KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.59407/jolale.v1i1.537Abstract
Menulis sangat penting bagi siswa karena memudahkan siswa untuk berfikir, keterampilan menulis juga merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang menjadi tujuan setiap pembelajaran bahasa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX G SMP Negeri 2 kota bengkulu tahun ajaran 2022, adapun aspek yang dinilai yaitu unsur intrinsik yang ada dalam cerpen yaitu tema, tokoh dan penokohan, latar, gaya bahasa, alur, sudut pandang dan amanat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX G yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes atau penugasan dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukan siswa kelas IX G kemampuan menulis berdasarkan unsur intrinsik dan hasil penilaian yang didapatkan berada pada bobot 80-100. Di dalam cerpen yang telah ditulis terdapat unsur intrinsik cerpen yaitu tema, tokoh dan penokohan, latar, gaya bahasa, alur, sudut pandang dan amanat. Dari data tersebut pemerolehan nilai paling tinggi dengan nilai perolehan 90, 87, 85, 80 yaitu 13 (52%) siswa dengan kategori sangat mampu. Siswa memperoleh nilai 79, 78, 76, 75 berjumlah 12 siswa (48%) dengan kategori mampu.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Cerpen Siswa, SMP Negeri 2 Kota Bengkulu
References
Aminatun, D., Ngadiso, N., & Marmanto, S. (2019). Applying PLEASE Strategy to Teach Writing Skill on Students with Different Linguistic Intelligence. Teknosastik, 16(1), 34. https://doi.org/10.33365/ts.v16i1.120
Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. 130.
bhalla prem. (2010). Tatacara Ritual dan Tradisi Hindu.
dapartemen pendidikan dan kebudayaan. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fujiatun, F., Intiana, S. R. H., & Syahbuddin, S. (2022). Analisis Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 17 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1997–2006. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.877
Harahap, M. novasari. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles Dan Huberman., 18(1), 2463–2653. http://jurnal.staiuisu.ac.id/index.php/manhaj/article/view/5/9
iqramadhana. (2011). sastra dan tekniknya.
Irodah, N. (n.d.). Analisis Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMPN 3 Batukliang Lombok Tengah.
kementrian pendidikan dan kebudayaan. (2020). Modul Pembelajaran SMA Kelas X Bahasa Indonesia. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menegah Atas.
Listini, L., & Saraswati, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Sinektik Siswa Kelas Vii Smp Sandika Sukajadi. Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 24. https://doi.org/10.32502/jbs.v1i1.664
Maulina, H., Hariana Intiana, S. R., & Safruddin, S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 482–486. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.276
nurgiantoro, burhan. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.
Rosen, A., Trauer, T., Hadzi-Pavlovic, D., Parker, G., Patton, J. R., Cronin, M. E., Bassett, D. S., Koppel, A. E., Zimpher, N. L., Thurlings, M., Evers, A. T., Vermeulen, M., Obanya, P., Avsec, S., Nurzarina Amran, Liu, S. H., Petko, D., Aesaert, K., Van Braak, J.Brown, N. (2015). Teaching and Teacher Education, 12(1), 1–17.
Saputri, dwi. (2017). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas Viii Smp Negeri 10 Bintan Tahun Pelajaran 2016-2017. Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 10 BINTAN Tahun Pelajaran 2016-2017.
Siswa, D., Viii, K., Bua, S., & Kabupaten, P. (n.d.). dan tabel pada kelas kontrol atau kelas tanpa menggunakan model dihasilkan nilai
















