PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN AYAM DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN MOOTILANGO KABUPATEN GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.70248/jogapa.v2i4.2805Keywords:
Pengembangan Usaha, peternakan ayamAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan usaha perternakan ayam di Desa Sidomukti Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara menggunakan pedoman wawancara yang diajukan kepada beberapa responden. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan usaha peternakan ayam sangat dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu perluasan daerah pemasaran yang masih kurang maksimal dalam mengakses jaringan pemasaran kemampuan mengelola peternak ayam masih belum optimal, dan ketidakseimbangan antara harga pakan dan harga jual dalam hal ini masih kurang strategi membuat pakan lokal. Karena, ketiga aspek tersebut saling berkaitan dan harus dikelola secara seimbang untuk mendorong pengembangan usaha peternak akan ayam di Desa Sidomukti Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo Disarankan untuk mengembangkan usaha peternakan ayam kampung perlu ditingkatkan perluasan daerah pemasaran dalam pengelolaan akses jaringan pemasaran penjualan online sehingga dapat membangun kerja sama yang saling menguntungkan, untuk kemampuan mengelola sangat dibutuhkannya pelatihan teknis agar peternak mendapatkan ilmu-ilmu baru dalam mengembangkan, merawat dan mendistribusikan usaha peternakan ayam, serta ketidakseimbangan antara harga ransum dengan harga jual ayam diperlukan pelatihan pembuatan pakan lokal/mandiri yang dilakukan untuk mengurangi ketergantungan pada pakan komersial/toko dan menekan biaya produksi usaha ayam.
References
Bercomien Juliet Papilaya, J. L. & D. F. S. (2020). Pengembangan Peternakan Ayam Kampung Di Desa Ema Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon. BAKIRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–11.
Dewi, N. L. A. (2015). Pengaruh Sikap Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Mengelola Usaha Pada Peserta Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Undiksha Tahun 2015. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2), 1–11.
Diantara, L. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Fajar Riau Wisata Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 5(2), 100–105. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v5i2.365
Dimas Realino, Valeria Eldyn Gula, & Sofiana Jelita. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(4), 68–81. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i4.137
Dwi Lestanti. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PENGALAMAN USAHA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PERSEPSI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA PELAKU UMKM DI BOYOLALI. 274–282.
Figo, O., & Al, M. (2020). Pengertian Administrasi Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan. 2–7.
Fikram. (2023). Pemasaran merupakan suatu kegiatan bisnis yang dilakukan oleh individu maupun kelompok untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dan masyarakat. Jurnal Ternak.
Hasan, H. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Dokumentasi Terpusat Pada STMIK Tidore Mandiri. Jurasik (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer), 2(1), 23–29. http://ejournal.stmik-tm.ac.id/index.php/jurasik/article/view/32
Irawati, R. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Pembinaan Terhadap Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 74–84. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.18
Kotler, P. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro. Manajemen Pemasaran, Hlm 117-120, 15–56.
Kurniati, Y., Rahmat, A., Nugraheni, R., & Dahlan Malik, A. (2022). Pengembangan Peternakan dan Pemanfaatannya Sebagai Hewan Kurban Desa Mangli Kediri. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 8(2), 75–78. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v8i2.15828
Marliani, L. (2018). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Galuh, 5(4), 17–18.
Mutia Islamiati Mulyadi, A. N. (2022). Implementasi Perizinan Impor Bawang Putih (Studi Kasus Distributor Bawang Putih CV Niko Ester). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(5), 669–680.
Novaldy, T., & Mahpudin, A. (2021). Penerapan Aplikasi dengan Menggunakan Barcode dan Aplikasi untuk Laporan Presensi Kepada Orang Tua. ICT Learning, 5(1), 1–9.
Novita, N., Ivan’s, E., & Sari, N. A. (2023). Strategi Pengembangan Peternakan Ayam Petelur Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan, 26(2), 116–123. https://doi.org/10.22437/jiiip.v26i2.28844
Rusmanah, E., Irawan, A. W., & Andria, F. (2019). Implementasi Digital Marketing Guna Peningkatan Peluang Pasar Produksi Hasil Ternak Puyuh Masyarakat Desa Galuga. Jurnal ABM Mengabdi, 6(1), 14–24.
Salehah, A. (2018). Manajemen Kearsipan Dalam Ketatausahaan Di Min 3 Pringsewu. Manajemen Pendidikan Islam, 1–114.
Sari, L. (2019). Analisis pendapatan petani padi di Desa Bontorappo Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Jurnal Agribisnis, 1–19.
Subekti, E. (2020). Endah Subekti Peranan Bidang Peternakan .......... Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(2), 32–38.
Suryani, N. K., Riswandi, P., Hasbi, I., Rochmi, A., Kaitupan, D. J. I., Hasan, M., Setiorini, H., Sudirman, A., Muftiasa, A., Yanti, N. N. S. A., Yuniarti, R., Loppies, Y., & Arta, I. P. S. (2021). Manajemen Dan Bisnis. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 4, Issue March).
Widyawati, N., Mahriani, E., Yudawisastra, H. G., Zulfikar, R., Bagenda, C., Aziz, L. H., Sintha, L., Suharyati, S., Ratri, W. S., Wattimena, C. M. A., Satmoko, N. D., & Setianingsih, R. E. (2023). Pengantar Administrasi Bisnis.
Wiranata, M. A. (2024). Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Ayam Kampung Kabupaten Jember. 4(1), 96–107.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). 157–165.
















