PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS HULONTHALANGI

Authors

  • Salsa Bila Rivalya Malanua Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Lisda Van Gobel Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Agus Pariono Universitas Bina Taruna Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.70248/jogapa.v2i4.2996

Keywords:

Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Hulonthalangi. Dengan metode penellitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, sampel pada penelitian ini berjumlah 85 responden. Variabel penelitian terdiri dari variabel Kualitas Pelayanan (X) dengan Kepuasan Pasien (Y). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, dari hasil uji – t diperoleh nilai t hitung > t tabel (6,644>1,66342) dengan nilai signifikan yang di dapat yaitu 0,000<0,05, sehingga dapat di simpukan ditolak dan diterima atau dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Kepuasan Pasien (Y). Dalam nilai koefesien determinasi yang diperoleh sebesar 34,7%, yang disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X) memiliki kontribusi pengaruh terhadap variabel Kepuasan Pasien (Y) sebesar 34,7%, sedangkan sisanya 65,3% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini seperti loyalitas pasien, tingkat kunjungan ulang, citra dan reputasi, dan kepercayaan pasien. Disarankan Petugas sebaiknya meningkatkan komunikasi interpersonal dengan pasien, termasuk sikap ramah, empati, dan kesabaran dalam melayani, petugas lebih responsif terhadap keluhan atau pertanyaan pasien untuk kenyamanan pasien dalam pelayanan.

References

Andriani, D., & Wardana, M. A. (2023). Analisis Pengaruh Bekerja Dari Rumah, Budaya

Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan Kebun Sehat Jsr. Management Research and Business Journal, 1(1), 75–91.

Bagus S. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Omni Pulomas. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 2(2), 60–78. https://journal.stiepasim.ac.id/index.php/JMM/article/view/198

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.

Erviawan dan Regi Eka. (2019). Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (Ktp-El) Di Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung. 41.

Furqoni, M. (2021). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya, 70.

Irfani, R. (2019). Inovasi Pelayanan Pengurusan Akta Kelahiran Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Universitas Islam Riau.

Magdalena, N. M., Sihombing, S. B., & Candra, M. (2024). Hambatan dan standar pelayanan publik pada pemerintah daerah. Eksekusi: Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, 2(1), 279–285.

Malaludung, E. F. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW). STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. (2021). Pengaruh kualitas layanan persepsi harga dan cita rasa terhadap kepuasan konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 411–427.

Nahriyah, N. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Jalan Dengan Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Pekapuran Raya Kota Banjarmasin. Universitas Islam Kalimantan MAB.

Nst, V. F. H., Gaol, J. L., & Lubis, M. A. (2022). Pengaruh Etika Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Profesionalisme Kerja Pada Cv. Sentosa Deli Mandiri Medan. Jurnal Prointegrita, 6(3), 201–213.

Renggo, Y. R., & Kom, S. (2022). Populasi Dan Sampel Kuantitatif. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi, 43.

Ritonga, H. M., Pane, D. N., & Rahmah, C. A. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan emosional terhadap kepuasan pelanggan pada honda IDK 2 medan. Jumant, 12(2), 30–44.

Sari, L. R. (2020). Manajemen Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Studi Keputusan Kepala Desa dan Norma Adat Tentang Budaya Sadar Bencana Di Desa Sotol, Kabupaten Pelalawan). Universitas Islam Riau.

Sugiyono, P. D. (2017). METODE PENELITIAN ADMINISTRASI Dilengkapi dengan Metode R&B (S. . Apri Nuryanto, S.Pd. (ed.); 24th ed.). ALFABETA, cv.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, cv.

Sutha, D. W. (2018). Administrasi Perkantoran. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Ulya, M. (2020). Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit : Literatur Review. Unimus, 5–14. https://repository.unimus.ac.id

Journal of Governance and Public Administration (JoGaPA)

Volume 2, No 4 – September 2025

e-ISSN : 3031-7584

Wulandari, W. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT PARU DUNGUS MADIUN. STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.

Yusri, A. Z. dan D. (2020). Pengertian Administrasi Publik Menurut Para Ahli. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Yusuf, J. I. M. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh). Skripsi, 11(98), 1–7.

Zain, A. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Al-Maqashid: Journal of Economics and Islamic Business, 2(2), 47–54.

Downloads

Published

2025-09-10

Issue

Section

Articles