ANALISIS EKSPRESIF LIRIK LAGU “PENYANGKALAN” OLEH FOR REVENGE: KAJIAN PRAGMATIK

Authors

  • Shakira Adam Amalia Universitas Malikussaleh.

DOI:

https://doi.org/10.70248/jolale.v1i4.1547

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ekspresi penyangkalan dalam lirik lagu "Penyangkalan" oleh For Revenge menggunakan pendekatan pragmatik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data utama berupa teks lirik lagu yang diperoleh dari platform musik digital dan sumber resmi lainnya. Teknik pengumpulan data meliputi studi dokumentasi, analisis teks, serta wawancara pendekatan kualitatif secara opsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lirik lagu "Penyangkalan" mengandung beberapa jenis tindak tutur, yaitu tindak tutur representatif, konstatif, ekspresif, deklaratif, dan implikatur. Tindak tutur ekspresif terlihat dominan dalam lirik yang mengungkapkan perasaan sakit, ketidakberdayaan, dan keputusasaan, seperti pada lirik "berpura-pura pulih sendiri, nyatanya ku telah mati berkali-kali". Tindak tutur deklaratif ditemukan dalam kalimat "selamat datang di penyangkalan", yang berfungsi untuk mengumumkan atau memperkenalkan keadaan tertentu. Selain itu, tindak tutur konstatif menggambarkan keadaan tertentu, seperti suasana sunyi dan bising, sedangkan tindak tutur representatif menyampaikan pengalaman batin yang mendalam. Penelitian ini juga menegaskan pentingnya analisis pragmatik dalam memahami pesan-pesan tersembunyi yang terdapat dalam lirik lagu populer.

Kata Kunci: Analisis Pragmatik, Lirik Lagu, Penyangkalan, Tindak Tutur, Implikatur

References

Ahsan, A., & Prasetiyo, A. (2024). Nrima Ing Pandum Sebagai Strategi Menghadapi Kehidupan Dalam Lagu Aja Padha Nelangsa Karya Koes Plus. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 591–609. https://doi.org/10.59141/comserva.v4i3.1403

Alfalah, A., Kuswardono, S., & Purnama Irawati, R. (2021). Semiotika Dalam Lirik Lagu ‘Al Barq Al Yamani’ Oleh Nissa Sabyan Dan Adam Ali. Journal of Arabic Learning and Teaching, 10(2), 59–73. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa

Arezky, B., Suryani, I., & Izar, J. (2022). Pergeseran Bahasa Jawa dalam Ranah Sosial Masyarakat Studi Kasus di Desa Petajen, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batang Hari. Kajian Linguistik Dan Sastra, 2(2), 172–185. https://doi.org/10.22437/kalistra.v2i2.23322

Arfina Dian. (2023). Tindak tutur direktif dan ekprensif pada rubrik surat pembaca di kompas. Universitas Malikussaleh.

Aziz, E. S. (2020). Aransemen Paduan Suara Musafir Isfanhari: Personal Taste atau Kepatuhan Konsep Bermusik? Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 3(1), 1. https://doi.org/10.26740/vt.v3n1.p1-11

Betanissa, Z. (2022). Analisis Makna Motivasi Dalam Lirik Lagu “Dreamers” Karya Jungkook dan Fahad Al Kubaisi. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(8), 1368–1373. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i8.477

Damara, R., Kezia, R., Bagus, G., & ... (2023). Klasifikasi Emosi yang Terdapat Dalam Lirik Lagu “Jiwa yang Bersedih” Karya Ghea Indrawari. IJM: Indonesian …, 1, 2139–2147. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/494

Erlangga, C. Y., Utomo, I. W., & Anisti, A. (2024). Konstruksi Nilai Romantisme Dalam Lirik Lagu (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Pada Lirik Lagu “Melukis Senja”). Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 149–160. https://doi.org/10.23969/linimasa.v4i2.4091

Fidiyanti, M., Suhartono, & Sodiq, S. (n.d.). Language Game dan Pengembangan Konsep Kognitifpragmakritis Murni. 20–31.

Hidayat, M. A. (2019). Menimbang Teori-Teori Sosial Postmodern. Journal of Urban Sosiology, 2(1), 42–64.

Isytiyaaqul, M., Al, H., & Dariono, L. (2024). Eksplorasi Pesan Dakwah Pada Lirik Lagu Interval Karya Band The Flins Tone Exploring the Message of Da ’ wah in the Lyrics Interval by the The Flins Tone. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam Vol., 10(2).

Kusumawati, H. S., Rahayu, N. T., & Fitriana, D. (2019). Analisis Semiotika Model Roland Barthes Pada Makna Lagu “Rembulan” Karya Ipha Hadi Sasono. KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 105–116. https://doi.org/10.32585/klitika.v1i2.476

Mukminin, M. S., Mada, U. G., Matahari, G. B., & Ilokusi, T. T. (2024). Gala Bunga Matahari Karya Sal Priadi ( Kajian Pragmatik). KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1).

Mukti, C. J., & Heriyawati, Y. (2024). Proses Kreatif Penciptaan Karya Kabayan The Musical. Panggung, 34(3), 384–400. https://doi.org/10.26742/panggung.v34i3.3560

Niswati Khoiriyah. (2017). Pemanfaatan Pemutaran Musik Trhadap Psikologis Pasien Pada Klinik Ellena Skin Care Di Kota Surakarta Niswati. 6(2), 81–90.

Ridho Indria, A., Rizky Effendi, M., Kevin, *, & Prasetya, D. (2023). Interpretasi Lagu “Secukupnya” Di Kalangan Mahasiswa Unesa. Prosiding Seminar Nasional, 395.

Takari, M. (2017). Menuju Polarisasi Ilmu Komunikasi Untuk Kajian Seni Pertunjukan. August.

Wekke, I. S. (2019). Studi Naskah Bahasa Arab: Teori, Konstruksi, dan Praktik. In Gawe Buku (Issue 1).

Yazid, M. H., & Rumilah, S. (2024). Pelanggaran Maksim pada Lirik " Gala Bunga Matahari " Sal Priadi : Kajian Pragmatik Gricean. 200–210.

Yolandini, enilda P., Patindra, G., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2024). Implikatur Percakapan Guru dan Siswa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kajian Pragmatic H. Paul Grice Implicature of Teacher and Student Conversation in Indonesian Language Learning Interaction: A Pragmatic Study of H. Paul Grice. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 08(02).

Yule, G. (2010). The Study of Language (4th ed.). Cambridge University Press.

Downloads

Published

2024-12-18

Issue

Section

Articles