PENGARUH ARTIFICIAL INTELLEGENCE (AI) TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PELAJAR ATAU MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH

Authors

  • Catarine Vernanda Universitas Bina Sarana Informatika
  • Viona Citra Dewi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Yakobus Yakobus Universitas Bina Sarana Informatika
  • Wanti Eka Jayanti Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70248/jismdb.v2i4.2543

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Artificial Intelligence (AI) terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah. Di era digital, penggunaan AI telah menjadi bagian integral dalam aktivitas akademik mahasiswa, namun dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis masih menimbulkan perdebatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex-post facto dan metode survei terhadap 100 responden. Hasil menunjukkan bahwa AI memiliki dampak dualistik: di satu sisi, AI membantu mahasiswa dalam melihat perspektif baru, meningkatkan efisiensi pengolahan informasi, dan mendukung aktivitas berpikir tingkat tinggi; di sisi lain, terdapat kekhawatiran terhadap ketergantungan yang dapat melemahkan kemampuan berpikir mandiri dan analitis. Temuan ini menegaskan perlunya strategi pembelajaran yang seimbang dan pengembangan literasi AI yang disertai pelatihan berpikir kritis, agar AI dapat berfungsi sebagai alat bantu yang memperkuat, bukan menggantikan, kemampuan kognitif mahasiswa

References

Abidin. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Agustinasari, A. &. (2024). Transformasi Proses Belajar dengan AI: Implikasi pada Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial,, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.53299/diksi.v6i1.1312.

Agustinasari, A. &. (2025). Transformasi Proses Belajar dengan AI: Implikasi pada Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, , 6(1), 1–8. https://doi.org/10.53299/diksi.v6i1.1312.

Apriliani. (2024). Penggunaan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(1), 15–21. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v7i1.33262.

Creswell. (2019). . Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches . Jakarta: Penerbit Nusa Media.

Friyatmi, A. &. (2025). Pengaruh Pemanfaatan Artificial Intelligence dan Literasi Digital terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6241–6246. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8142 .

Gustina, P. F. (2024). Analisis Sikap Mahasiswa terhadap Kecerdasan Buatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, , 4(1), 975–981. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46130.

Hadi, N. &. (2025). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media AI terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. IIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1333–1341. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.

Harmilawati. (2024). Peran Teknologi AI dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Sentikjar,. Prosiding Seminar Nasional Sentikjar, 26–31. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v3i0.3134.

Lestari, V. A. (2024). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PAI melalui Literasi Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6155–6165. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13336.

Nasution, J. S. (2025). Dampak Negatif Penggunaan AI Terhadap Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran. . Jurnal pendidikan, 3(1), 35–42.

Nugraha, N. J. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar PAI di SDIT Adzkia 1 Sukabumi. . Jurnal Arjuna, 1(4), 166–180. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i4.93.

Ratna Amalia, S. D. (2025). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) terhadap Berpikir Kritis Mahasiswa. . Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(3), 4861–4866. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pedi.

Rivaldo Janter Tampubolon, A. A. (2024). Pengaruh Kecerdasan Buatan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa . Jurnal Ilmu Komputer, Teknik dan Multimedia. , 2(5).

Ryani Adiyanti, T. N. (2025). Efektivitas ChatGPT untuk Meningkatkan Berpikir Kritis serta Argumentatif Siswa SMA melalui Debat Edukatif. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 2(4), 425–433. https://doi.org/10.6201.

Sari. (2018). Pembelajaran Inkuiri dan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, A. A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Inkuiri. . Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 118–129. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.225.

Siallagan, Y. A. (2024). Penggunaan Kecerdasan Buatan AI Mengakibatkan Krisis Pemikiran Kritis Pelajar dalam Dunia Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 47679–47683.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Tika M. Sari, S. S. (2024). Analisis Literature: Pengaruh AI-Based Feedback terhadap Perkembangan Critical Thinking Skills Siswa SMP. . Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(3), 1–11. https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4611 .

Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. . Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2025-07-08

Issue

Section

Articles