PERANCANGAN WEBSITE DESA WISATA NOGOSAREN SEBAGAI MEDIA DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN
DOI:
https://doi.org/10.70248/jrsit.v3i1.3034Keywords:
website, Desa Wisata, perancangan, Waterfall, NogosarenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat website untuk Desa Wisata Nogosaren sebagai alat pemasaran digital guna meningkatkan jumlah pengunjung. Desa Nogosaren memiliki potensi wisata alam, seperti Gunung Gajah dan Kali Pancur, tetapi mengalami kesulitan dalam promosi karena terbatasnya media digital. Metode penelitian yang digunakan meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Website ini dibangun dengan menggunakan framework CodeIgniter, bahasa pemrograman PHP dan HTML, serta database MySQL, dengan fokus pada aspek antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) agar mudah digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website yang dibuat berhasil meningkatkan akses informasi tentang wisata hingga 80%, memperluas jangkauan promosi, dan meningkatkan jumlah pengunjung. Selain itu, keterlibatan masyarakat dalam sosialisasi, pelatihan, dan evaluasi membantu memperkuat rasa memiliki dan keberlanjutan sistem. Dengan demikian, website Desa Wisata Nogosaren tidak hanya berfungsi sebagai sumber informasi dan promosi, tetapi juga sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata berbasis digital
References
Annisa, L. H., Alamsah, A., Riyadi, D., Pangestu, D. I., Laksana, R. D., & Budiman, Y. (2024). Analisis Perancangan Website Menggunakan Metode SDLC pada E-Ticket Kawasan Wisata di Kabupaten Kebumen. Technology and Informatics Insight Journal, 3(2), 59–75.
Aqeela, I. H., Hisra, E. F., Shofiatun, M., Joselfyn, V., Hidayah, P. N., Levina, S. Z., Nariyan, R., Pratama, A. J., Nurulhaq, M. I., Budiarto, T., & others. (2025). Analisis Kemajuan Digitalisasi Agro Eduwisata Padi Organik di Desa Mulyaharja. Manfaat: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(2), 27–37.
Astuti, A. M. T., Rismawan, W. T., Prameswari, S. A., Hafiizh, M., Prakosa, I. M. D., Gemilang, G. P. S., Khairunnisa, F. A. Z., Andira, D., Prabandari, A. K. D., & Maharani, Z. (2025). Pemberdayaan Potensi Desa Tunggul Melalui Aktivasi Website dan Branding Desa sebagai Upaya Menghadapi Era Digitalisasi. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(3), 4656–4664.
Febby, Y. F. (2023). KORELASI MEDIA KOMUNIKASI DNEGAN PENINGKATAN PRODUKSI SAYUR KUBIS DI DESA NOGOSAREN KECAMATAN GETASAN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 10(2), 1489–1501.
Hadi, S., Ellyawati, H. C., Shinta, Q., & Prathivi, R. (2025). Sosialisasi dan Pelatihan Sistem Informasi Pemberdayaan Potensi Desa Wisata Kandri Gunung Pati Semarang. Jurnal DIMASTIK, 3(2), 141–150.
Handayani, N., Fandhilah, F., & Mayatopani, H. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Destinasi Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Human Centered Design. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 7(1), 35–43.
Hanifah, H. S., Harahap, E. F., Marlina, S., & Septiana, Y. (2025). Pengembangan Desa Wisata Melalui Digital Marketing, Inovasi Produk dan Tata Kelola Kelembagaan BUMDes di Kabupaten Garut. Jurnal Algoritma, 22(1), 982–992.
HARANI, O. S. P. (2023). Evaluasi Sistem Pengelolaan Sampah di Desa Wisata Studi Kasus Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Prosiding FTSP Series, 522–527.
Kanha, I. G. N., Wijaya, I. N. Y. A., & Putra, I. G. J. E. (2024). Pembuatan Website Desa Wisata Sebagai Media Promosi Potensi Wisata di Desa Sebatu. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(3), 658–667.
Merta, C. B. (2021). Konsep Rehabilitasi Sebagai Implementasi Keadilan Restoratif Tindak Pidana Narkotika. Jurnal Hukum Media Justitia Nusantara, 11(1), 150–176.
Mustafa, P. S., & Angga, P. D. (2022). Strategi pengembangan produk dalam penelitian dan pengembangan pada pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 6(3), 413–424.
Putri, M. A., Hadjri, M. I., Raneo, A. P., Shalahuddin, M., Karita, R., Pradibta, M., & Chodijah, A. (2025). Peningkatan Kapasitas Manajerial Keuangan melalui Pelatihan Pencatatan Pembukuan UMKM secara Digital di Desa Agrowisata Edukasi Sungai Jawi Palembang. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora (e-ISSN: 2809-3917), 5(1), 59–67.
Rahmawati, E., Syukron, A., Agustina, C., & Sulistyo, G. B. (2024). Strategi Digitalisasi Layanan Wisata Melalui Pengelolaan Website di Kampung VW Borobudur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(9), 3686–3692.
Rizal, C., Fachri, B., Harahap, R. R., & others. (2024). Pengabdian Masyarakat Untuk Sistem Informasi Potensi Wisata Desa Kota Pari Kecamatan Serdang Bedagai Berbasis Web. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 28–32.
Sudiro, S., Nugroho, A., Damar, C., & Susena, E. (2025). Pengembangan Aplikasi Pemesanan dan Pembayaran Digital Umum UMKM Kuliner Tradisional. Switch: Jurnal Sains Dan Teknologi Informasi, 3(4), 35–42.
Widyaningrum, B., Abdullah, Y., Nuraini, C., & Mutolib, A. (2022). Digital Marketing: Optimalisasi Pemasaran Hasil Komoditas Kelompok Tani Madu Taruna Karya Desa Margacinta, Kabupaten Pangandaran. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Inovatif, 1(1), 38–43.
Wulandari, S. A., Albaab, M. R. U., Sucipto, A., Putra, D. M., Widarso, R. A., Permadani, N., & Aswito, D. (2025). Implementasi Sistem Informasi Website sebagai Sarana Digital dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata di Desa Kembangbelor Mojokerto. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 3(3), 247–260.