EVALUASI USABILITY PADA APLIKASI MATAHARI MALL DENGAN METODE THINK ALOUD DAN SYSTEM USABILITY SCALE

Authors

  • Angelita Salsabila Politeknik Siber dan Sandi Negara
  • Mirza Uliartha SImanjuntak Politeknik Siber dan Sandi Negara
  • Hermawan Setiawan Politeknik Siber dan Sandi Negara

DOI:

https://doi.org/10.70248/jismdb.v2i1.1034

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi kualitas dan kegunaan aplikasi e-commerce Matahari Mall dengan menggunakan metode Usability Testing yang dilatarbelakangi oleh rating aplikasi yang cukup rendah yaitu 3,6 bintang. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami kebutuhan dan pengalaman pengguna, serta mengidentifikasi masalah dalam antarmuka aplikasi. Metode yang digunakan meliputi System Usability Scale (SUS) dan Think Aloud, di mana pengguna diminta untuk menjalankan tugas tertentu dan mengisi kuesioner mengenai pengalaman mereka. Data dari ulasan pengguna di Google Play Store juga dianalisis untuk mendukung pengujian. Hasil penelitian menunjukkan beberapa area di mana aplikasi memerlukan perbaikan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Berdasarkan temuan ini, rekomendasi perbaikan disusun untuk meningkatkan kualitas aplikasi Matahari Mall secara keseluruhan.  

References

Dewi, G. A. P. A., Dantes, Prof. Dr. G. R., & Divayana, Prof. Dr. D. G. H. (2023). Usability Testing On Inventory Application Using Performance Measurement, Retrospective Think Aloud, And System Usability Scale Technique. Journal of Computer Networks, Architecture and High Performance Computing, 5(1), 336–346. https://doi.org/10.47709/cnahpc.v5i1.2336

Fariyanto, F., Suaidah, & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Jaspers, M. W. M., Steen, T., Bos, C. Van Den, & Geenen, M. (2004). The think aloud method: A guide to user interface design. International Journal of Medical Informatics, 73(11–12), 781–795. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2004.08.003

Lutfiani, N., Rahardja, U., & Manik, I. S. P. (2020). Peran Inkubator Bisnis dalam Membangun Startup pada Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 77–89. https://doi.org/10.33633/jpeb.v5i1.2727

Mahanani, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall.Com. Ikraith-Humaniora, 2(2), 53–61.

Menora, T., Primasari, C. H., Wibisono, Y. P., Sidhi, T. A. P., Setyohadi, D. B., & Cininta, M. (2023). Implementasi Pengujian Alpha dan Beta Testing Pada Aplikasi Gamelan Virtual Reality. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 48–60. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i1.6625

Mahardhika, I., Kusumawardhana, H., Hendrakusma Wardani, N., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Evaluasi Usability Pada Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) (Vol. 3, Issue 8). http://j-ptiik.ub.ac.id

Mutiasanti, S., Tri Ananta, M., & Muslimah Az-Zahra, H. (2018). Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Di Indonesia Dengan Menggunakan UX Honeycomb (Vol. 2, Issue 10). http://j-ptiik.ub.ac.id

Nadia Kurniawan, C., Zaman, B., Bhahri, S., Informatika, T., & Kharisma Makassar, S. (2022). Analisis Usability Pada Website Ayomulai Menggunakan Metode System Usability Scale. Jtriste, 9(2), 90–102. Https://ayomulai.id/

Sianipar, A. Z. (2019). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kepuasan Pelayanan. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(1), 16–22. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/72/67

Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 199–216.

Syafiq, M. H. I., & Rahma, F. (2021). Usability Testing pada Fitur Saved Design dalam Website E-Commerce. Automata, 2(2), 1–7. https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/19544/11580

Ucu Suhayati. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Class Room Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (The Effect of Online Learning Using the Google Class Room Application and Learning Motivation on the Learning Outcomes of Student. Tahun, 8, 1–16.

Universitas Indonesia.

Usability Testing pada Fitur Saved Design dalam Website E-Commerce.

Downloads

Published

2024-10-25

Issue

Section

Articles