TRANSFORMASI DIGITAL KEDAI KOPI SUDUT KOTA BERBASIS WEBSITE DENGAN JAVASCRIPT
DOI:
https://doi.org/10.70248/jrsit.v2i2.1438Keywords:
Kedai Kopi Sudut Kota, Methode Waterfall, Javascript, PHP (Hypertext Preprocessor), Midtrans payment Gateway.Abstract
KOPI SUDUT KOTA merupakan salah satu produk kopi yang bergerak dibidang dagang milik perorangan. Toko kopi yang bertempat di daerah Jakarta Utara ini masih terbilang baru dalam bisnis dagang dibidang kopi. Dalam melakukan pemasaran kopi ini, pemilik masih menggunakan sistem yang dirasa masih kurang efektif untuk mengenalkan kopi kemasan miliknya, yaitu dengan cara menyebarkan brosur, promosi rumah satu ke rumah yang lain, promosi via group whatsapp, facebook, dan media sosial lainya. Aplikasi ini dibuat menggunakan modeling diagram Unified Modeling Language (UML) sedangkan bahasa pemrograman Javascript dan Hypertext Preprocessor (PHP) dan Midtrans sebagai Admin Dashboard Payment Gatway. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. dengan metode Waterfall. Dengan dibangunnya sistem ini diharapkan dapat memudahkan pegawai Kedai kopi Sudut Kota dalam mencari informasi, melakukan proses melihat menu apasaja yang ada di kedai Kopi Sudut Kota, Memesan Produk hingga Melakukan Pembayaran dengan macam” metode pembayaran.
References
M. I. H. (2023). Software Development Life Cycle (SDLC) Methodologies for Information Systems Project Management. International Journal For Multidisciplinary Research, 5(5), 1–36. https://doi.org/10.36948/ijfmr.2023.v05i05.6223
Andy Antonius Setiawan, Arie S.M. Lumenta, S. R. U. A. S. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Unsrat E-Catalog. Jurnal Teknik Informatika, 14(4), 1–9.
Ardini, A. F., Sianturi, E. M. P., & Aisyah, R. (2021). Analisis Peranan Model Waterfall Dalam Bisnis Aplikasi E – Commerce. Prosiding Seminar SITASI, November, 208–213.
Arinata, B., & I Nyoman Yudi Anggara. (2023). Membangun Front End Website E-Commerce Dengan Menggunakan Framework Bootstrap 4 Dan Codeigniter 3. Smart Techno (Smart Technology, Informatics and Technopreneurship), 2(1), 47–54. https://doi.org/10.59356/smart-techno.v2i1.67
Hartawan, M. S. (2022). Penerapan User Centered Design (Ucd) Pada Wireframe Desain User Interface Dan User Experience Aplikasi Sinopsis Film. Jeis: Jurnal Elektro Dan Informatika Swadharma, 2(1), 43–47. https://doi.org/10.56486/jeis.vol2no1.161
Ilham Tri Maulana. (2022). Penerapan Metode Sdlc ( System Development Life Cycle ) Waterfall Pada E-Commerce Smartphone. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.55606/juisik.v2i2.162
Nisrina, Y. E., Putra, W. H. N., & Hanggara, B. T. (2019). Pengembangan E - Commerce Dengan Pemanfaatan Sistem Payment Gateway (Studi Kasus: Wisata Kampung Sapi Adventure). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Vol. 3(10), 9419–9425.
Pressman, R. S. (2001). Roger S. Pressman. 1–83.
Rajasa Manurung, H., & Heryana, N. (2023). Perancangan Website E-Commerce Menggunakan Metode Waterfall Pada Penjualan Pakaian Impor. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1280–1286. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.6127
Risald, R. (2021). Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Ukm Ike Suti Menggunakan Metode Waterfall. Journal of Information and Technology, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.32938/jitu.v1i1.1393
Sri Restu Ningsih, Ade Irma Suryani, & Arika Juwita Z. (2023). Implementasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Rumahan Randang Padang Berbasis Web. JUMINTAL: Jurnal Manajemen Informatika Dan Bisnis Digital, 2(1), 24–32. https://doi.org/10.55123/jumintal.v2i1.2242


















