LITERATURE REVIEW: KETERKAITAN PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SMK JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DENGAN KEBUTUHAN DUNIA KERJA
DOI:
https://doi.org/10.59407/jolale.v1i2.784Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat keterkaitan pelaksanaan kurikulum merdeka pada SMK terutama pada jurusan Desain Komunikasi Visual dengan kebutuhan di dunia kerja. Penelitian ini merupakan literatur review dengan menggunakan studi litaratur yang akan mendeskripsikan tentang keterkaitan pelaksanaan kurikulum merdeka di SMK dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Studi literatur menggunakan berbagai sumber seperti artikel, jurnal, dan dokumen lain yang relevan dengan pembahasan dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa ada keterkaitan antara pelaksanaan kurikulum merdeka dengan kebutuhan dunia kerja terutama untuk jurusan Desain Komunikasi Visual. Hal ini karena SMK merupakan sekolah untuk mencetak lulusan yang siap untuk bekerja, sehingga pelaksanaan kurikulum di sekolah harus sesuai dengan kebutuhan dunia kerja agar lulusan SMK dapat terus bekerja di dunia industri. Perlu ada penelitian lebih lanjut lagi untuk melihat relevansi kurikulum merdeka yang telah di terapkan oleh SMK jurusan Desan Komunikasi Visual dengan kebutuhan dunia kerja dengan keterlibatan antara pihak sekolah sebagai tempat pendidikan untuk memperoleh kompetensi dengan industi sebagai pihak yang akan menggunakan kompetensi tersebut.
References
Kemendikbud, Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. 2022.
F. Munthe and Y. Mataputun, “Analisis kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan mutu lulusan sekolah menengah kejuruan,” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), vol. 7, no. 4, p. 586, Dec. 2021, doi: 10.29210/020211479.
S. Safitri, A. Alamsyah Kusumadinata, and A. M. Purnomo, “Komunikasi Korporasi Dalam Menjalin Hubungan Dengan Dunia Usaha & Dunia Industri (Dudi) Untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Didik Corporate Communication In Establishing Relationships With The World Of Business And Industry (Dudi) To Improve The Quality Of Students,” Jurnal Komunikatio, vol. 10, no. 1, pp. 30–44, 2024.
L. Leny, “Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan,” in Prosiding Sentikjar, 2022.
Z. Zaenab, H. Yanto, I. Hidayah, and S. E. Pramono, “Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Peran Pemerintah Bersama DUDI dalam Implementasi Merdeka Belajar pada Pendidikan Vokasi SMKN 4 Gowa,” in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 2022, pp. 1229–1235. [Online]. Available: http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
J. W. Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, 2014.
Junaidi and N. Rahayu, “Manfaat Kolaborasi Antara Sekolah Dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Siswa dan Guru di SD,” Jurnal Edukasi El-Ibtida`i Sophia, vol. 3, no. 1, pp. 20–26, 2024.
S. N. Halizah, “Kesenjangan Kurikulum Smk Dengan Kebutuhan Industri,” Adiba: Journal Of Education, Vol. 4, No. 2, Pp. 227–233, 2024.
















