FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO MUSLIMAH ITA SAMARINDA

Authors

  • Gusti Aulia Rahman Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
  • Norvadewi Norvadewi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
  • Yusran Yusran Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.70248/jismdb.v2i1.1296

Abstract

Kegiatan pemasaran memainkan peranan krusial dalam dunia bisnis, terutama dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan kemudahan berbelanja, harga terjangkau, dan kelengkapan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kelengkapan produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Muslimah ITA Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan populasi terdiri dari konsumen Toko Muslimah ITA dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data mencakup metode Successive Interval, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan produk dan harga secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan kontribusi sebesar 53,8%. Temuan ini mengindikasikan pentingnya strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan kepuasan dan keputusan pembelian konsumen.

Kata Kunci: Kelengkapan Produk, Harga, Keputusan Pembelian

References

Angipora, M. P. (2020). Dasar-dasar pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Adawiyah, Anisah Luthpi, Dedek Kustiawati, Ghaida Alya Nuha, and Nanda Ajijah. 2022. “Konsep Keseimbangan Ekonomi Terhadap Mekanisme Pasar Dan Penetapan Harga Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4: 3309–16.

Arianto, Nurmin, and Eramaya Patilaya. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk.” Jurnal KREATIF: Pemasaran, Sumberdaya Manusia Dan Keuangan 6 (2): 143–54.

Bagenda, Hastin Umi Anisah | Kevin Indajang Reni Febrina | Christina, Rahmat Rudiyanto | Budi Rustandi Kartawinata Eny Endah Pujiastuti | Rosali Sembiring Colia Marisi Butarbutar | Christine Loist Juhari | Rosharita Sita Deliyana Firmialy Budi Wahyu Mahardhika Heni Nastiti, and Penerbit. 2020. Studi Kelayakan Bisnis: Konsep Dan Aplikasi.

Galista, and Arsadi. 2024. “Pengaruh Promosi Online Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Toko XYZ Mardigrass Citra Raya Kab . Tangerang Tahun 2021 ).” Jurnal Volatility 01 (01): 31–41.

Gunawan, Go Liana Chayani. 2020. “Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian” 5.

Hartanto, Ignatius Soekarno, Andra Rizky Yuwono, and Roland Ananda. 2021. “Fenomena Perilaku Dan Sikap Belanja Offline Dan Online Shopping Pada Masyarakat Millenial Di Jakarta.” Jurnal Seni & Reka Rancang 3 (2): 173–88.

Imanulah, Ridho, Ima Andriyani, and Frecilia Nanda Melvani. 2022. “Pengaruh Citra Toko , Varian Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Restoran Pancious Soma Palembang.” Jurnal Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 10 (1): 285–95.

Khasanah, Imroatul, And Octarina Dina Pertiw. 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen RS St . Elisabeth Semarang.” Jurnal Ilmiah ASET 12 (2): 117–24.

Kurniawan, Ryan, and Aisah Krismonita. 2020. “Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Expresss Sukabumi ( Studi Kasus Konsumen Giant Expresss Sukabumi ).” Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen X (2): 145–54.

Lestiyorini, Deny, and I Ketut Gunarta. 2014. “Model Analisis Pengembangan Produk Baru Obat Herbal Di Indonesia Dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen Dan Penerimaan Channel Secara Terintegrasi.” Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXI, 1–8.

Mahiri, Eli Achmad. 2020. “Pengaruh, Brand Image Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran.” Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen XI (3): 227–38.

Malayu, Hasibuan S.P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mujiyana, and Ingge Elissa. 2013. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online.” J@TI Undip VIII (3): 143–52.

Murniady, Muchran, And MursaliM. 2022. “The Effect Of Price And Product Completeness On Consumer Purchase Decisions At Indomaret Diponegoro Takalar.” Simak 20 (02): 327–42.

Nabilah, Sarah, Adelina Lubis, and Eka Dewi Setia Tarigan. 2017. “Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aroma Bakery & Cake Medan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 1–12.

Nurmasari, Ifa. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Perubahan Harga Saham Dan Volume Transaksi (Studi Kasus Pada PT. Ramayana Lestari Sentosa, Tbk.).” Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan Dan Investasi) 3 (3): 230. https://doi.org/10.32493/skt.v3i3.5022.

Razi, Fiki Fakhrur, and Arief Rifa’i H. 2015. “Pengaruh Atribut Produk Kawasaki Ninja 150 R Terhadap Minat Beli Konsumen.” Jurnal Valuta Vol 1 (2): 250–68.

Siregar, Lisma Yana, and Muhammad Irwan Padli Nasution. 2020. “Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online Lisma.” Hirarki Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 2 (1): 71–75.

Sudirga, Rudy Santosa. 2013. “Faktor – Faktor Yang Menentukan Peningkatan Bisnis Ritel Di Indonesia.” Journal of Business & Applied Management 10 (2): 138–50.

Sundari, Cisilia. n.d. “Revolusi Industri 4.0 Merupakan Peluang Dan Tantangan Bisnis Bagi Generasi Milenial Di Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers, 555–63.

Tjoe, Suherman, Adilla Juita Siska, Kurnia Budhy Scorita, Leni Saleh, Sarty Syarbiah, Nurfitriyenny, and Rina Supryanita. 2013. Manajemen Pemasaran. JURNAL STUDI KOMUNIKASI. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i2.379.

Yaqin, Mochamad Ainul, Udik Jatmiko, and Erwin Syahputra. 2022. “Pengaruh Potongan Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Hikmah Mart Wates Kediri.” OPTIMAL : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 2 (4): 272–81.

Downloads

Published

2024-10-25

Issue

Section

Articles