, S. G., Wibowo, N. C., & Fitri, A. S. (2025). Penerapan Design Thinking dalam Pengembangan UI/UX Mobile untuk Marketplace Fotografi. Techno.Com, 24(2), 439–452. https://doi.org/10.62411/tc.v24i2.12691
Ivan, M., Yusuf, S., Dewi, A. K., Sos, S., & Ds, M. (n.d.). Perancangan Design Website E-commerce Sebagai Etalase Karya-Karya Khusus Fotografi.
Linda, D., Nurlistiani, R., Nursiyanto, N., Zulkarnaini, Z., & Purnomo, H. (2024). Implementasi Pemasaran Digitalisasi Jasa Fotografi Berbasis Web. Jurnal Informatika, 24(2), 108–117. https://doi.org/10.30873/ji.v24i2.746
Nurani, S., & Arista, R. D. (2025). Desain UI/UX Aplikasi Website Pemesanan Foto Studio Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Informatics Management and Information Technology, 5(3), 211–222. https://doi.org/10.47065/jimat.v5i3.676
Nurbaiti Oktaviani, S., Fikri Aziz, C., & Maula Sulthon, B. (2022). Analisa UI/UX Sistem Informasi Penjualan Berbasis Mobile Menggunakan Metode Prototype. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 2(6), 225–233. https://doi.org/10.30865/klik.v2i6.401
Perbandingan Pengalaman Konsumen Terhadap Strategi, A., Marwa Ujung, A., & Adisa, Y. (2023). Transformasi Digital: Peran E-Commerce dalam Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia. Jurnal.Mediaakademik.Com, 01(4), 118–123. https://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/view/1764
Putra, I. N. T. A., & Dwipayana, I. P. S. (2023). Analisis User Experience Pada Game Mobile Legends dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation Serta Pengaruh Skin dalam Kepercayaan Diri untuk Meningkatkan Probabilitas Kemenangan. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 9(2), 119. http://ejournal.fikom-unasman.ac.id
Putraditya, I. B. A. N., & Putra, I. N. T. A. (2025). Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Bali Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6400
Ratna Nur Fadilah, & Dhian Sweetania. (2023). Perancangan Design Prototype Ui/Ux Aplikasi Reservasi Restoran Dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Teknik, 2(2), 132–146. https://doi.org/10.56127/juit.v2i2.826
Wardana, F. C., & Prismana, I. G. L. P. E. (2022). Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 3(4), 1–11. https://doi.org/10.26740/jeisbi.v3i4.47740
Widiyantoro, M. F., Heryana, N., Voutama, A., & Sulistiyowati, N. (2022). INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking. Information Management for Educators and Professionals, 7(1), 1–10.
Zakaria, J., Ekonomi, D., Universitas, P., Indonesia, M., Makassar, K., & Selatan, S. (2024). PERAN E-COMMERCE DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI. 10(1), 142–158