ANALISIS MAKNA LEKSIKAL DAN GRAMATIKAL DALAM SLOGAN IKLAN PRODUK (TINJAUAN SEMANTIK)
DOI:
https://doi.org/10.70248/jolale.v1i3.1376Keywords:
gramatikal, leksikal, semantik, slogan, iklanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji komponen semantik dari beberapa slogan iklan produk, dengan fokus pada makna gramatikal dan leksikal. Tujuan spesifiknya adalah untuk mendeskripsikan makna leksikal dan gramatikal dari slogan-slogan iklan produk tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari slogan iklan berbagai produk komersial, seperti Milkita, FreshCare, Kiko, Bear Brand, Aqua, dan Minyak Kayu Putih Cap Lang. Analisis dilakukan secara mendalam untuk mengidentifikasi dan menginterpretasikan elemen-elemen semantik yang berkontribusi pada makna setiap slogan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna leksikal dan gramatikal dalam slogan-slogan tersebut memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman dan persepsi konsumen terhadap produk yang diiklankan. Setiap elemen bahasa yang digunakan dalam slogan membawa muatan makna yang dapat memengaruhi daya tarik dan efektivitas iklan. Simpulan, penelitian ini memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai pengaruh strategi bahasa dalam iklan, serta menunjukkan pentingnya pemahaman terhadap makna semantik dalam konteks periklanan.
Kata Kunci: Gramatikal, Leksikal, Semantik, Slogan, Iklan
References
Abdullah Zawawi, & Wulandari, E. (2024). Strategi Koperasi Syariah TKI Artha Mulya dalam Meningkatkan Perekonomian Purna TKI. Al-Muzdahir : Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 68–83. https://doi.org/10.55352/ekis.v6i1.786
Agustine, A. R. (2023). Pengaruh Periklanan Dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen E-Commerce. Marketgram Journal, 1(1), 31–38. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/mj
Arman, A., Nurjannah, N., Masri, F. A., Nirmalasari, N., & Mariani, M. (2023). Analisis Gaya Bahasa dalam Iklan Komersil di Kendari. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 6(2), 81–90. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.3641
Christy, C. C. (2022). FoMo di media sosial dan e-WoM : pertimbangan berbelanja daring pada marketplace. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 6(1), 331–357. https://doi.org/10.25139/jsk.v6i1.3742
Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Npk Mutiara Di Ud.Barelang Tani Jaya Batam. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 37–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i2.4
Jusuf, C. S., & Hermanto, D. R. (2019). Apakah Iklan Televisi Masih Kuat Mempersuasi Konsumen Di Era Teknologi, Komunikasi, Dan Informasi. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 37–45. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.100
Luisa, A., Rangkuty, A. N. O., Zira, K., & Siregar, M. W. (2024). Analisis Wacana Persuasif Iklan Produk Kecantikan Lipstik Pada Media Youtube Edisi Produk Best Seller. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 2(1), 71–80.
Mengembangkan, D., Pancasila, K., & Smpn, D. I. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mengembangkan Karakter Pancasila Di SMPN 5 Satu Atap Kerajaan Pardomuan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 266–276. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.13216
Oktari, P. R., Nurlaili, & Syarifin, A. (2018). Kesulitan Anak Usia Dini Dalam Berinteraksi Sosial Di Tk Negeri 09 Bengkulu Selatan. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 242–250.
Rahim, A. R. (2023). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Piaud Stai Darul Ulum Kandangan Dalam Keterampilan Berbicara. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 414–425. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.521
Sari, G. G., & Gusti, G. E. (2017). Penerapan Strategi Word To Mouth Dalam Sistem Jual Beli Di Kelompok Pengajian Salafi Kota Pekanbaru. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.30656/lontar.v5i1.483
Wahidah, A. F. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 4(1), 43–62. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940
Yoga Santoso, P., & Rezeky L Toruan, R. M. (2018). Strategi Marketing Public Relations Dalam Rebranding Hsbc Indonesia Untuk Membentuk Brand Awareness. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 1–14.
Zahrah, A., Wardah, F. A., Frastystyandarum, F., Anggreani, S., A.M, P. I., & Sholihatin, E. (2023). Pemilihan Bahasa Dalam Strategi Marketing Pengiklanan Produk Sprite Melalui Media Televisi. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, Viii(I), 1–19.
Zain, M. J., & Sungkono. (2024). Strategi Pengembangan Branding dan Identitas Visual Untuk Mempromosikan Produk pada Donat Bahagia Galaxy. Jurnal Serambi Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 506–513.
















