PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN USER GENERATED CONTENT (UGC) TERHADAP PURCHASE DECISION PRODUK LUXCRIME PADA GENERASI Z DI TIKTOK
DOI:
https://doi.org/10.70248/jismdb.v2i1.1184Keywords:
social media marketing, user generated content (UGC), purchase decisionAbstract
Platform media sosial TikTok yang kini telah beralih menjadi social commerce, hal ini dimanfaatkan oleh banyak brand sebagai salah satu media pemasaran dan jual beli. Namun, social media marketing yang dilakukan pada aplikasi TikTok tidak direspon dengan baik oleh pengguna, sehingga menyebabkan jangkauan kampanye social media marketing pada brand menurun, salah satunya dirasakan oleh brand Luxcime. Brand Luxcrime mendapatkan berbagai ulasan, review dan semacamnya melalui konten-konten yang dibuat pengguna atau disebut dengan user generated content (UGC). Bukan hanya pandangan yang baik dan positif, brand ini juga mendapatkan pandangan negatif yang dihadirkan dalam beragam bentuk konten UGC di Tiktok oleh para konsumen yang merasa kecewa dengan produknya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan user generated content (UGC) terhadap purchase decision produk Luxcrime pada generasi z di TikTok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 responden yang merupakan generasi z berusia 18-27 tahun yang berdomisili di jawa barat dan pernah membeli produk luxcrime di tiktok minimal satu kali. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah menggunakan menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini antara lain, pertama social media marketing berpengaruh secara signifikan terhadap purchase decision. Kedua, user generated content (UGC) berpengaruh secara signifikan terhadap purchase decision. Ketiga social media marketing dan user generated content (UGC) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision.
Kata Kunci: social media marketing, user generated content (UGC), purchase decision
References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Ardiawan, N. K., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (N. Saputra, Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. http://penerbitzaini.com
Artaya, I., & Baktiono, R. (2016). Memilih Media Sosial Yang Efektif Sebagai Sarana Marketing Online Bagi Pelaku Ukm Di Kabupaten Sidoarjo. E Jurnal Spirit Pro Patria, 2(2), 8–21.
CNBCIndonesia. (2024, Januari 26). Alasan TikTok Mulai Sepi, Pengguna Malas Buka. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240126071617-37-509141/alasan-tiktok-mulai-sepi-pengguna-malas-buka. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240126071617-37-509141/alasan-tiktok-mulai-sepi-pengguna-malas-buka
Compas.co.id. (2023, Maret 21). Luxcrime vs Maybelline, Siapa Penguasa Market Bedak? https://www.instagram.Com/Compas.Co.Id/P/Cqdn9khsyl8/?Img_Index=1. Https://Www.Instagram.Com/Compas.Co.Id/P/Cqdn9khsyl8/?Img_Index=1
Compas.Co.Id. (2024, Juni 26). Kategori FMCG Apa Saja yang Menopang Performance TikTok Shop dan Tokopedia. https://www.instagram.com/p/C8o80jLyF99/?igsh=MWViYmhpMnpncmRndg==. https://www.instagram.com/p/C8o80jLyF99/?igsh=MWViYmhpMnpncmRndg==
Dharma, A., Tinggii, N. S., & Wiyatamandala, E. (2021). Analisis Pergeseran Perilaku Konsumen Dalam Niat Beli Di Sektor Otomotif E-Commerce Indonesia. Maret, 9(2), 119.
Gautama, V. A. (2022). User Generated Content pada Tiktok dan Penggunaannya di Kalangan Muda (Vivin Arbianti Gautama) User Generated Content pada Tiktok dan Penggunaannya di Kalangan Muda. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 6(4), 2379. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i4.3749/http
GoodStats. (2023, Agustus 29). Sensus BPS: Saat Ini Indonesia Didominasi Oleh Gen Z. https://data.goodstats.id/statistic/pierrerainer/sensus-bps-saat-ini-indonesia-didominasi-oleh-gen-z-n9kqv. https://data.goodstats.id/statistic/pierrerainer/sensus-bps-saat-ini-indonesia-didominasi-oleh-gen-z-n9kqv
GoodStats. (2024, Januari 14). Produk Kecantikan Jadi Produk FMCG yang Paling Banyak Dibeli di E-commerce 2023. https://data.goodstats.id/statistic/produk-kecantikan-jadi-produk-fmcg-yang-paling-banyak-dibeli-di-e-commerce-2023-u7UTz. https://data.goodstats.id/statistic/produk-kecantikan-jadi-produk-fmcg-yang-paling-banyak-dibeli-di-e-commerce-2023-u7UTz
Purwaamijaya, B., & Hermawan, A. (2024). The Effect of Social Media Marketing Instagram and Price on Purchasing Decisions @Rumahbatik.Palbatu. Indonesian Journal of Digital Business, 4(1), 34–35. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJDB
Hermawan, A., Awareness, B., Kunci, K., & Merek, K. (2020). Usulan Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Perusahaan Teknologi (Studi pada UX Custom) Keywords (Vol. 20, Nomor 2).
