PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN JASA O.R 44 HOTEL PAGAR DEWA KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.59407/jogapa.v1i1.408Keywords:
kualitas pelayanan, kepuasan konsumenAbstract
Masalah yang disampaikan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu?, seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan dengan teknik menggunakan accidential sampling yaitu teknik yang sesuai dengan kriteria peneliti yaitu merupakan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data dengan melakukan observasi, dokumentasi, kepustakaan dan kuesioner. Teknik analisis data dengan melakukan uji validitas dan reabilitas, analisis deskriptif, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian didapatkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu. Dari hasil hitung dengan rumus Determinasi ini diperoleh besarnya tingkat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu adalah sebesar 81,6%
References
A Muwafik Saleh. 2013. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Aprilia, A. P. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Travel Brow Lumajang.” Jurnal Aplikasi Bisnis.
Ariani. 2018. Manajemen Kualitas. Yogyakarta: Andi.
Arianto. 2014. “Analisis Kepuasan Konsumen Di Jati Roso Catering Service.” Vol. 1, No.
Asmadi Alsa. 2017. Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aspiani. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Jasa Transportasi Grab Online Di Kota Makassar.” Jurnal Skripsi.
Al Bataafi Wisnu. 2015. House Keeping Departement, Floer and Publick Area. Bandung: Alfabeta.
Bilson Simamora. 2018. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.
Buchari Alma. 2018. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Donni Junni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Endar Sugiarto. 2017. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Evi Laili Kumrotin. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Ko.We.Cok Di Solo.” Manajemen Indonesia vol.6. https://ojs.unimal.ac.id/jmi/article/view/4870.
Fandi Tjiptono. 2016. Manajamen Jasa. Yogyakarta: Andi Offiset.
Ghozali Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gusti Bagus Rai Utama. 2014. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
Hadi, Sutrisno. 2016. Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hessel Nogis. 2015. Manajemen Publik. Jakarta: PT. Grasindo.
Husein. 2016. Riset Pemasaran Dan Bisnis. Jakarta: Gramedia.
Jannah, Ana Miftahul. 2019. “Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus BRI Syariah KC Semarang).”
Kotler. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Muhammad Adam. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Peter dan Olson. 2014. Perilaku Konsumen Dan Strategi. Pemasaran. Edisi 9 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Philip Kotler& Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.
Ratih K. Dewi. 2015. “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Survei Pada Konsumen Tempat Wisata Jawa Timur Park 1 Kota Wisata Batu).” Vol. 28, N.
Rosnaini Daga, 2017. Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan, Sulawesi Selatan:Global Research and Consulting Institute
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offiset.
Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori Dan Praktik. Jakarta: UI. Press.
Wijaya. 2018. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT INDEKS.
Wijono, Djoko. 2014. “Tingkat Kepuasan Pengunjung Obyek Wisata Pantai Kuwaru Sanden Bantul Yogyakarta.” Jurnal. Universitas Proklamasi 45.
Zeithaml. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
















