KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS VII D SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Authors

  • Yanti Paulina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hasmi Suyuthie Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Abiyon Balogi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dwita Mala Universitas Muhammdiyah Bengkulu
  • Nining Susanti Alpionita Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.59407/jolale.v1i1.538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menentukan struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi peserta didik kelas VII D SMP Negeri 11 Kota Bengkulu, Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan data penelitian apa adanya. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan struktur yaitu deskripsi umum, deskripsi bagian, manfaat, dan kesimpulan. Ciri kebahasaannya yaitu frasa nomina, verba relasional, verba aktif, konjungsi, repetisi, dan kata keilmuan yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi peserta didik kelas VII D SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes atau penugasan. Sumber data penelitian ini adalah tulisan struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas VII D SMP Negeri 11 Kota Bengkulu memperoleh skor rata-rata 7,2 dengan kategori nilai cukup yang artinya peserta didik belum mampu menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi.

Kata Kunci: Struktur, Ciri Kebahasaan, Teks Laporan Hasil Observasi

References

Ambarawati, N. K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Dengan Pendekatan Integratif. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 5(1).

Aulia, K. N., & Arief, E. (2019). Struktur Dan Diksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Pariaman. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 49.

Dewi, S. M., & Arief, E. (2020). Analisis Struktur Dan Ciri Kebahasaan. Persamaan antara kedua penelitian ini, yaitu sam. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(4), 23.

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8. https://jurnaldidaktika.org/

Ismaiyati, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Pembelajaran Di Luar Semester Iii Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiah Palembang. Jurnal Bindo Sastra

Liana, 2019. (2019). Analisis Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Lawe Sigala-Gala Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 8(1), 86–95. https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i2.597

Livenza, O. (2022). Struktur Dan Ciri Kebahasaan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang.

Nurhikma, A. (2018). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X Smk Negeri 4 Makassar. 1–14.

Sarwindah (2020). The Mistake Of Text Structure And Language Reports Of Observation Results Of Class Vii Smp Kristen 1 Surakarta Tercermin Dalam Tata Pikir , Tata Ucap , Tata. May.

Putri, A. L., Yulistio, D., & Utomo, P. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah Korpus, 5(1), 45–51.

Stkip, I., & Bandar, P. (2019). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Pgri Bandar Lampung Kemampuan Siswa Menganalisis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X Semester Genap Sman 2 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2018 / 2019 Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mengeta. 1–13.

Tarida, E., Tamsin, A. C., & Zulfikarni, Z. (2020). Struktur Dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 12 Solok Selatan. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1)

Wahyuni, S., Taib, R., & Subhayni, &. (2017). Kemampuan Siswa Kelas Vii Mtsn Meuraxa Banda Aceh Meringkas Teks Laporan Hasil Observasi Oleh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI, 2(1), 30–37.

Wardani, D. R. (2020). Penerapan Model Think Talk Write Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sanden. Meretas : Jurnal Ilmu Pendidikan, 07(02), 202–211.

Yani, Y. A., & Arief, E. (2019). Korelasi Keterampilan Memahami Teks Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lembah Gumanti. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 235.

Downloads

Published

2024-03-21

Issue

Section

Artikel