Liputan6. (2022). 21 Juta Konsumen Beralih ke Belanja Online Selama Pandemi Covid-19. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5062323/21-jutakonsumen-beralih-ke-belanja-online-selama-pandemi-covid-19?page=4 .
Luo, W., & Lee, Y.-C. (2022). How User-Generated Content Characteristics Influence the Impulsive Consumption: Moderating Effect of Tie Strength How User-Generated Content Characteristics Influence the Impulsive Consumption: Moderating Effect of Tie Strength 사용자 제작 콘텐츠 특성이 충동구매에 미치는 영향: 유대강도의 조절효과를 중심으로. 지식경영연구 학술저널 (Jurnal Akademik Penelitian Manajemen Pengetahuan), 23(4), 277–292. https://doi.org/10.15813/kmr.2022.23.4.007
Nalindah, V., Chan, A., Tresna, P. W., & Barkah, C. S. (2022). Effect of Consumer Perception on The Purchase Decision of Children’s Football Clothing Products. KINERJA, 6(1), 85–86.
NTBSATU.com. (2024, Januari 27). Rangking TikTok Shop Dilaporkan Turun, Ini Penyebabnya. https://ntbsatu.com/2024/01/27/rangking-tiktok-shop-dilaporkan-turun-ini-penyebabnya.html. https://ntbsatu.com/2024/01/27/rangking-tiktok-shop-dilaporkan-turun-ini-penyebabnya.html
Pratiningsih, V., & Sukri, S. Al. (2023). Peran tik tok dalam industri fashion dan pencitraan merek lokal di Indonesia: analisis user generated content. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen, 19(3), 671.
Prehanto, A., Guntara, R. G., & Aprily, N. M. (2021). Pemanfaatan Webinar Sebagai Alternatif Digitalisasi Informasi dalam Seminar Kurikulum. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJDB/index
Rossanty, Y., & Surya, E. D. (2023). THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA MARKETING ON PURCHASE DECISIONS THrough Consumer Buying Interest As An Intervening Variable Case Study Of Coffee Shop Kopikuni Medan. International Journal Of Economic, Business, Accounting, Agriculture Management And Sharia Administration |Ijebas, 3(5), 1570–1576. https://doi.org/https://doi.org/10.54443/ijebas.v3i5.1132
Sa’adah, A., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur TikTok Shop Pada aplikasi Tiktok. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 132.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business: A Skill-Building Approach. Dalam 7th Edition (7 Ed., Hlm. 290). John Wiley & Sons. Www.Wileypluslearningspace.Com
Sinaga, H. S., & Simbolon, H. (2023). Gambaran Pengambilan Keputusan Pembelian Online Di Aplikasi Tiktok Pada Generasi Z. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 12.
Sudaryanto, Subagio, A., Hanim, A., & Utami, Ch. W. (2023). Consumer Behavior Gen Z. Universitas Ciputra. https://books.google.co.id/books?id=MW_9EAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PA406&dq=buku+generasi+z+pdf&hl=ban&source=newbks_fb&redir_esc=y#v=onepage&q=buku%20generasi%20z%20pdf&f=false
Wafiyah, F., & Wusko, A. U. (2023). Pengaruh User Generated Content Dan E-Wom Terhadap Purchase Intention Dan Purchase Decision Pada Pembeli Produk Nyrtea Di Instagram. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen (EBISMEN), 2(3), 193. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i3.1278
N., & Hartono, A. (2023). The Effect of Somethinc’s Instagram Social Media Marketing Activities on Brand Awareness and Customer Loyalty. Asian Journal of Economics, Business and Accounting, 23(15), 121–123. https://doi.org/10.9734/ajeba/2023/v23i151021