DETERMINASI LINGKUNGAN SOSIAL, PENDIDIKAN, DAN EKONOMI TERHADAP MINAT WIRAUSAHA IBU RUMAH TANGGA

Authors

  • Suriadi Suriadi Universitas Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Ahmad Yasir Universitas Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Malfiandri Malfiandri Universitas Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Zulkan Zulkan Universitas Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Radimin Radimin Universitas Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

DOI:

https://doi.org/10.70248/jmie.v2i4.2371

Abstract

elitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi lingkungan, tingkat pendidikan, dan soft skill terhadap minat berwirausaha ibu rumah tangga di Kabupaten Sambas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 99 responden. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kondisi lingkungan dan soft skill berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, sedangkan tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha ibu rumah tangga di Kabupaten Sambas. Namun, besarnya pengaruh ketiga variabel tersebut hanya sebesar 33%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya dukungan lingkungan dan pengembangan soft skill dalam meningkatkan minat berwirausaha di kalangan ibu rumah tangga.

 

Kata Kunci : Minat Berwirausaha, Ibu Rumah Tangga, Kondisi Lingkungan, Tingkat Pendidikan, Soft Skill

References

Afifah, Z., Pardiman, & Khalikussabir. (2016). Analisa Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha ( Studi Pada Mahasiswa Feb Universitas Islam Malang Angkatan 2016). 82–94.

Ardiyanti, N., & Rahman, R. (2023). Soft Skills dan Keberhasilan Usaha Mikro Perempuan di Daerah Pedesaan. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 14(1), 55–66.

Aprilianty, E. (2013). Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 311–324. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1039

Budiati, Y., Yani, T. E., & Universari, N. (2012). Minat Mahasiswa menjadi Wirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang). J. Dinamika Sosbud, 14(1), 89–100.

Dahlan, M. (2017). Psikologi Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Dewi, D. A. L. (2015). Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Perekonomian Keluarga Studi Kasus Di Desa Gunem Kabupaten Rembang. Buletin Bisnis Dan Manajemen, 01(01), 38–45.

Dewi, I. A. (2017). Psikologi Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Fajar, A., Syam, A., Rahmatullah, Rakib, M., & Tahir, T. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Kreativitas Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirusaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makssar. 1(2), 34–43.

Herwanto, D. (2018). Analisis Konstribusi Pendapatan Ibu Rumah Tangga Pemetik Jambu Biji Pada PT. Nusantara Tropical Farm (NTF) Terhadap Pendapatan Keluarga Di Kabupaten lampung Timur. Managemen Dan Bisnis, XVIII(2), 144–152.

Hisrich, R. D. (2015). Entrepreneurship (10th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Husain, U. (2019). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Makassar: CV Nur Lina.

Ihsan, F. (2013). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Inanna, I., Makassar, U. N., Rahmatullah, R., Makassar, U. N., Haeruddin, M. I. M., Makassar, U. N., Marhawati, M., & Makassar, U. N. (2020). Silk Weaving As A Cultural Heritage In The Informal Entrepreneurship Education Perspective. 23(1), 1–11.

Junaidi, H. (2017). Ibu Rumah Tangga: Streotype Perempuan Pengangguran. An Nisa’a, 12(1), 77–88.

Maiti, & Bidinger. (1981). Analisis Minat Berwirausaha Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga Di Desa Salubarani Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mulyani, S., Fitria, L., & Anggraeni, D. (2022). Pengaruh Pendidikan Formal terhadap Literasi Kewirausahaan Perempuan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 10(2), 130–142.

Nurjanah, E., Sulastri, R., & Handayani, W. (2020). Pelatihan Soft Skill untuk Meningkatkan Minat Wirausaha Perempuan. Jurnal Pemberdayaan Perempuan, 8(1), 88–97.

Learning Model on Entrepreneurship Subject to Improve Students’ Soft Skills. Dinamika Pendidikan, 11(1), 65–73. https://doi.org/10.15294/dp.v11i1.8703

Sikap, P., Dan, P., & Keluarga, L. (2016). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Tantangan dalam pembangunan suatu negara adalah menangani masalah pengangguran . Badan Perencanaan Nasional ( Bappenas ) menunjukkan bahwa angka pengangguran di Indonesia masih san. 5(8), 5155–5183.

Rakib, M. (2010). Komunikasi dalam Kewirausahaan. Makassar: UNM Press.

Rahmadi, Y., & Heryanto, R. (2016). Minat Wirausaha Mahasiswa dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 6(1), 45–53.

Sari, D., & Prasetyo, W. (2021). Peran Lingkungan Keluarga dalam Membentuk Minat Wirausaha pada Perempuan. Jurnal Sosial Ekonomi, 19(2), 76–85.

Sucipto, E. E. (2019). Minat Ibu Rumah Tangga Berwirausaha Secara Online. Agora:, 7(2014).

Talipi, S. B., L. S, B. O., & Moniaga, V. R. B. (2018). Kontribusi Ibu Rumah Tangga Terhadap Pendapatan Keluarga (Studi Kasus: Pengrajin Kerawang Di Desa Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo). Agri-Sosioekonomi, 14(1), 271.

Suryana, Y., & Katib, M. (2013). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausaha Sukses. Jakarta: Kencana.

Tifany Citrayantie1, Darwis Said2, M. (2019). Kurs : Jurnal Akuntansi , Kewirausahaan dan Bisnis. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(2), ISSN 2527-8223.

Tumiwa, J. R. (2015). Analisa Pengaruh Pendidikan Terhadap Pendapatan Sebuah Analisa Jalur. Journal Of Asean Studies On Maritiem Issues, 1(1), 15–23.

Wibowo, M. (2011). Pembelajaran Kewirausahaan dan Minat Wirausaha Lulusan SMK. Eksplanasi, 6(2), 109–122.

Widiyarto, B. (2017). Soft Skills dalam Dunia Kerja. Yogyakarta: Deepublish.

Yulianti, I. (2013). Pengaruh Mata Pelajaran Kewirausahaan Dan Motivasi Siswa Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Di Smk Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelang. Oikonomia: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2).

Hendrawan, J. S & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian JOurnal of Innovation and Entrepreneurship, 2 (03), 291-314.

Hendro, M. M. (2011). Dasar-dasar Kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiswa untuk Mengenal, Memahami dan Memasuki Dunia Bisnis, Jakarta:Erlangga.

Kearney, C. Hisrich, R., & Roche, F. (2008). A conceptual model of public sector corporate entrepreneurship and management journal, 4(3),295-313.

Komsi, K. (2013). Analisis Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal terhadap Minat Berwirausaha. Proceding PESAT, 5(1998),1-7

Naufalin, L, R., Dinanti, A., Krisnaresanti, A., & Article, H. (2016). Experiential Learning Model on Entrepreneurship Subject to improve Students Soft Skill. Dinamika Pendidikan, 11(1), 0-216. https://doi.org/10.15294/dp.v11i1.8703.

Noviantoro, G., & Rahmawati, D (2018). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 6 (1) .

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles