TREN STRATEGI PENDIDIKAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN DAYA SAING GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.70248/jolale.v2i2.2571Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan menganalisis strategi manajemen kurikulum yang efektif dalam meningkatkan mutu dan daya saing pendidikan nasional di tengah tantangan globalisasi dan Revolusi Industri 4.0. Penelitian dilakukan di SMK Darussalam Blokagung, Banyuwangi, sebagai studi kasus yang merepresentasikan penerapan kurikulum adaptif berbasis kompetensi dan kolaborasi industri. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan peserta didik yang terlibat langsung dalam pelaksanaan kurikulum. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan verifikasi menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kurikulum adaptif berbasis Industri 4.0 melalui program Kelas Industri yang bekerja sama dengan Gamelab Connect mampu meningkatkan keterampilan teknis dan soft skills peserta didik secara signifikan. Selain itu, pemanfaatan platform digital pembelajaran adaptif seperti Google Classroom dan Quizziz turut mendukung terciptanya pembelajaran yang lebih personal dan efektif. Kolaborasi antara sekolah dan dunia usaha, serta penerapan teknologi digital dalam pembelajaran, terbukti menjadi strategi yang relevan dalam meningkatkan mutu pendidikan vokasi dan kesiapan lulusan menghadapi tantangan pasar global.
References
Fauzi, M. I., Aimah, S., & Khaudli, M. I. (2024). Analisis Continuous Improvement Pada Budaya Mutu Madrasah Di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Tarbiyah, 31(1), 155–164.
Gafur, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam. Nizamia Learning Center.
Hariyanti, T., Ilma, O. U., Sianturi, H. M., Azainil, A., & Komariyah, L. (2025). The Effectiveness of the Partnership Program Teaching Factory at SMK Negeri 2 Sangatta Utara in Improving Students’ Job Readiness in the Automotive, Mining Geology, and Nautical Merchant Ship Departments. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 5(2), 320–323.
Harras, K. A. (2025). Transformasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra: Inovasi, Implementasi, dan Tantangan. Prosiding Sandibasa Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 28–36.
Iskandar, A. H. (2020). SDGs desa: percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Khaudli, M. I., & Rikza, F. A. (2021). Peran Fungsi Manajemen Kurikulum Pada Sistem Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(2), 101–116.
Laila, H. R., Sari, M. I., Nurolivia, S., & Fua’din, A. (2024). Analisis Pengaruh Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Industri terhadap Peningkatan Keterampilan Praktis Siswa Jurusan Teknik Elektro. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 238–244.
Marpaung, R. W. (2024). Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Siswa di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 550–558.
Ningsih, N. R., Khoeriyah, R. U., Kurnia, A. R., & Purnamaningsih, I. R. (2025). Analisis Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Di Smk Bhinneka Karawang. Jurnal Tahsinia, 6(4), 598–608.
Permadi, Y. (2025). PELATIHAN JARINGAN KOMPUTER UNTUK SISWA-SISWI PKL DI YPAIS FOUNDATION. Abdi Jurnal Publikasi, 3(3), 209–214.
Putri, C. D., Parji, P., & Widyaningrum, H. K. (2024). Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 577–587.
Rismawati, S. D., Sholehuddin, M. S., & Sya’roni, S. (2024). Pengembangan Jati Diri Bangsa dalam Perspektif Kebijakan Hukum dan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Penerbit NEM.
Rizki, F. A., Hayati, R. M., & Saputri, A. F. R. (2025). Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan prospek kerja sama sekolah dengan industri di era 5G. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 3(1), 53–66.
Sari, D. F. (2023). Peningkatan mutu pendidikan kejuruan pada era pembelajaran abad ke-21 untuk menjawab tantangan industri 4.0. Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 4(1), 71–79.
Sesmiarni, Z. (2025). Pemanfaatan Platform Digital dalam Meningkatkan Mutu Fauzi, M. I., Aimah, S., & Khaudli, M. I. (2024). Analisis Continuous Improvement Pada Budaya Mutu Madrasah Di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Tarbiyah, 31(1), 155–164.
