INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI DIGITAL DESA (DIGIDESA) DI DESA PANDAU JAYA KECAMATAN SIAK HULU

Authors

  • Nahda Alfira Universitas Islam Riau
  • Dita Fisdian Adni Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.70248/jogapa.v1i4.1084

Keywords:

Inovasi, Pelayanan Publik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya pelaksanaan inovasi pelayanan publik Digital Desa (DIGIDESA) di Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pelayanan publik berbasis aplikasi Digital Desa (DIGIDESA) di pemerintahan Desa Pandau Jaya Kecamatan siak Hulu dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambat yang ditemui oleh pemerintah desa Pandau Jaya dalam pelaksanaan inovasi pelayanan publik digital desa. Penelitian ini menggunakan teori inovasi pelayanan publik oleh Rogers untuk menganalisa penerapan DIGIDESA di Desa Pandau Jaya dengan beberapa kriteria diantaranya; keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan diamati. Adapun metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan penetapan informan menggunakan teknik purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan DIGIDESA di Desa Pandau Jaya masih belum telaksana dengan baik karena meskipun telah memenuhi kriteria penerapan suatu inovasi pelayanan, namun faktanya pelayanan DIGIDESA masih belum optimal dan masyarkat lebih banyak dilayani secara manual. Faktor penghambat penerapan DIGIDESA di Desa Pandau Jaya adalah pertama, kurangnya informasi dan sosialisasi yang diberikan pada masyarakat sehingga banyak masyarakat yang kurang mengetahui inovasi ini. Kedua, karena keterbasan sumber daya manusia masyarakat desa maupun sebagian besar perangkat Desa Pandau Jaya sehingga inovasi pelayanan public DIGIDESA di Desa Pandau Jaya belum terlaksana dengan maksimal.

References

Aritonang, D. M. (2017). The Impact of E-Government System on Public Service Quality in Indonesia. European Scientific Journal, ESJ, 13(35), 99. https://doi.org/10.19044/esj.2017.v13n35p99

Bambang Irawan. (2013). Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik Bambang. Jurnal Paradigma, Vol. 2 No.(29 Suppl), 174–201.

Dewi, C. R., & Suparno. (2021). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(1), 39–46. https://doi.org/10.54783/dialektika.v19i1.62

Dita Fisdian Adni, Satrio Abdillah, S. J. (2023). Passport Service Innovation Through the “Jemput Bola Berbasis HAM” Program by Immigration OfficeClass 1 TPI Pekanbaru. KEMUDI: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 8(6), 8–16.

Eprilianto, D. F., Pradana, G. W., & Sari, Y. E. K. (2020). Digital Inovasi Sektor Publik : Efektivitas Kolaborasi Dalam Implementasi Inovasi Dega Digital. Jurnal EL-RIYASAH, 10(2), 127. https://doi.org/10.24014/jel.v10i2.8909

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Febrian, R. A. (2018). Inovasi Daerah dari Perspektif Regulasi, Konseptual, dan Empiris. Jurnal Kajian Pemerintahan, IV(file:///C:/Users/asus/Downloads/document.pdffile:///G:/_/__/ARTIKEL/jurnal dan artikel ku/document.pdf), 44–55.

Grout, P. A., & Stevens, M. (2003). The assessment: Financing and managing public services. Oxford Review of Economic Policy, 19(2), 215–234. https://doi.org/10.1093/oxrep/19.2.215

Hermawan, S., & Herman, H. (2021). Kajian Terhadap Tindakan Administrasi Pada Kekuasaan Yudikatif Pasca Berlakunya Undang-Undang Administrasi Pemerintahan. Jurnal Legislasi Indonesia, 18(1), 59. https://doi.org/10.54629/jli.v18i1.674

Lambuasi, D. H., Pangemanan, S., & Monintja, D. (2020). Inovasi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Essang Selatan. Jurnal Eksekutif, 2(5), 1–9.

Luana, Mudjiyanto, B., Nugroho, A. C., Tawaang, F., & Lusianawati, H. (2022). Mahasiswa Dan Realitas Kuliah Online ( Analisis Persepsi Mahasiswa Di Ruang Teks Opini Media ). 22(2).

Muslim, & Hadi, L. (2022). Pelayanan Publik (III). Kreasi Edukasi.

Nazirwan, N., Anita, D., & ... (2023). Pelayanan Publik Berbasis Digital di Kantor Desa Santur Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Jurnal Ilmiah Ekotrans …, 3(1), 7–12.

Nurcholis, H. (2011). Pertumbuhan dan Penyelengaran Pemerintah Desa. Jakarta: Erlangga(2011), 22, 17–36.

Nursanti, Madani, M., & Abdi. (2022). Inovasi Layanan Sistem Informasi Kesehatan Terpadu Berbasis Website Di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng. Unismuh, 3(1), 15–30.

Ramadhaniati, N. S. (2022). IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITALISASI DESA MOJOMALANG (Studi Kasus : Layanan Mandiri). Jurnal Ivovasi Penelitian, 3(4), 5673–5678.

Ristiani, I. Y. (2020). Manajemen pelayanan publik pada mall pelayanan publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Coopetition, X(2), 165–178.

Rohman, A., & Larasati, D. C. (2020). Standar Pelayanan Publik Di Era Transisi New Normal. Reformasi, 10(2), 151–163. https://doi.org/10.33366/rfr.v10i2.1952

Sabeni, H., & Setiamandani, E. D. (2020). Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(1), 43–52. https://doi.org/10.33366/jisip.v9i1.2214

Solong, A., & Muliadi. (2020). INOVASI PELAYANAN PUBLIK. 10, 76–86.

Susilawati, F. E., Yanti, R., & Erni. (2023). Transformasi Digital Pemerintah (Studi Kasus: Implementasi e-Government dan Hambatannya). Journal Social Society, 3(2), 80–94.

Syafiie, I. K. (2016). Ilmu Pemerintahan (Suryani (ed.); IV). PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-09-15

Issue

Section

Articles