PENGARUH METODE GAMIFIKASI BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA TRIANA DELI SERDANG

Authors

  • Dwi Setia Ningsih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Edi Saputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Riris Nurkholidah Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.70248/jolale.v2i2.2545

Keywords:

Gamifikasi, Quizizz, Menulis, Teks Berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode gamifikasi yang berbasis Quizizz terhadap peningkatan keterampilan menulis teks berita di kalangan siswa kelas VIII SMP Swasta Triana Deli Serdang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan menulis siswa, terutama dalam memahami struktur berita, penggunaan bahasa yang baku, dan penyusunan informasi secara sistematis. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan metode gamifikasi berbasis Quizizz dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi tes pretest dan posttest untuk mengukur keterampilan menulis siswa, serta angket untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada nilai posttest siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 65,27 dan meningkat menjadi 82,53 pada posttest, sedangkan kelas kontrol hanya mengalami peningkatan dari 67,33 menjadi 70,93. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 pada kelas eksperimen, sehingga H₀ ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode gamifikasi berbasis Quizizz terhadap peningkatan keterampilan menulis teks berita. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode gamifikasi berbasis Quizizz efektif sebagai alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa

References

Almeida, C., Kalinowski, M., Uchôa, A., & Feijó, B. (2023). Negative effects of gamification in education software: Systematic mapping and practitioner perceptions. Information and Software Technology, 156. https://doi.org/10.1016/j.infsof.2022.107142

Fadilla, D. A., & Nurfadhilah, S. (2022). Penerapan Gamification untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Inovasi Kurikulum. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK

fathurrahman, muhammad wima, gerdiani, anisa, & sardi, indra lukmana. (2024). Pemanfaatan Gamifikasi Learning Managament System Dengan MDA Framework Berdasarkan ARCS Model. E-Proceeding of Engineering.

Hafidz Al Irfan Manurung, M., Putri Arisqa, W., Haical Eriyanto Marpaung, M., & Islam Negeri Sumatera Utara, U. (2024). ANALISIS PENGARUH METODE PEMBELAJARANTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 15 DESA PADANG GENTING KAB. BATU BARA. In Journal of Language and Literature Education (JoLaLE) (Vol. 1, Issue 3).

Hakeu, F., Pakaya, I. I., & Tangkudung, M. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran di MIS Terpadu Al-Azhfar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 154–166. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v6i2.1930

Hasibuan Abiyon, A., Mala, D., Susanti Alpionita, N., & Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, P. (2024). KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN BERDASARKAN FILM PENDEK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Journal of Language and Literature Education (JoLaLE), 1.

Marisa, F., Akhriza, T. M., Lidya Maukar, A., Wardhani, A. R., Wahyu Iriananda, S., & Andarwati, M. (2018). Gamifikasi (Gamification) Konsep dan Penerapan. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 3(1), 2022.

SUGIYONO. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan RND. PENERBIT ALFABETA.

Utari, V., & Rambe, R. N. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Pada Siswa Kelas Rendah di SD/MI. In Jurnal Kependidikan (Vol. 12, Issue 3). https://jurnaldidaktika.org

Zasrianita, F., Zakaria, J., Aprilinola, T., Sari, I. A., Meltavia, R., Supriadi, H., & Fas Bengkulu, U. (2024). KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KELAS VII C SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Journal of Language and Literature Education (JoLaLE), 1.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Artikel