EVALUASI SISTEM PELAYANAN APLIKASI MY INDIHOME MENGGUNAKAN METODE MCCALL SOFTWARE QUALITY

Authors

  • M.Ajie Kalifatullah Universitas Bina Darma Palembang, Indonesia
  • Evi Yulianingsih Universitas Bina Darma Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70248/jrsit.v2i2.1027

Keywords:

Aplikasi MyIndihome, Sistem Pelayanan, McCall software Quality

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pelayanan aplikasi MyIndiHome, yang merupakan salah satu layanan internet cepat di Indonesia. Meskipun aplikasi ini menawarkan kemudahan, terdapat beberapa kekurangan, seperti informasi tagihan yang terbatas pada jumlah total bulanan tanpa penjelasan pemakaian internet, serta penanganan keluhan pengguna yang tidak real-time. Metode evaluasi yang digunakan adalah McCall Software Quality, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang melibatkan 97 responden pengguna aplikasi. Penghitungan kuesioner dilakukan menggunakan Skala Likert. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa indikator kualitas aplikasi MyIndiHome sebagai berikut: Correctness sebesar 58%, Usability 37%, Integrity 76%, Reliability 43%, dan Efficiency 76%. Berdasarkan hasil evaluasi ini, disarankan untuk melakukan perbaikan pada aplikasi MyIndiHome sesuai dengan indikator kualitas yang telah diidentifikasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Kata Kunci: Aplikasi Myindihome, Sistem Pelayanan, Mccall Software Quality

References

Ashsifa. (2020). Pengaruh Technology Acceptance Model ( TAM ) Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Penggunaan Mobile Banking Secara Berkelanjutan (Privasi Dan Personalisasi Sebagai Variabel Moderasi). TECHNOBIZ Journal, 3(1), 25–29.

Fathurrahman. (2023). 15+ Cara Menggunakan aplikasi MyIndihome di HP Android.

Fauzi. (2020). Pengertian Aplikasi (Para Ahli, Secara Umum, Jenis, Contoh). Selasar.

Fendya, & Wibawa. (2018). Pengembangan Sistem Kuesioner Daring Dengan Metode Weight Product Untuk Mengetahui Kepuasan Pendidikan Komputer Pada Lpk Cyber Computer. INFOTECH Journal, 6(2).

Gozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. UNDIP.

Handayani, & Sumaryanto. (2023). Analysis of Factors Affecting Interest in Entrepreneurship. Information and Management, 6(1), 353–362.

Juliane, C., Dzulkarnaen, R., & Susanti, W. (2019). Metode McCall’s untuk Pengujian Kualitas Sistem Informasi Administrasi Tugas Akhir (SIATA). Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(3), 488–495. https://doi.org/https://doi.org/10.29207/resti.v3i3.1170

Kesumawati, N. (2018). Pengantar Statistika Penelitian. Raja Grafindo Persada.

Mardiastuti. (2023). Sistem: Pengertian, Contoh, dan Karakteristiknya. Detik News.Com.

Mulyanto. (2016). Pengujian Sistem Informasi Akademik Menggunakan Mccall’s Software Quality Framework. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 1(1), 47–57. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jiska.2016.11-07

Munadi. (2018). Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Akademik Menggunakan IT Balanced Scorecard Pada Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Jurnal Informatika, Teknologi Dan Sains, 4(1).

Nurlaela. (2020). Rancangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web Studi Kasus Pada CV . Limoplast. Graha Ilmu.

Rahmaditha, Lutfie, & Widaningsih. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Direct Marketing Untuk Meningkatkan Minat Pakai Sobat Indihome Pt Telkom Indonesia (Studi Kasus Pada Pt Telkom Witel Cirebon Tahun 2021). Teknika, 8(1).

Shafira, & Indah. (2022). Penerapan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Untuk Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Mobile Myindihome (Studi Kasus: Pt Telkom Indonesia). Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 8(1).

Siadari. (2023). Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli. Kumpulan Pengertian. Kumpulan Pengertian.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alpabeta.

Suhari Camara M, A., Aelani, K., & Dwi Juniar S, F. (2021). Pengujian Kualitas Website menggunakan Metode McCall Software Quality. Journal of Information Technology, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.47292/joint.v3i1.43

Suharsimi, A. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Suryabrata, S. (2020). Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Susana, H. (2022). Penerapan Model Klasifikasi Metode Naive Bayes Terhadap Penggunaan Akses Internet. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 4(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.52005/jursistekni.v4i1.96

Zulganef. (2016). Pemodelan Persamaan Struktural & Aplikasinya Menggunakan Amos 5. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-11-01

How to Cite

Kalifatullah, M., & Yulianingsih, E. (2024). EVALUASI SISTEM PELAYANAN APLIKASI MY INDIHOME MENGGUNAKAN METODE MCCALL SOFTWARE QUALITY. Jurnal Rekayasa Sistem Informasi Dan Teknologi, 2(2), 629–631. https://doi.org/10.70248/jrsit.v2i2.1027

Issue

Section

Artikel