KEMAMPUAN APARAT DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI DESA HUNTU BARAT KECAMATAN BULANGO SELATAN KABUPATEN BONE BOLANGO

Authors

  • Januar Sepang Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Yahya Antu S.AB Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Tetty Thalib Universitas Bina Taruna Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.70248/jogapa.v2i4.2955

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan aparat Desa Huntu Barat dalam meningkatkan pelayanan publik, dengan fokus pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap aparatur desa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aparat desa telah memiliki pengetahuan teknis dan keterampilan dasar dalam pelayanan administrasi, termasuk penggunaan teknologi digital seperti aplikasi OSS. Namun, masih terdapat keterbatasan dalam menangani urusan kompleks dan kedisiplinan waktu. Sikap aparat dinilai ramah dan responsif, tetapi konsistensi kehadiran perlu ditingkatkan. Kesimpulannya, meskipun aparat desa memiliki modal kuat dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap, diperlukan peningkatan kapasitas adaptif, kedisiplinan, dan konsistensi untuk mencapai pelayanan publik yang optimal. Saran penelitian mencakup pelatihan holistik, evaluasi rutin, dan penguatan manajemen waktu.

References

T. L. G. (2018). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Galuh, 5(4), 18–19. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/1743/1407

Andhin Sabrina Zahra, Alfi Manzilatur Rokhmah, & M. Yunus Abu Bakar. (2024). Memahami Keterampilan dan Nilai Sebagai Materi Pendidikan dalam Perspektif Islam. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 251–267. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.914

Bambang Suprianto. (2023). Literature Review: Penerapan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(2), 123–128. https://doi.org/10.36982/jpg.v8i2.3015

Darmanto, M.Ed., D. (2019). Pengantar Ilmu Administrasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–9. http://repository.unpas.ac.id/9946/4/BAB II acul.pdf

Dkk, N. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Sumber Daya Manusia. In Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara (Issue 1).

Dr. ABDUL KADIR, SH, M. S. (2019). FENOMENA KEBIJAKAN PUBLIK dalam PERSPEKTIF ADMINISTRASI PUBLIK DI INDONESIA. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Dr. Vladimir, V. F. (2017). Ruang Lingkup Admnistrasi Negara. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Dusi, G. (2024). Reliabilist epistemology meets bounded rationality. Synthese, 203(4), 1–31. https://doi.org/10.1007/s11229-024-04525-y

Dwimawanti, I. . (2004). “Kualitas Pelayanan Publik.” In Jurnal ilmu Administrasi Publik (Vol. 1, pp. 109–116).

Fahmi, R. (2025). Pengertian Sikap dalam Psikologi. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, February, 1–60. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19413.13284

Mangimpis, A. C. (2018). Implementasi Kebijakan Administrasi Desa dalam Pelayanan Publik diKecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 8(1), 39–46.

Mingkid, E., & Harilama, S. H. (2018a). Komunikasi Organisasi Pemerintah Desa Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Pada Masyarakat Di Desa Pinapalangkow Kecamatan Suluun Tareran Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum), 4(1), 68–80.

Mingkid, E., & Harilama, S. H. (2018b). Komunikasi Organisasi Pemerintah Desa Dalam Tareran Kabupaten Minahasa Selatan. 4, 68–80.

Mohi, W. K. (2020). Implementasi Poac Fungsi Manajemen Pada Administrasi Keuangan Di Kantor Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 17(2), 70. https://doi.org/10.30651/blc.v17i2.5270

Mustanir, A., Hendrayady, A., Kusnadi, I., Purnamaningsih, P., Irawan, B., Wismayanti, K., Baihaqi, M., Bilgies, A., Harianto, R., & Grave, A. (2022). Teori Administrasi Publik (D. Sari (ed.); Pertama). PT Global Eksekutif Teknologi.

Nezha, R. (2014). Teori Administrasi Publik.

Oktaviani. (2018). Konsep Administrai Publik. 10–27.

Panjaitan, D. T. M. R., & Pardede, D. K. (2021). Administrasi Publik. CV.Eureka Media Aksara, 9. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/366050-administrasi-publik-d2451b92.pdf

Pasolong, H. (2019). Teori administrasi publik. Penerbit Alfabeta.

Pratiwi, F. W. (2016). Pengaruh Implementasi Kebijakan Terhadap Efektivitas Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Tarif Progresif di Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Provinsi Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan. 13–43.

Rahmat, D. R. (2022). Efektivitas Kinerja Aparatur Desa dalam Pelayanan Publik pada Kantor Desa Manis Kecamatan Pulau Rakyat Kabupaten Asahan. Skripsi Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Medan Area, 1–97. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18438

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods),. In Jurnal JPM IAIN Antasari Vol (Vol. 1, Issue 2). Alfhabetha.

Universitas, D., Sumatera, M., Universitas, D., & Sumatera, M. (2020). Tata kelolah pemerintah desa terhadap peningkatan pelayanan publik di desa pemantang johar. 14, 564–584.

Utami, P. (2023). Transformasi Administrasi Publik: Inovasi Dan Adaptasi Menuju Efisiensi Dan Pelayanan Publik Berkualitas. Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan Dan Politik, 6(2), 1–9.

Widanti, N. P. (2022). Prinsip Administrasi Publik. Jagat Langit Sukma.

Widanti, N. P. T. (2022). Prinsip administrasi publik. Jagat Langit Sukma.

Downloads

Published

2025-09-08

Issue

Section

Articles