PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK CINDERAMATA KHAS ANGGANA PADA GALERI UMKM BUBUHAN KREATIF WISATA KUTAI LAMA (BUKWISKULA)
DOI:
https://doi.org/10.70248/jismdb.v2i1.1267Keywords:
Price (X1), Product Quality (X2) and Purchase Decision (Y)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk oleh-oleh khas Anggana di Galeri UMKM Bukwiskula, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data primer melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang ditentukan menggunakan rumus Lemeshow. Teknik analisis yang digunakan mencakup analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis (uji t dan uji f) dan koefisien determinasi (R²) dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, sementara kualitas produk tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Namun, secara simultan, harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan koefisien determinasi sebesar 6,7%, sedangkan 93,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
References
Abimanyu, Rifky, and Cecep Hermana. 2023. “Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Cashback Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9 (1): 398–408.
Ariella, Irfan Rizqullah. 2018. “‘Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid.’” Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis 3 (2).
Darmansah, Aprillia, and Sri Yanthy Yosepha. 2020. “Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur Aprillia.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya 1 (1): 15–30.
Ekowati, Sri, and Meilaty Finthariasari. 2020. “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Eleven Cafe Bengkulu.” Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (Jam-Ekis) 3 (1): 251–52.
Galista, and Arsadi. 2024. “Pengaruh Promosi Online Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian ( Pada Toko Xyz Mardigrass Citra Raya Kab . Tangerang Tahun 2021 ).” Jurnal Volatility 01 (01): 31–41.
Hasoloan, Aswand. 2018. “Peranan Etika BisnIS Dalam Perusahaan Bisnis.” Jurnal Warta, No. 57.
Kumbara, Vicky Brama. 2021. “Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian : Analisis Kualitas Produk , Desain Produk Dan Endorse.” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 2 (5): 604–30.
Marie, Andhalia Liza, and Andreas Budi. 2020. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Kopi Kenangan The Breeze , Bumi Serpong Damai” 25 (2): 99–107.
Nabilah, Sarah, Adelina Lubis, and Eka Dewi Setia Tarigan. 2017. “Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aroma Bakery & Cake Medan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 1–12.
Puspita, Yohana Dian, and Ginanjar Rahmawan. 2021. “Pengaruh Harga , Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier (Influence of Prices , Product Quality and Brand Image on Garnier Product Purchase Decisions).” Jurnal Sinar Manajemen 08: 98–104.
Rahma, Filasti, Wilda Fatmala, and Dewi Yulianti. 2022. “Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kinerja Indeks Pembangunan Manusia.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 1 (2).
S, Laurensius Arliman. 2017. “Perlindungan Hukum Umkm Dari Eksploitasi Ekonomi Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (UMKM Legal Protection From Economic Exploitation To Improve Social Welfare).” Jurnal Media Pembinaan Hukum Nasional 6: 387–402.
Sianturi, Ronda Deli. 2020. “Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM.” Journal of Business and Economics Research (JBE) 1 (1): 45–50.
Widjoyo, Iksan Ongko, Leonid Julivan Rumambi, Sondang Kunto, Program Manajemen Pemasaran, and Universitas Kristen Petra. 2013. “Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Layanan Drive Thru McDonald ’ s Basuki Rahmat Di Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran 1 (1): 1–12.
Zebua, D P F, N E Gea R N Mendrofa, C V Bintang, and Keramik Gunungsitoli. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Di Cv. Bintang Keramik Gunungsitoli.” Jurnal Emba 10 (4): 1299–1307.