TRANSFORMASI DIGITALISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KANTOR CAMAT BONGOMEME KABUPATEN GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.70248/jogapa.v2i4.2856Keywords:
Transformasi Digital, Kinerja, Pelayanan Publik, Pemerintahan Kecamatan BongomemeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak transformasi digitalisasi terhadap peningkatan kinerja pelayanan publik di Kantor Camat Bongomeme, Kabupaten Gorontalo. Transformasi digital mencakup penggunaan teknologi informasi dalam sistem administrasi, layanan masyarakat, dan pengelolaan data. Dengan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi digital mampu meningkatkan efisiensi kerja, mempercepat proses pelayanan, serta meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Namun, implementasi ini juga menghadapi tantangan seperti keterbatasan SDM, infrastruktur, dan literasi digital. Rekomendasi diberikan agar dilakukan pelatihan berkelanjutan dan penguatan dukungan dari pemerintah daerah.
References
Ajabar. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish.
Irfan, B., & Anirwan, A. (2023). Pelayanan Publik Era Digital: Studi Literatur. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 4(1), 23–31. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v4i1.477
Jafar, M. (2024). Dampak E-Government dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Tata Kelola Pemerintahan. Politika Progresif: Jurnal Hukum, Politik dan Humaniora, 1(4), 204–226. https://doi.org/10.62383/progres.v1i4.1303
Mangkunegara, A. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Balai Pustaka.
Mardiasmo. (2019). Public Sector Accounting. Jakarta: Salemba Empat.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugraha, Y., Rahayu, D., & Febriana, D. H. (2023). Pemanfaatan Transformasi Digital dan Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi kepada Masyarakat Desa Cibodas Kecamatan Cikajang. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(3), 59–69. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i3.1068
Nurhayati, N., & Patadungan, H. (2022). Pengaruh Implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Kab. Luwu. Jurnal Mirai Management, 7(2), 440–450. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2679
Siagian, S. P. (2012). Administrasi Pembangunan : Konsep, Dimensi dan Strateginya. Jakarta: Bumi Aksara.
Siagian, S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (5th ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Sutrisno, E. (2020). Manajemen Sumber daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syarifuddin, A., Ma’ruf, A., & Yusuf, M. (2022). Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Administrasi Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Makassar. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 3(5), 1586–1594. https://doi.org/10.26618/kimap.v3i5.10452
Yulanda, A., & Adnan, M. F. (2023). Transformasi Digital: Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik Ditinjau dari Perspektif Administrasi Publik. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 103–110. Retrieved from https://isora.safar.id/index.php/isora/article/view/13
Yulia, N. E., Irawan, A., & Fachril, F. (2025). Pengaruh Kompetensi, Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai dengan Pengalaman Kerja sebagai Pemoderasi. Advances in Management & Financial Reporting, 3(3), 580–605. https://doi.org/10.60079/amfr.v3i3.564
Yusman, Y., Putra, R. R., & Sinaga, I. (2024). Transformasi Administrasi Di Era Digital. Yogyakarta: Serasi Media Teknologi.
.
















