ANALISIS PENGARUH METODE PEMBELAJARANTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 15 DESA PADANG GENTING KAB. BATU BARA
DOI:
https://doi.org/10.70248/jolale.v1i3.1349Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan membaca siswa di SDN 15 Padang Genting, dengan fokus pada pentingnya keterampilan membaca dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, observasi di kelas, dan analisis dokumen hasil belajar siswa. Metode ini memungkinkan pengumpulan informasi yang mendalam mengenai praktik pembelajaran yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang interaktif dan bervariasi, seperti penggunaan media visual, diskusi kelompok, dan pendekatan berbasis teks naratif, secara signifikan meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap teks bacaan. Sebaliknya, metode yang monoton dan berpusat pada guru cenderung menghambat perkembangan keterampilan membaca. Selain itu, dukungan keluarga dan ketersediaan bahan bacaan di sekolah juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa. Simpulan, Pemilihan pendekatan pendidikan yang tepat sangat memengaruhi kemampuan membaca siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru menerapkan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan beragam untuk meningkatkan pembelajaran membaca di sekolah, guna mendukung perkembangan keterampilan literasi siswa.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Kemampuan Membaca, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran Interaktif, Evaluasi Pendidikan
References
Ahsanti, A. (2015). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup (Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas). 6.
Ali, M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100–120. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.27
Althafullayya, M. R., Al-Qur’an Dan Tafsir, I., Ushuluddin, U., Islam, N., Sultan, S., & Kasim, R. (2024). Peran Pendidikan Karakter Untuk Generasi Muda Berdaya Tahan dalam Mendukung Ketahanan Nasional: Analisis Holistik. Journal Education Innovation E-ISSN, 2(1), 163–174. https://jurnal.ypkpasid.org/index.php/jei
Amelia Innayah, Zamzam Mustofa, & Mukminin, A. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Siswa Melalui Program Kelas Keterampilan Tkr (Tata Kecantikan Kulit Dan Rambut) Dan Tokr (Teknik Otomotif Dan Kendaraan Ringan) Di Man 2 Ngawi. Jurnal Tawadhu, 7(1), 24–32. https://doi.org/10.52802/twd.v7i1.524
Anwar, M. (2022). Green Economy Sebagai Strategi Dalam Menangani Masalah Ekonomi Dan Multilateral. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 4(1S), 343–356. https://doi.org/10.31092/jpkn.v4i1s.1905
Istiqomah, N., Lisdawati, L., & Adiyono, A. (2023). Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 85–106. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4084
Kharizmi, M. (2015). Feldpostbrief des Staatlichen Gymnasiums Dresden-Neustadt. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21.
Mustaqim, D. Al. (2023). Strategi Fundraising Dan Program Pemberdayaan Masyarakat Untuk Meningkatkan Ekonomi Mustahik Pada Lembaga Filantropi Baznas Kabupaten Kuningan. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 1(1), 44–55. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i1.22
Nadiya, S., Akib, H., & Darwis, M. (2024). Pinisi Journal of Community Service. Pinisi Journal of Community Service, 1(1).
Nurahmad, H. (2008). Membangun Budaya Baca Di Lingkungan Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Meningkatkan Intelektualitas Mahasiswa.
Panessai, I. Y., Iskandar, D., Afriani, Pratiwi, & Effendi, E. (2021). Analisis Teknik Penerjemahan pada Abstrak Jurnal IJAI 6(1). Journal of Humanities and Social Sciences, 3(1), 9–22. https://doi.org/10.36079/lamintang.jhass-0301.187
Paul Tan Istandar. (2022). Menyelaraskan Pendidikan Akademis dan Moral Dalam Membangun Masyarakat Berkarakter Unggul. Jurnal Suara Pengabdian 45, 1(1), 71–83. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v1i1.881
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272.
Sudiadharma, Abdul Rahman, & Muhammadong. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Lompat Jauh. In Jurnal Multidisiplin Madani (Vol. 2, Issue 7). https://doi.org/10.55927/mudima.v2i7.801
Widiansyah, A. (2017). Peran ekonomi dalam pendidikan dan pendidikan dalam pembangunan ekonomi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 207–215.
Wiryawan, A. W. (2017). Strategi pembelajaran sejarah indonesia dalam membentuk karakter siswa di smkn 1 boyolangu. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 29–38.
















