KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN BERDASARKAN FILM PENDEK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.59407/jolale.v1i1.534Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks tanggapan berdasarkan film pendek siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu pada tanggal 9 November 2022. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kota Bengkulu yang berjumlah 160 siswa dan sampel diambil sebanyak 40 siswa secara acak. Kemampuan menulis teks tanggapan ini dinilai dari tiga aspek, yaitu isi, struktur teks, dan kebahasaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa penugasan kepada siswa untuk menulis teks tanggapan berdasarkan film pendek. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks tanggapan berdasarkan film pendek siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kota Bengkulu adalah katagori cukup
References
Adios, T., Utomo, P., & Ariesta, R. (2021). Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Berdasarkan Media Visual Siswa Kelas Ix Smp Negeri 4 Kota Bengkulu. 5(1), 108–116.
Anasha Alvidril dan Ellya Ratna. (2021). Struktur, Isi, Dan Unsur Kebahasaan Teks Prosedur Karya Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10 (2), 34-44.
Asri, A, Sahrul. (2017). Telaah Buku Teks Pegangan Guru Dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Kurikulum 2013. Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70-82.
Eka Sofia Agustina. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013. Aksara Jurnal Bahasa dan Sastra,18 (1), 84 – 99.
Femmy Angreany dan Syukur Saud. (2017). Keefektifan Medi Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1 (2), 138-146.
Frensivitasari, A., Ariesta, R., & Kurniawan, R. (2020). Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Berdasarkan Film Pendek Siswa Kelas Ix Smp Negeri 13 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 276–283.
Idham Khalik. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Sebagai Terapi Ekspresif Terhadap Emosi Pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 6(2), 1–13.
Kosasih, E. R. (2018). Bahasa Indonesia. Erlangga.
Nila Martha Yehonala Situmorang. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Ournal of Education Action Research, 2(2), 166–171.
Oktarina Widarsih, Syukri Hamzah, dan D. Y. (2018). Perbedaan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Kritis Siwa Kelas Ix Smpn 3 Bengkulu Utara Dengan Siswa Kelas IX SMPN 10 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(1), 83–92.
Silvia Sandi Wisuda Lubis. (2017). Keterampilan Menulis Essai Dalam Pembentukan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi PGMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Pionir: Jurnal Pendidikan, 6 (2).
Sriyanti. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Tanggapan Deskriptif Budaya Alas “Pemamanen”. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. 6 (2), 117-125.
Khusniatus, Solihah. (2017). Keefektifan Pembelajaran Menyusun Teks Tanggapan Deskriptif Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dan Model Team Assisted Individualization Dengan Media Pop Up Berwawasan Lingkungan Pada Siswa SMP Kelas VII. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulisdalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9 (2), 72-81.
Tiurma Lumban Gaol. (2021). Analisis Penggunaan Ejaan (Penulisan Kata) Di Internet. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS).
















