PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN MELALUI MEDIA BOOKLET TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN SISWA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI MADRASAH ALIYAH Al QUR’AN HARSALLAKUM BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.70248/jp.v1i4.2813Keywords:
Pendidikan, Pengetahuan, Kesiapsiagaan BencanaAbstract
Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kejadian gempa bumi Indonesia sebelum tahun 2017 rata-rata hanya 4.000-6.000 kali setahun, lalu yang dirasakan atau kekuatannya lebih dari 5 sekitar 200-an. Namun setelah tahun 2017 jumlah kejadian itu meningkat menjadi lebih dari 7.000 kali setahun. Bahkan tahun 2018-2019 tercatat sebanyak lebih dari 11.000 kali kejadian gempa. Sedangkan ditahun 2020 mengalami penurunan kejadian gempa sebanyak 8.528 kali, Ada dua metode penyuluhan dalam konsultasi kesehatan, yaitu didaktik dan sokraktik, Mempelajari Pengaruh penyuluhan kesehatan melalui media Booklet terhadap peningkatan pengetahuan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi di madrasah aliyah al-qur’an harsallakum Bengkulu, penyuluhan kesehatan melalui media Booklet dalam menghadapi bencana gempa bumi di Madrasah Aliyah Al-qur’an Harsallakum Bengkulu didapatkan hasil responden kurang berjumlah 8 orang (11,1%), Pengetahuan kesiapsiagaan responden cukup berjumlah 56 orang (77,8%), Pengetahuan kesiapsiagaan responden baik berjumlah 8 orang (11,1%). Hal ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa masih dalam kategori pengetahuan cukup.
References
Adiyoso, Wignyo. 2018. Manajemen Bencana. pertama. ed. Kusumaningtyas retno Ayu. jakarta: bumi aksara.
Aksa furqan ishak, Dkk. 2021. Geografi Bencana. pertama. ed. Hanum Zuraida. banda aceh: syiah kuala university press.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Gefisika (BMKG). 2023a. “Refleksi Gempa.” https://www.its.ac.id/tgeofisika/wpcontent/uploads/sites/33/2022/12/REFLEKSI-GEMPA-2022DARYONO-BMKG.pdf.
———. 2023b. “Tingkatan Kesiapan Hadapi Tsunami Di Masa Pandemi.” https://www.bmkg..go.id/berita/?p=tingkatkan-kesiapan-hadapi-bencana-gempabumi-dan tsunami-bmkg-gelar-iowave20&lang=ID%s=detail.
BNPB. 2022. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.
———. 2023. “Korban Gempa Cianjur.” bnpb.go.id.
Hendrawan, Muhammad Rosyihan. 2019. Manajemen Pengetahuan Konsep Dan Praktik Pengetahuan Pada Organisasi Pembelajaran.
Hermon, Dedi. 2015. Geografi Bencana Alam. ke 1. ed. Octiviena. depok: PT rajagrafindo persada.
KEMENDIKBUD. 2021. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Rebulik Indonesia Nomor 33 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan
Program Satuan Pendidikan Aman Bencana.”
KEMENKES. 2023. “Informasi Awal Gempa-Bumi Di 9 Kecamatan Kota Bengkulu.” https://pusatkrisis.kemkes.go.id/Gempa-Bumi-diKOTA-BENGKULU-BENGKULU-03-03-2023-53.
Khambali. 2017. Manajemen Penanggulangan Bencana. 1st ed. ed. Christian Putri. YOGYAKARTA: CV. ANDI OFFSET.
Lubis, Halimatussakdiyah. 2023. Penyuluhan Kesehatan Masyarakat Pertanian.
Nia Mahrani, I Kadek Ariesta Andika. 2020. “Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di SMPN 3 Kuta Selatan Badung Provinsi Bali.” PENDIPA Journal of Science Education 4(3): 32–38.
Pasaribu, Felive R.D.C., and Mori Agustina br Perangin-angin. 2020. “Pengetahuan Dan Sikap Siswa SMA Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi.” The Indonesian Journal of Health Science 12(1): 76–82.
Putro Simeulu, Asmanidar. 2020. “Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi Pada Siswa SD No 7 Labuan Haji Aceh Selatan.” 2119-4750-1-SM-.pdf.
Srimiyati. 2020. Pendidikan Kesehatan Menggunakan Booklet. ed. olivia eka C.
Suhaid Dewi Novitasari, Dkk. 2022. Pengantar Promosi Kesehatan. pertama. ed. M. Ady Susanto. Pradina Pustaka.
Wardha Wati Sukma Tawulo, Fikki Prasetya, Farit Rezal. 2019. “Efektivitas Media Booklet ‘Gercep Kebumi’ Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Gempa Bumi Pada Siswa-Siswi SD Negeri 2 Baruga Di Kota Kendari.” Al-Sihah: Public Health Science Journal 11: 31–39.
WHO. 2021. “Earthquakes.” https://www.who.int/health-topic/earthquakes#tab=_1.















