ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBUATAN VIDEO MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL STUDI RISET PASAR

Authors

  • Adita Az-Zahra Nareswari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Hunafa Nabililmuna Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Darmawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.59407/jmie.v1i3.617

Keywords:

Riset pasar, Media sosial, Video matematika

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang berperan penting dalam kehidupan manusia. Namun, sifat matematika yang abstrak menjadikan matematika tampak sebagai ilmu yang sulit dipelajari bagi siswa. Video matematika dengan pendekatan kontektual menjadi solusi inovatif dalam membantu siswa mengatasi kesulitan belajar matematika dengan mengaitkannya pada permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan media sosial sebagai platform efektif untuk menyebarkan informasi menjadi dorongan utama dalam mendistribusikan video tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menerapkan strategi serta segmentasi potensi target pasar yang optimal di media sosial untuk video matematika dengan pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui survei kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan popularitas kanal "Behind The Math" di kalangan mahasiswi 20 tahun, terutama di platform Instagram. Strategi yang direkomendasikan adalah menyajikan konten yang menarik, mengedukasi, dan relevan bagi penonton, dengan potensi pertumbuhan melalui peningkatan jumlah pengikut, interaksi yang tinggi, dan dampak positif bagi mahasiswi. Dengan konten kreatif dan interaktif, kanal "Behind The Math" siap bersaing dengan kompetitor

References

Ayuba, B., & Kazeem, A. O. (2015). The Role of Marketing Research on the Performance of Business Organizations. European Journal of Business and Management, 7(6), 148–155.

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: Tiktok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Maulida, S. H. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatika Melalui Permainan Tradisional Engklek. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 7(1), 36.

Pradipta, G. I., Sari, N. K., & Farida, E. (2023). Analisis Riset Pasar pada Usaha Menengah Ke Atas (UMKM) di Indonesia. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura.

Ramadhan, R. (2020). Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Baru di Zaman Digital. Multaqa Nasional Bahasa Arab, 3(1).

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Rusmana, I. M. (2019). Literasi Matematika sebagai Solusi Pemecahan Masalah dalam Kehidupan. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 478.

Sari, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Media Sosial Instagram pada Materi Lingkaran di SMP. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 121.

Syamsuddin, S., & Utami, M. A. P. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 34.

Tjiptono, F. (2023). Riset Pemasaran. Andi Publisher.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles