EDUKASI LITERASI KEUANGAN GUNA MENGURANGI PERILAKU KONSUMTIF SMK SANTANA 2 CIBATU, KAB. GARUT

Authors

  • Wahdan Arum Inawati Universitas Telkom
  • Kurnia Universitas Telkom
  • Muhammad Muslih Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.70248/jpmebd.v2i2.2346

Abstract

Perilaku konsumtif di kalangan remaja menjadi permasalahan yang semakin marak di era digital, terutama akibat pengaruh media sosial dan tren gaya hidup. Rendahnya literasi keuangan menjadi salah satu faktor penyebab utama yang mendorong pengeluaran yang tidak rasional. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan siswa/i SMK Santana 2 Cibatu Kabupaten Garut guna mengurangi kecenderungan perilaku konsumtif. Metode pelaksanaan dilakukan melalui pelatihan yang meliputi pre-test, penyampaian materi edukasi literasi keuangan, post-test, serta sesi tanya jawab. Hasil pengukuran menunjukkan adanya peningkatan skor pengetahuan siswa dari 236 menjadi 261 poin setelah pemaparan materi. Temuan ini menunjukkan bahwa kegiatan edukasi dan sosialisasi memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa dalam mengelola keuangan pribadi secara lebih bijak dan bertanggung jawab.

References

Alamanda, Y. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 273–279. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4570

Arviana, G. (2019). Ini Empat Akibat Jika Literasi Keuangan Rendah. Bisnis.Com. https://finansial.bisnis.com/read/20190829/55/1142469/ini-empat-akibat-jika-literasi-keuangan-rendah

Barata, J., & Yuana. (2021). Tingkat Literasi Ekonomi Pada Mahasiswa Progam Studi Manajemen STIE Indonesia Pontianak. Jurnal Ekonomi Integra, 11(2), 178–185. https://doi.org/10.51195/iga.v11i2.160

Cahyaningtyas, S. R., Ramadhani, R. S., & Isnaini, Z. (2020). Edukasi Literasi Keuangan Kepada Masyarakat Desa Mekarsari Narmada. Jurnal Abdimas Independen, 1(2), 86–90. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/independen.v1i2.19

Dezianti, D. A. N., & Hidayati, F. (2021). Pengaruh Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial. Journal of Psychological Science and Profession, 5(2), 151–158. https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i2.28913

Hermawan, M. D. A., & Septiani, D. (2024). Literasi Keuangan dan Dampaknya Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa: Tinjauan Literatur. Jurnal STIE Semarang, 16(3), 187–196. https://doi.org/10.33747

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management, 15th Edition (15th ed.). Pearson Pretice Hall.

Krystianti, L., Nurfadila, A., Sanah, & Dianita, R. (2022). Pentingnya Edukasi Untuk Tingkatkan Literasi Keuangan pada Remaja Guna Mengatur Keuangan Pribadi Serta Investasi di Masa Yang Akan Datang. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2), 208–211.

Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76–85

Mujahidah, A. N. (2021). Analisis Perilaku Konsumtif dan Penanganan (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik di SMK Negeri 8 Makasar). IJOSC: Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application and Development, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ijosc.v1i1.19316

Mulyana, S., & Octanvianti, M. (2017). Kemiskinan dan Budaya Konsumtif: Paradoks pada Masyarakat. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 1(1), 776–785.

Nisa, D. A., & Putri, N. W. (2025). Analisis Perilaku Konsumtif Remaja terhadap Penggunaan Shopeepay Ditinjau dari Etika Konsumsi dalam Islam Studi Kasus pada Desa Pagerbarang. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 3(1), 14–27. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/nuansa.v3i1.149

OJK. (2022). Siaran Pers: Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Otoritas Jasa Keuangan. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx

Prihatini, D., & Irianto, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Ecogen, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i1.11035

Putra, I., & Sinarwati, N. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 717–726. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.71877

Rahmatika, A. F., & Kusmaryani, R. E. (2020). Relationship Between Conformity and Consumptive Behavior in Female Adolescents. Humaniora, 11(3), 177–182. https://doi.org/10.21512/humaniora.v11i3.6567

Roin, D. A., Ilham, M. N., Firmansyah, R. L., Aviani, R., & Firmansyah, B. (2024). Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif: Analisis Literasi Keuangan dalam Pengambilan Keputusan di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 13(2), 168–176. https://journal.budiluhur.ac.id/ema/article/viewFile/2933/pdf_53

Sari, D. E. (2019). Sosialisasi dan Edukasi Literasi Keuangan untuk Warga ’Aisyiyah Kabupaten Sukoharjo Guna Mengurangi Perilaku Konsumtif Pada Remaja dan Anak-Anak. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 88–99. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2694

Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 128–147. https://journal.budiluhur.ac.id/ema/article/view/329/273

Downloads

Published

2025-06-25

Issue

Section

Articles