KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KELAS VII C SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.59407/jolale.v1i1.536Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur kelas VII C SMPN 9 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu 32 siswa kelas VII C di SMPN 9 Kota Bengkulu yang sedang belajar tentang teks prosedur. hasil penelitian ini yaitu terdapat 8 (25%) siswa yang sangat mampu dalam menulis teks prosedur, 8 (38%) siswa mampu menulis teks prosedur, 8 (25%) siswa cukup mampu menulis teks prosedur, dan 4 (12%) siswa kurang mampu menulis teks prosedur. Dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa (38%) sangat mampu menulis teks prosedur di kelas VII C SMPN 9 kota Bengkulu dengan nilai rata-rata (M=81,41). Berdasarkan kesimpulan ini, disarankan bagi guru untuk membantu siswa yang belum mampu mencapai standar kelulusan menulis teks prosedur, penggunaan media dan metode pelajaran yang tepat diharapkan mampu membantu siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan ketika menulis teks prosedur.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Prosedur
References
Ana, Patriantoro, A. wartiningsih. (2017). Peningkatan kemampuan menulis teks prosedur menggunaka metode. Media.Neliti.Com, 11–19.
Aprilani, F. (2017). Verba Temiru dan Modifikasinya: Kajian Struktur. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), 8–14.
Arif, S. (2018). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Published, 4(1), 88–100.
Arinda, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas Iii Min 3 Pidie Jaya. Skripsi.
Arini, N. W., Guru, P., Dasar, S., & Ganesha, U. P. (2016). Deskripsi Kemampuan Siswa Menulis Karangan Deskripsi Kelas Iv Sd N1 Penarukan.
Arisandi, R., Charlina, & Rumadi, H. (2022). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Pancasila Kecamatan Tanjung Beringin. Jurnal Tuah, 3(1), 15–23.
Dakhliah, S. (2019). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Viii Smp Negeri 10 Parepare. Jurnal Pendidikan BUM, 3(1), 767–787. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-768dalman87-
Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kusuma, B. A. I. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Pada Siswa Kelas Vii F Smp Negeri 2 Semarang. Skripsi Universitas Negeri Semarang, 1(1), 245.
Lestari, A., Sahabuddin, C., & Kurnia, K. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Peserta Didik Kelas VIIA SMP Negeri 1 Polewali. Journal Peqguruang: Conference Series, 2(2), 169. https://doi.org/10.35329/jp.v2i2.987
Musyawir, M., & Letsion, M. (2020). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Metode Resitasi Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 40 Kabupaten Buru. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 42–48. https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.2418
Nugrawati, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Melalui Media Video Tutorial Siswa Kelas Vii A Mts Muhammadiyah Maradekaya SkripsI. Skripsi, 8(75), 147–154.
Rusmini. (2018). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Makassar. Skripsi. http://eprints.unm.ac.id/7464/
Simatupang, Y. J. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Model Pembelajaran Pair Check. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 191–206. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1139
Subagyo. (2020). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas X Otkp Smk Negeri 1 Muara Bungo Kabupaten Bungo. Jurnal Tunas Pendidikan, 3(1), 65–74. https://doi.org/10.52060/pgsd.v3i1.388
Susanti, D., Priyadi, A. T., & Salem, L. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Melalui Strategi Writing in the Here and Now. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …, 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/34988
















