PENGAWASAN PENYELENGGARAAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) OLEH BIDANG PENDIDIKAN NONFORMAL (PNF) DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEBUPATEN GORONTALO

Authors

  • Andri Hanafi Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Lisda Van Gobel Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Luthfia Bakari Universitas Bina Taruna Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.70248/jogapa.v2i4.2882

Keywords:

Pengawasan, PKBM, PNF, Dinas Pendidikan, Komunikasi, Kerja Sama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pengawasan yang dilakukan oleh Bidang Pendidikan Nonformal (PNF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo terhadap penyelenggaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Fokus utama dalam penelitian ini mencakup tiga aspek, yaitu frekuensi dan intensitas pengawasan, komunikasi, serta kerja sama antara pengawas dan pengelola PKBM. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan terhadap PKBM belum berjalan secara optimal. Pengawasan masih bersifat insidental dan belum terjadwal secara sistematis, sehingga tidak semua PKBM mendapatkan pendampingan yang merata. Komunikasi antara pihak PNF dan pengelola PKBM juga masih terbatas dan kurang terstruktur, yang menyebabkan kesenjangan informasi serta miskomunikasi dalam pelaksanaan program. Selain itu, kerja sama antara kedua pihak masih bersifat administratif dan belum menyentuh kolaborasi strategis yang dapat mendorong inovasi dan pengembangan lembaga PKBM secara berkelanjutan. Penelitian ini menyarankan agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Bidang PNF meningkatkan kualitas pengawasan dengan jadwal yang lebih teratur, membangun sistem komunikasi yang terbuka dan responsif, serta menciptakan pola kerja sama partisipatif guna memperkuat peran PKBM sebagai lembaga pendidikan nonformal yang adaptif dan berkualitas.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anthony, R. N., & Govindarajan, V. (2020). Management Control Systems.

Daft, R. L. (2021). Management.

Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021). No Title (1st ed.). CV. syakir Media Press.

Fakiha, K. (2021). Pengertian Manajemen Dari Berbagai Segi Menurut Ahli dan 4 Fungsi. In Detikedu.

Hakim, I. A., Waty, E. R., Husin, A., & . S. (2020). Studi Implementasi Standar Penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Di Sumatera Selatan. In Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah (Vol. 3, Issue 1, p. 181). https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v3i1.2981

Hoerniasih, N. (2017). Faktor Pendukung Keberhasilan Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) “Bina Sejahtera” Desa Pinayungan Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 125–133.

Irmawati, A.-. (2017). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Dalam Mengurangi Buta Aksara Di Kabupaten Karimun*). In Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 2, Issue 1, pp. 81–98). https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.579

Jones, G. R., & George, J. M. (2018). Contemporary Management.

Koontz, H., & Weihrich, H. (2016). Essentials of Management.

Mariska, S., & Sukiyah, S. (2023). Penerapan Teori Manajemen Hanry Fayol Untuk Menjalankan Bisnis. MANTRA (Jurnal Manajemen Strategis), 1(1), 1–8.

Marliani, L. (2018). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Galuh, 5(4), 17–18.

Muliyah, P. (2020). Fungsi Perencanaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Di Sub Bagian Penatausahaan Bagian Administrasi Keuangan Sekretariat Daerah Jawa Barat. Journal Geej, 7(2), 13–21.

Nanda, S. (2024). Metode Penelitian Kualitatif_ Pengertian, Jenis, & Contoh. Brain Academy.

Putri, R. A., Setyoko, P. I., & Indiahono, D. (2022). Ratio Legis Grand Design Reformasi Birokrasi: Upaya Perbaikan Dimensi Administrasi Publik dari Masa ke Masa. In Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan (Vol. 8, Issue 2). https://doi.org/10.37058/jipp.v8i2.5696

Qomaruddin, H. S. (2024). (PDF) Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam

Journal of Governance and Public Administration (JoGaPA)

Volume 2, No 3 – Juni 2025

e-ISSN : 3031-7584

Penelitian Kualitatif_ Perspektif Spradley, Miles dan Huberman.

Risdayani Pandiangan. (2015). (PDF) pengertian administrasi menurut para ahli.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2020). Management.

Saleh, S. (2017). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 1, 180.

Si Manis. (2023). Pengertian Pengawasan, Tujuan, Manfaat, Fungsi, Dan Jenis Pengawasan Menurut Para Ahli Lengkap. In Https://Www.Pelajaran.Co.Id/Pengertian-Tujuan-Manfaat-Fungsi-Dan-Jenis-Pengawasan-Menurut-Para-Ahli/.

Siagian, S. P. (2016). Filsafat Administrasi.

Sry Arlina, E. (2020). Penataan Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Budaya Pampang Kota Samarinda. EJournal Administrasi Publik, 8(3), 9414–9427.

Stoner, J. A. F., Freeman, R. E., & Gilbert, D. R. (2019). Management.

Suryadi. (2019). Pengawasan Pendidikan Nonformal dalam Perspektif Kebijakan Pendidikan Nasional.

Sutikno. (2021). Peran Strategis Pendidikan Nonformal dalam Pembangunan SDM.

Veronika. (2021). Pengertian Administrasi Publik: Sifat, Ruang Lingkup, Fungsi, Tujuan, dan Teorinya. In Gramedia.

Wiyani, N. A. (2020). Manajemen PKBM dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Nonformal.

YANI, P. (2023). Peran Pendidikan Nonformal Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Siswa (Studi Kasus Di Smp Nasional Plus Pelita Insani. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, Viii(I), 1–19.

Downloads

Published

2025-09-05

Issue

Section

Articles