Gafur, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam. Nizamia Learning Center.
Hariyanti, T., Ilma, O. U., Sianturi, H. M., Azainil, A., & Komariyah, L. (2025). The Effectiveness of the Partnership Program Teaching Factory at SMK Negeri 2 Sangatta Utara in Improving Students’ Job Readiness in the Automotive, Mining Geology, and Nautical Merchant Ship Departments. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 5(2), 320–323.
Harras, K. A. (2025). Transformasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra: Inovasi, Implementasi, dan Tantangan. Prosiding Sandibasa Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 28–36.
Iskandar, A. H. (2020). SDGs desa: percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Khaudli, M. I., & Rikza, F. A. (2021). Peran Fungsi Manajemen Kurikulum Pada Sistem Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(2), 101–116.
Laila, H. R., Sari, M. I., Nurolivia, S., & Fua’din, A. (2024). Analisis Pengaruh Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Industri terhadap Peningkatan Keterampilan Praktis Siswa Jurusan Teknik Elektro. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 238–244.
Marpaung, R. W. (2024). Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Siswa di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 550–558.
Ningsih, N. R., Khoeriyah, R. U., Kurnia, A. R., & Purnamaningsih, I. R. (2025). Analisis Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Di Smk Bhinneka Karawang. Jurnal Tahsinia, 6(4), 598–608.
Permadi, Y. (2025). PELATIHAN Jaringan Komputer Untuk Siswa-Siswi Pkl Di Ypais Foundation. Abdi Jurnal Publikasi, 3(3), 209–214.
Putri, C. D., Parji, P., & Widyaningrum, H. K. (2024). Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 577–587.
Rismawati, S. D., Sholehuddin, M. S., & Sya’roni, S. (2024). Pengembangan Jati Diri Bangsa dalam Perspektif Kebijakan Hukum dan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Penerbit NEM.
Rizki, F. A., Hayati, R. M., & Saputri, A. F. R. (2025). Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan prospek kerja sama sekolah dengan industri di era 5G. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 3(1), 53–66.
Sari, D. F. (2023). Peningkatan mutu pendidikan kejuruan pada era pembelajaran abad ke-21 untuk menjawab tantangan industri 4.0. Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 4(1), 71–79.
Sesmiarni, Z. (2025). Pemanfaatan Platform Digital dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 393–405.
Setiadi, R., & Anisa, S. (2024). Manajemen Inovasi dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Relevansi Pendidikan dengan Dunia Kerja. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 949–957.
Sigalingging, R. (2022). Guru Penggerak dalam Paradigma Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Tata akbar.
Sirozi, M. (2024). Mengatasi tantangan pembelajaran berbasis digital dengan prinsip-prinsip dan tahapan perencanaan yang tepat. Unisan Jurnal, 3(5), 71–82.
Soegiarto, I., Hasnah, S., Annas, A. N., Sundari, S., & Dhaniswara, E. (2023). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi artificial intelligences (AI) pada sekolah kedinasan di era revolusi industri 4.0 dan society 5. O. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10546–10555.
Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). Pendidikan sebagai kunci utama dalam mempersiapkan generasi muda ke dunia kerja di era globalisasi. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1–12.
Utami, D. R., Pahrudin, A., & Rahmi, S. (2025). Strategi Manajemen Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Globalisasi. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(2), 796–813.
Windiarti, I. S., Bahri, S., & Prabowo, A. (2023). Melangkah Maju dengan Teknologi Generative AI: Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMP di Kota Palangkaraya. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 46–52.
Zaenab, Z., Yanto, H., Hidayah, I., & Pramono, S. E. (2022). Peran Pemerintah Bersama DUDI dalam Implementasi Merdeka Belajar pada Pendidikan Vokasi SMKN 4 Gowa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1), 1229–1235.
















