PENGARUH PENAYANGAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MODERASI BERAGAMA PADA SISWA UPT SDN 01 TANAH ITAM ULU

Authors

  • Annisa Nazla Sahfiya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ayyina Nurhidayah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Eka Susanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.70248/jpmik.v1i3.1278

Keywords:

Moderasi Beragama, Video Animasi, Pendidikan

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah di lakukan bertujuan untuk mengeksplorasi peran toleransi beragama dalam menciptakan keharmonisan di masyarakat multikultural Indonesia, dengan fokus pada implementasi moderasi beragama melalui penggunaan media video animasi di tingkat Sekolah Dasar. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di UPT SDN 01 Tanah Itam Ulu pada 3 Agustus 2024 dengan melibatkan seluruh siswa sebagai peserta. Metode yang digunakan yakni Metode kualitatif yang meliputi observasi, wawancara, dan studi pustaka, untuk mengumpulkan data dan menganalisis hasil. Tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, tujuan ditetapkan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang keberagaman agama dan menumbuhkan sikap toleransi melalui video animasi yang menarik. Selama pelaksanaan, video animasi menampilkan sikap toleransi dalam konteks keberagaman agama, diselingi dengan diskusi, ice breaking, dan pembagian snack untuk menjaga antusiasme siswa. Evaluasi menunjukkan bahwa meskipun terdapat kendala koordinasi dan penjadwalan, kegiatan berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan. Hasil penelitian menggarisbawahi pentingnya toleransi beragama dalam membangun masyarakat yang harmonis, dengan menekankan perlunya saling menghormati dan memahami perbedaan. Penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan nilai-nilai toleransi beragama dalam kebijakan pendidikan dan sosial, serta penggunaan teknologi pendidikan inovatif untuk mendukung moderasi beragama dan meningkatkan kualitas pendidikan.

References

Abdusshomad, A. (2024). Implementasi Nilai Islam Dalam Pendidikan Toleransi ( Studi Literatur Terhadap Upaya Pemersatu Dalam Masyarakat Pluralis Indonesia ). 5(1), 137–146.

Abror, M., & Abror, M. (2020). MODERASI BERAGAMA DALAM BINGKAI TOLERANSI : Kajian Islam Dan Keberagaman Memiliki Sifat Universal Dan Komprehansif . Sifat Inilah Yang Kemudian. 1(2), 143–155.

Cahyani, B. G., Arahman, D. P., Adilia, T. D., & Azizah, W. A. (2024). 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Pengembangan Karakter Toleransi Dengan Permainan “ What Do I Do ” Dan Work Of Tolerance Pada SDN Jatisari Semarang 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. 2(6), 101–106.

Dianto, I. (2021). Nalar : Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam Moderasi Beragama Melalui Film Animasi : Peluang Dan Tantangan Pada Generasi Digital. 5(David 2005), 93–108. Https://Doi.Org/10.23971/Njppi.V5i2.2400

Habibie, M. L. H. (2021). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. 01(1), 121–150.

Haryono, E. (2023). Article Template : E-Jour Agama Islam ( IAI ) Al Muhammad Cepu.

Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa Mustaqim.

Made, I. G., Dharma, S., & Suraya, R. S. (2024). Pelatihan Observasi Sampah Dapur. 5(4), 6370–6374.

Magdalena, I., Ridwanita, A., Aulia, B., & Tangerang, U. M. (2020). Evaluasi Belajar Peserta Didik. 2, 117–127.

Moh. (2021). MA’ ALIM: Jurnal Pendidikan Islam Volume 2, Nomor 2, Desember 2021. 2, 146–160.

Parhana, S., Ramadani, A., Multikultural, M., Parhana, S., & Ramadani, A. (N.D.). Al-IKTIAR : Jurnal Studi Islam. 39–51.

Sunami, M. A. (2021). Jurnal Basicedu. 5(4), 1940–1945.

Tsalisa, H. H. (2024). Peran Pendidikan Dalam Meningkatkan Rasa Toleransi Beragama Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. 39–49.

Twozia, T. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Segitiga Siswa Kelas IV Di SDN Gentramasekdas. 5(2), 668–674.

Wahyudi, D. (2021). Literasi Moderasi Beragama Sebagai Reaktualisasi. 01(1), 1–20.

Downloads

Published

2024-09-19

Issue

Section

Articles