ANALISIS GAYA KOGNITIF BELAJAR PADA MAHASISWA

Authors

  • Natasya Flora Nanduarti Universitas Tidar
  • Arswanti Abida Hasna Azzahra Universitas Tidar,
  • Dimas Allan Pratama Universitas Tidar,
  • Fani Qonita Arumsari Universitas Tidar,
  • Rizki Adhi Saputro Universitas Tidar,
  • Joko Tri Nugroho Universitas Tidar,

DOI:

https://doi.org/10.70248/jolale.v1i4.1512

Keywords:

gaya belajar kognitif, pembelajaran, mahasiswa, efektivitas belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi gaya belajar kognitif mahasiswa dengan pendekatan survei kuantitatif. Penelitian menggunakan teknik Probability Sampling dengan Simple Random Sampling untuk memilih sampel secara acak, memberikan peluang yang sama bagi setiap komponen populasi. Sebanyak 80 responden yang terdiri dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bulukumba menjadi partisipan dalam penelitian ini. Alat yang digunakan untuk mengukur gaya belajar kognitif adalah kuesioner online dengan skala Likert yang mencakup tiga gaya belajar: visual, auditori, dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa lebih cenderung menggunakan gaya belajar visual, dengan 56,3% setuju bahwa mereka lebih mudah mengenali objek meskipun posisi objek berubah. Selain itu, 43,8% responden sangat setuju bahwa mereka lebih mudah belajar melalui praktik langsung. Sementara itu, 32,5% merasa terganggu saat ada interaksi sosial saat kuliah, menunjukkan bahwa konsentrasi pada pembelajaran lebih diutamakan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memiliki gaya belajar dominan visual, diikuti oleh kinestetik, dan merasa terganggu oleh gangguan sosial saat mengikuti kuliah. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pendidik untuk merancang pengalaman belajar yang sesuai dengan gaya belajar mahasiswa, terutama dalam konteks pembelajaran visual dan kinestetik. Kata Kunci: Gaya Belajar Kognitif, Visual, Auditori, Kinestetik, Skala Likert

References

Akbar, F., & Mutiah, H. (2020). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa dalam Membantu Dosen dalam Menentukan Model Pembelajaran di Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Sainsmat Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 9(2), 197. https://doi.org/10.35580/sainsmat92165952020

B. DePorter and Hernacki. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Kristin, F. (2017). Keberhasilan Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Keaktifan dalam Perkuliahan dengan Menggunakan Pembelajaran Active Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 405–413. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i2.90

M. Mawardi. (2019). “Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa”, Scholaria, vol. 9, no. 3, pp. 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304

Nurmalasary, N. (2018). Pengaruh Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 189. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2767

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Penerbit ALFABETA: Bandung.

Woolfolk, A., & Hoy, A. W. (2018). Educational Psychology.

Agustina, R., & Sitompul, H. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3273

Darmono, A. (2012). Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik dalam Belajar. Al-Mabsut, 3(1), 63–69. www.ifets.into/journals/91/23.pdf

Faulina, S. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajaran Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan, 144–146.

Galistiani, R. P., & Fatmahanik, U. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Bilangan Berpangkat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Dengan Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI). Jurnal Ilmiah AL THIFL, 3(1).

Indrawati, F., & Hartati, L. (2017). Peran Penguasaan Dasar Matematika dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Kuliah Kalkulus I. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 107–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2226

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.

Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128

Rohaeni, H. (2016). Model gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan …, IV(1), 32–47. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/294

Downloads

Published

2024-12-20

Issue

Section

Articles