PENGARUH PENDAMPINGAN DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA METRO TERHADAP STRATEGI PEMASARAN BAGI UMKM DI KOTA METRO PROVINSI LAMPUNG

Authors

  • Biyan Naufal Mas'ud Universitas Malahayati
  • Lestari Wuryanti Universitas Malahayati
  • Euis Mufahamah Universitas Malahayati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70248/jogapa.v2i4.2718

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendampingan dan kebijakan pemerintah Kota Metro terhadap Strategi Pemasaran Bagi UMKM Di Kota Metro Provinsi Lampung, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, menggunakan alat pengumpulan data kuesioner atau angket. Analisis penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 25. Dengan populasi 100 UMKM Kota Metro. Teknik pengumpulan sampel penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan sampel jenuh. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendamping secara parsial terhadap Strategi Pemasaran Bagi UMKM Di Kota Metro Provinsi Lampung, dan terdapat pengaruh kebijakan pemerintah Kota Metro secara parsial terhadap Strategi Pemasaran Bagi UMKM Di Kota Metro Provinsi Lampung. Terdapat pengaruh antara pendampingan dan kebijakan pemerintah Kota Metro secara simultan terhadap Strategi Pemasaran Bagi UMKM Di Kota Metro Provinsi Lampung dengan memiliki persentase sebesar 61,5% dan sisanya 38,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel lain yang tidak diteliti.

 

References

Agung, A., Ari, I., & Dewi, A. (2019). Kebijakan Daerah Kecil. Jurnal Penelitian Hukum, 28(1), 83–107.

Alviani, D. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi pada UMKM Resto Ayam Desa di 21 Yosodadi Kecamatan Metro Timur Kota Metro).

Anam, K. (2019). Strategi Pemerintah dalam Pengembangan UMKM di Kabupaten Jepara. 1–11.

Dewi Ratnasari. 2017. Analisis Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Pendampingan, dan Strategi Pemasaran UMKM Terhadap Perkembangan UMKM BMT Kube Sejahtera Unit 020 Tlogoadi Sleman Yogyakarta.

Elwisam, & Lestari, R. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif dan Orientasi Pasar untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM. Jurnal Riset Dan Bisnis, 4(2), 277–286.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gilad James, Ph. D. 2023. Pengantar Ekonomi Makro.

Islami, W. N., Supanto, F., & Soeroyo, A. (2021). Peran Pemerintah Daerah dalam Mengembangkan UMKM yang Terdampak Covid-19. 2(1), 45–57.

Jannatin, R., Wardhana, M. ., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Implementation and Action, 2(2).

Mashuri. (2019). Analisis strategi pemasaran umkm di era 4.0. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 215–224.

Nawawi, A., Gunawan, C. I., & Sasmito, C. (2023). Strategi pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengelola usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ) di Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Jurnal Paradigma Ekonomika, 18(1), 27–36.

Nirwana, D. C., Muhammadia, & Hasanuddin, M. (2017). Peran Pemerintah dalam Pembinaan Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Enerekang. Jurnal Adminitrasi Publik, 3(April), 1–14.

Noorina, N. 2019. Manajemen UMKM Bagi Wanita. Pustaka Adadi. Jawa Timur.

Ondang, C., Singkoh, F., & Kumayas, N. (2019). Peranan Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kabupaten Minahasa (Suatu Studi Di Dinas Koperasi Dan UKM). Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1–10.

Rahmanissa, Putri. 2018. pengaruh Bantuan Modal, Pelatihan Keterampilan, dan Pendampingan Terhadap Pendapatan Mustahik Pada Pemberdayaan Zakat, Infak, dan Shadaqah Baznas Kota Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sadono Sukirno. 2019. Makroekonomi Teori Pengantar Ed. 3 (Perpustakaan Nasional). Salam, M. D., & Prathama, A. (2022). Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan

UMKM. Jurnal Kebijakan Publik, 13(2), 137–143.

Salim, Gendro. (2014). Effective Coaching. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer.

Sugeng, Lubar Prsatowo. 2020. Analisis Kompetensi Pelaku Usaha, Peran Dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Kinerja Ukm Di Kota Tangerang Dengan Kreativitas Strategi Pemasaran Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi & Bisnis Volume 25, Nomor 2, Januari 2020 P-ISSN: 1411 - 545X | E ISSN: 2715-1662

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RdanD. Penerbit: Alfabeta, Bandung.

Tirtayasa, S., & Mukmin, M. (2017). Factor Analysis Of Competitiveness Small Medium Industry Case In Serdang Bedagai District North Sumatra Indonesia. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(9), 157–161.

Tutik Siswanti. 2020. Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal Bisnis dan Akuntansi Unsurya Vol. 5, No. 2, Juni.

T Prasetyo Hadi Atmoko. 2018. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, Vol. 1 No. 2, Oktober.

Widya D, A. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Kecil Sektor Industri Pengolahan di Kota Malang Jibeka Volume 11 Nomor 2, . STIE ASIA Malang, Februari.

Wuryandani, D., & Meilani, H. (2013). Peranan Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (The Role of Local Governments in Development Policy Micro Small and Medium Enterprises in the Province of Yogyakarta). Jurnall Ekonomi & Kebijakan Publik, 4(1), 103–115. lampung.bps.go.id.statictable/2023/10/30/555 (diakses pada 21Mei 2024)

Downloads

Published

2025-09-04

Issue

Section

Articles