PERAN TEKNIK SELF-TALK PADA BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.70248/jp.v2i1.2823Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknik self-talk dalam bimbingan kelompok sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan analisis isi (concept analysis) terhadap berbagai sumber ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik self-talk dalam bimbingan kelompok efektif dalam membangun pola pikir positif, meningkatkan rasa percaya diri, serta memfasilitasi pengelolaan emosi dan motivasi peserta didik melalui dukungan dan interaksi kelompok yang suportif. Simpulan penelitian ini adalah teknik self-talk dalam bimbingan kelompok merupakan strategi yang efektif dan direkomendasikan dalam membantu peserta didik mengembangkan kepercayaan diri secara optimal.
Kata Kunci: Teknik Self-Talk, Bimbingan Kelompok, Kepercayaan Diri, Interaksi Sosial
References
Abdurrohim, A., & Saputra, F. (2024). Penguatan Konsep Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(2), 101-115.
Alkhofiyah, N. (2021). Peranan Kepercayaan Diri dalam Keberhasilan Pendidikan dan Hubungan Sosial. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan, 8(1), 45-58.
Azizah, N., & Hartati, S. (2023). Teknik Self-Talk dalam Meningkatkan Ketangguhan Mental dan Motivasi. Jurnal Konseling dan Pengembangan Diri, 4(3), 210-224.
Dewantari, A., Sari, L., & Nugroho, R. (2021). Dukungan Lingkungan dan Perkembangan Kepercayaan Diri pada Remaja. Jurnal Psikologi Sosial, 9(1), 78-91.
Hidayat, R. (2011). Teknik Self-Talk sebagai Upaya Membentuk Kepercayaan Diri pada Remaja. Jurnal Pendidikan Psikologi, 2(2), 33-39.
Indriani, R., & Arifin, M. (2022). Afirmasi Positif dalam Pengembangan Diri: Studi Kasus Teknik Self-Talk. Jurnal Psikologi dan Konseling, 5(1), 56-65.
Muthmainnah, S., & Basri, H. (2023). Tahapan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 99-110.
Putri, E., Suryana, D., & Lubis, N. A. (2022). Peran Self-Talk dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Bimbingan, 3(2), 145-160.
Putri, E., & Suryana, D. (2021). Bimbingan Kelompok sebagai Layanan untuk Meningkatkan Potensi Diri Peserta Didik. Jurnal Konseling dan Pengembangan, 3(1), 88-99.
Ramadhani, F., & Aisyah, N. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok dalam Mengatasi Kecemasan Sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(2), 135-147.
Rais, M. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Pengambilan Keputusan. Jurnal Psikologi Terapan, 10(1), 12-25.
Rohman, A., & Kurniawan, T. (2022). Dinamika Kelompok dan Penguatan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 123-136.
Safitri, L., & Wulandari, T. (2020). Mengubah Pola Self-Talk Negatif menjadi Positif dalam Pengembangan Diri. Jurnal Psikologi dan Konseling, 4(1), 55-64.
Sari, I., & Muslimin, M. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Talk dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(3), 199-210.
Syaibani, A. dalam Azizah, N., & Purwoko, H. (2017). Metode Studi Literatur dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal Metodologi Penelitian, 3(1), 22-34.
Tanjung, F., & Amelia, S. (2017). Konsep Kepercayaan Diri dalam Psikologi Pendidikan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 2(1), 10-18.
Wahyuni, F. W. (2024). Peran Internal Dialog dalam Pembentukan Kepercayaan Diri. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 8(1), 50-62.
Wahyuni, R., & Nurdin, S. (2021). Pengaruh Self-Talk terhadap Prestasi Akademik dan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(2), 140-152.
Wulandari, A., & Putra, B. (2018). Pengaruh Media Sosial terhadap Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Psikologi Remaja, 5(1), 34-45.
Yunita, S., & Supriyanto, A. (2020). Implementasi Teknik Self-Talk dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(2), 101-114.















