MODEL PENGAWASAN PENCAPAIAN SERVICE LEVEL AGREEMENT LAYANAN KEPELABUHUNAN OLEH KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN KELAS IV ANGGREK

Authors

  • Fajerin Rachman Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Ellys Rachman Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Lisda Van Gobel Universitas Bina Taruna Gorontalo

Keywords:

Pengawasan, Standar Layanan, Pelabuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis model pengawasan pencapaian Service Level Agreement (SLA) layanan kepelabuhanan di Pelabuhan Anggrek oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Anggrek, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pencapaian SLA tersebut. Penelitian ini berfokus pada dua aspek utama, yaitu model pengawasan dan faktor penentu pencapaian SLA, yang masing-masing dikaji melalui enam subfokus: standar layanan, evaluasi, perbaikan, komitmen, koordinasi, dan sumber daya manusia. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan strategi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada tujuh informan dari unsur KSOP dan operator pelabuhan PT. AGIT, observasi terhadap kegiatan operasional, serta dokumentasi terhadap dokumen terkait. Analisis data dilakukan secara bertahap melalui teknik domain untuk mengidentifikasi kategori utama, taksonomi untuk mengelompokkan pola-pola hubungan, dan analisis konten untuk menarik kesimpulan tematik berdasarkan narasi informan dan konteks lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan pencapaian SLA belum berjalan optimal. Standar layanan belum menjadi alat kendali dalam pengawasan, evaluasi belum dilakukan secara terstruktur dan kolaboratif, serta mekanisme perbaikan belum berbasis sistem. Faktor komitmen, koordinasi, dan kapasitas SDM juga menjadi kendala signifikan dalam pencapaian SLA. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan model pengawasan yang terintegrasi, pembentukan forum evaluasi bersama, serta peningkatan kapasitas SDM secara sistemik dan berkelanjutan.

 

References

Huriyati, I. M., & Khairul. (2024). Pengembangan Kapasitas Pemerintahan Nagari dalam Pengelolaan Dana Desa Nagari Jambak Kabupaten Pasaman. Journal Of Social Science Research, 4, 2493–2503

Husnifal. (2023). Punishment Untuk Peningkatan Produktifitas Pascasarjana Universitas Medan Area Telah Diuji Pada 14 April 2023 Panitia Penguji Tesis : Ketua. Universitas Medan Area, 14-Apr-2023, 115 Halaman.

Israyadi, M., Puspitawati, D., Widagdo, S., & Suryokumoro, H. (2022). Synergy of port authority and port business entity in maintenance of shipping flows and port pools in commercial ports. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 11(6), 552–559.

KPBUPelabuhanAnggrek. (2021). Perjanjian KPBU Pelabuhan Anggrek Provinsi Gorontalo. Kementerian Perhubungan dan PT. Anggrek Gorontalo Internasional Terminal.

Lubis, W. U., & Zulkarnain, Z. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(1), 69–97.

Nurnaningsih. (2024). Implementasi Kebijakan Elektronifikasi Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (EBPHTB) pada Badan Pendapatan Daerah Kota Baubau. Administratio : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 13, 143–150.

PM36. (2012). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 36 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan.

PM50. (2021). PM 50 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pelabuhan Laut. Pemerintah Republik Indonesia.

Ridlo, U. (2023). Metode Penelitian Studi Kasus. Publica Indonesia Utama.

Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., Astiti, K. A., Hikmah, N., & Fasa, M. I. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Zahir Publishing.

Rozaki, J., & Suhartono, B. (2024). Implementasi Kebijakan Penilaian Pelaksanaan Anggaran Pada Satker Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Tahun 2022. Jurnal Pembangunan dan Administrasi Publik, 6, 1–12.

RPJMN. (2020). Rencana PembangunanJangka Menengah Nasional(RPJMN) 2020-2024. Pemerintah Republik Indonesia, 313.

Suacana, I. W. G. (2025). IManajemen Sektor Publik. CV. Rey Media Grafika.

Sudirman, Riski, Y. all. (2023). Manajemen Mutu. In Gunadarma University (Nomor 7).

Sumarto, R. H. (2018). New Public Service Pada Pelayanan Kesehatan (Kajian Pelayanan Kesehatan melalui BPJS Kesehatan). Public Corner, 13(2), 1–12.

Syafiie Inu Kencana. (2020). Ilmu Administrasii Publik. In Rineka Cipta (Ed.), PT. Rineka Cipta. PT. Rineka Cipta.

Tanny, F. J., & Putri, R. R. (2017). Sumber Daya Organisasi dan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan di Perdana Elektronik. Agora, 5(3), 1–6.

Wahyu, D. (2024). Service Level Agreement Adalah : Pengertian dan Manfaatnya. www.weefer.co.id.

Yunanta, & Sri Umiyati. (2023). Koordinasi Antar Instansi Dalam Pelaksanaan Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni Kota Surabaya. Policy and Maritime Review, 2(1), 45–49.

Zakirin, M., & Arifin, J. (2022). Evaluasi Kebijakan Dilihat Dari Aspek Dampak Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Desa Hayaping Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur. Jurnal Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 5(1), 256–271.

Downloads

Published

2025-09-12

Issue

Section

Articles