UPAYA PENANGANAN KETERLAMBATAN ( DELAY MANAGEMENT) DENGAN MEMBERIKAN KOMPENSASI KEPADA PENUMPANG DEMI MENINGKATKAN PELAYANAN SERTA MEMBERIKAN KEPUASAN KEPADA PENGGUNA JASA BANDAR UDARA
DOI:
https://doi.org/10.59407/jolale.v1i2.740Keywords:
Penanganan keterlambatan penerbangan, pemberian kompensasi kepada penumpang yang mengalami keterlambatan penerbangan, peningkatan pelayanan pengguna jasa bandar udara, kepuasan pengguna jasa bandar udaraAbstract
Penelitian sebelumnya dan penelitian terkait sangat penting dalam makalah penelitian dan makalah akademis. Penelitian sebelumnya atau yang terkait berfungsi untuk memperkuat teori dan fenomena mengenai hubungan dan pengaruh antar variabel.
Tulisan ini mengkaji ketepatan waktu penerbangan, kualitas pelayanan, dan pemberian kompensasi kepada penumpang yang mengalami delay, melalui tinjauan literartur tentang Delay Management. Tujuan artikel ini adalah untuk mengajukan hipotesis mengenai pengaruh antara variabel yang akan digunakan dalam penelitian selanjutnya. Hasil artikel tinjauan pustaka ini adalah dengan pemberian kompensasi terhadap penumpang jika terjadi penundaan penerbangan baik berupa barang ataupun uang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pemberian kompensasi delay terhadap kepuasan penumpang, dan untuk mengetahui apakah penumpang merasa puas terhadap pemberian kompensasi sesuai PM Nomor 89 Tahun 2015.
Kata Kunci : kompensasi delay, kepuasan penumpang, dan peningkatan pelayanan.
References
Rizqya, C. I., & Rismawati, R. (2022). Tanggung Jawab Maskapai Penerbangan Terhadap Penumpang Yang Dirugikan Karena Keterlambatan Penerbangan (Suatu Penelitian Pada PT. Lion Grup Cabang Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan, 6(3), 270-278.
Vanny, H. L., & Rachmawati, D. (2023). Penanganan Keterlambatan (Delay) pada Maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(5), 217-229.
Habibah, I. W. E., & Kusuma, N. M. P. (2024). Analisis Penanganan Kompensasi Delay pada Maskapai Lion Air terhadap Kepuasan Penumpang oleh PT Kokapura di Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 540-553.
Analisa, S. (2023). Penanganan Penumpang Delay Oleh Pt. Gapura Angkasa Pada Maskapai Citilink Di Bandar Udara Juanda Surabaya. Flight Attendant Kedirgantaraan: Jurnal Public Relation, Pelayanan, Pariwisata, 5(2), 155-166.
Yaurwarin, W., & Siwabessy, D. J. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Angkutan Udara Akibat Keterlambatan Penerbangan. PUBLIC POLICY; Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik dan Bisnis, 4(2), 313-329.
Rahayu, D., Akhir, D. D., Umbara, T. O., Hasnan, A. D., Utami, R. N., & Jauhari, J. (2023). Perlindungan Konsumen Bagi Penundaan (Delay) Dalam Penerbangan. Consensus: Jurnal Ilmu Hukum, 2(2), 65-76.
Halim, Y., Priyanto, S., & Suparma, L. B. (2023). Kepuasan Pelayanan Penumpang Angkutan Udara Pada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri di Bandara Soekarno-Hatta. Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi, 16(01), 52-63.
Nieamah, K. F. (2021). Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) Pada Maskapai Lion Air di Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Jurnal Manajemen Dirgantara, 14(2), 311-317.
Nadila, H. A. (2023). Analisis Delay Management Akibat Cuaca Terkait Teknis Operasional pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 1(4), 71-83.
Martina, A., Suwondo, E., & Yuniarti, E. (2023). Analisis Keterlambatan Penyelesaian C-check: Delay Maintenance. Jurnal Teknologi Kedirgantaraan, 8(1), 1-6.
Pamungkas, T. P., & Widagdo, D. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Petugas Customer Service PT. Angkasa Pura I dalam melayani Penumpang di Bandar Udara International Yogyakarta. Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering, 1(2), 9-9.
Sumantri, A. S., Abimanto, D., & Putra, R. D. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Keberangkatan Pesawat Di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 1(1), 29-38.
ELIS, N. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Keberangkatan Pesawat Di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Skripsi.
Setyawan, K. A., & Prayudista, E. (2023). Analisis Pengaruh Pemberian Kompensasi Maskapai Terhadap Kepuasan Penumpang Saat Delay. Nusantara Journal of Behavioral and Social Sciences, 2(1), 19-24.
















