PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN ULASAN KONSUMEN ONLINE TERHADAP MINAT BELI GO-RIDE DI KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.70248/jismdb.v2i1.1089Keywords:
: Ulasan Konsumen Online, Minat Beli, Go-Ride, Gojek, Kota Tasikmalaya.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, dan review konsumen online terhadap minat beli layanan Go-Ride di kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna layanan Go-Ride di kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian sebanyak 120 responden. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan berdasarkan metode nilai signifikansi dan nilai t pada pengujian hipotesis, semua variabel lolos uji. Berdasarkan nilai signifikansi, variabel harga memiliki nilai < 0,01 < 0,05, promosi < 0,01 < 0,05, dan ulasan konsumen online < 0,01 < 0,05. Sedangkan berdasarkan metode t-value, variabel harga = 7.784 > 1.98063, promosi = 7.131 > 1.98063, dan ulasan konsumen online = 7.200 > 1.98063. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa semua variabel memenuhi kriteria dari kedua metode tersebut, artinya masing-masing variabel secara parsial berpengaruh terhadap minat beli. Berdasarkan uji simultan, variabel harga, promosi, dan ulasan konsumen online berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli layanan Go-Ride. Berdasarkan nilai signifikansi, variabel- variabel tersebut memiliki nilai < 0,01 < 0,05 terhadap minat beli. Berdasarkan nilai f hitung, harga, promosi, dan ulasan konsumen online memiliki nilai 43,222 > 2,68.
Kata Kunci: Ulasan Konsumen Online, Minat Beli, Go-Ride, Gojek, Kota Tasikmalaya
References
Ahdiat, A. (2022, December 8). Gojek vs Grab, Mana yang Konsumennya Lebih Banyak? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/08/gojek-vs-grab-mana-yang-konsumennya-lebih-banyak
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behaviour. Organizational Behaviour and Human Decision Processes (pp. 179–211).
Hapsari, F. M., Sudarwati, S., & Marwati, F. S. (2022). Pengaruh Brand Trust, Media Sosial dan Online Consumer Review terhadap Minat Beli. Jurnal Manajemen, 14(1), 91–97.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing Management (15th ed.). Pearson. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/988
Kurniawan, A. (2023, February 24). Tarif Terbaru Gojek di 2023, Rogoh Kocek Makin Dalam. Sindonews.Com. https://ekbis.sindonews.com/read/1030991/34/tarif-terbaru-gojek-di-2023-rogoh-kocek-makin-dalam-1677204174?showpage=all
Kurniawan, D. A. (2023, December 18). Transportasi Online dalam Keseimbangan Supply – Demand. Pusat Studi Transportasi Dan Logistik Universitas Gadjah Mada. https://pustral.ugm.ac.id/transportasi-online-dalam-keseimbangan-supply-demand/
Mawa, S. F., & Cahyadi, I. F. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli di Lazada. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(2), 253–278.
Padilah, T. N., & Adam, R. I. (2019). Analisis Regresi Linier Berganda dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi di Kabupaten Karawang. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 117–128.
Purbaya, A. A. (2019, October 21). Ditinggal Nadiem Makarim, Begini Kondisi Gojek. Detik Inet. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4754542/ditinggal-nadiem-makarim-begini-kondisi-gojek
Rahman, S., Rika, R., Santoso, P. H., & Setyawan, O. (2022). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Transportasi Online (Studi Kasus Pada Pengguna Gojek di Pekanbaru). Jurnal BANSI-Jurnal Bisnis Manajemen Akutansi, 2(1), 1–9.
Sari, V. N. (2019). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon, Dan Iklan Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta (pp. 1–35).
Septiani, L. (2023, August 16). Transaksi Gojek Turun, Pendapatan Driver Ojol dan Taksi Online Naik. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/digital/startup/64dc6d0bdafc6/transaksi-gojek-turun-pendapatan-driver-ojol-dan-taksi-online-naik
Sudarlan, S., Marwanto, M., & Krisma, I. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Kepercayaan, dan Promosi terhadap MInat Masyarakat Kota Samarinda Menggunakan Layanan Online pada Pelanggan Ojek. Jurnal Eksis, 18(1), 99–111.
Sutanto, M. A., & Aprianingsih, A. (2016). The Effect of Online Consumer Review Toward Purchase Intention: A Study in Premium Cosmetic in Indonesia. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science, 53(2), 1689–1699.
Widyowati, L., & Wahyuddin, H. M. (2019). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayananterhadap Minat Konsumen Ojek Online (Study Kasus: Pengguna Aplikasi Go-Jek Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yuniawati, Y., & Istichanah, I. (2023). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Ojek Online Grab. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(4), 96–108.