PENGARUH PENJUALAN ONLINE DAN RESPON OWNER TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI WAROENG MENOR KOMACAI KELURAHAN ANAK PETAI KECAMATAN PRABUMULIH UTARA KOTA PRABUMULIH
DOI:
https://doi.org/10.59407/jismdb.v1i4.1002Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penjualan online dan respon owner terhadap peningkatan penjualan di Waroeng Menor Komacai Kota Kelurahan Anak Petai Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih dengan sampel 100 responden yang merupakan konsumen Waroeng Menor Koamcai Kota Prabumulih. Metode yang digunakan dalam Pengabdian ini adalah metode kuantitatif pendekatan deskriptif serta menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang dibuat dengan SPSS versi 22. Hasil pengujian statistik diperoleh bahwa varibel penjualan online secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan nilai thitung > ttabel atau 2,624 > 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 < 0,05. Variabel respon owner secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan nilai thitung > ttabel atau 4,071 > 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan adanya pengaruh positif dan signifikan variabel penjualan online dan respon owner terhadap peningkatan penjualan di Waroeng Menor Komacai Kota Prabumulih. Berdasarkan output model summary didapatkan tabel uji determinasi yang memberikan Adjusted R2 sebesar 0,553 hal ini berarti 55,3% peningkatan penjualan dipengaruhi oleh penjualan online dan respon owner, sedangkan sisanya 44.7% peningkatan penjualan dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya diluar Pengabdian ini seperti harga, lokasi. Hasil dari Pengabdian ini menunjukan bahwa penjualan online dan respon owner secara baik secara parsial dan simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan di Waroeng Menor Komacai Kota Prabumulih
Kata Kunci: Penjualan Online, Respon Owner, Peningkatan Penjualan
References
Alysia, V. (2021). Kajian Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui E-Peken dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Kota Surabaya: Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Berbasis Digital. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(2), 10–18.
Cholik, C. A. (2021). Perkembangan teknologi informasi komunikasi/ICT dalam berbagai bidang. Jurnal Fakultas Teknik UNISA Kuningan, 2(2), 39–46.
Cipta, H. (2022). Pengaruh Penjualan Online Terhadap Tingkat Penjualan Pada Toko Ventela Borneo Pangkalan Bun. Magenta, 11(1), 29–36.
Darus, P., & Silviani, I. (2022). Peran strategi komunikasi dalam meningkatkan penjualan ditinjau dari bauran pemasaran. Message: Jurnal Komunikasi, 11(1), 60–73.
Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., Dulame, I. M., Pramuditha, P., Sudipa, I. G. I., & Kom, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Gema, Y., Diana, A., & Achadiani, D. (2022). Penerapan E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (CMS) Untuk Memperluas Pemasaran Produk Pada Jtbbekasi. IDEALIS: Indonesia Journal Information System, 5(1), 49–58.
Harto, B., Rukmana, A. Y., Boari, Y., Rusliyadi, M., Aldo, D., Juliawati, P., & Dewi, Y. A. (2023). WIRAUSAHA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI: Peluang usaha dalam meyongsong era society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hia, A. M., Ali, H., & Sumartyo, F. D. S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan: Analisis Kualitas Pelayanan, Inovasi Produk dan Kepuasan Konsumen (Literature Review). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 368–379.
Johari, C., & Keni, K. (2022). Pengaruh product quality, attitude of customers dan perceived behavioral control terhadap purchase intention pada umkm produk kue. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 340–351.
Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Johannes, R., Batin, M. H., Lestari, W. J., Khatimah, H., & Beribe, M. F. B. (2021). Teori perilaku konsumen. Penerbit NEM.
Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).
Rahmadina, F., Taqiyah, U. D., Bintang, Y. M., & Rakhmawati, I. (2024). Penerapan Analisis Biaya, Volume, dan Laba Sebagai Dasar Perencanaan Penjualan untuk mencapai Sasaran Laba: Penerapan Analisis Biaya, Volume, dan Laba Sebagai Dasar Perencanaan Penjualan untuk mencapai Sasaran Laba. Journal of Islamic Accounting Competency, 4(1), 1–17.
Rofiq, A., Suryadi, N., Anggraeni, R., Makhmut, K. D. I., & Aryati, A. S. (2023). Meningkatkan Daya Saing UKM: Perspektif Strategis. Universitas Brawijaya Press.
Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. Universitas Brawijaya Press.
Swastha, B., & Handoko, T. H. (2002). Manajemen pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.
Tanjung, R. A. B. (2022). Analisa Perkembangan UMKM Pada Usaha Cafe dan Prilaku Konsumen Pada Era Revolusi Industri 4.0 di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis [JIMEIS], 2(4).
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.
Widiantari, N. K., Amir, F. L., & Praminatih, G. A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Pada Era New Normal di Mano Beach House Restaurant Seminyak. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(2), 553–568.
Wijayati, H. (2019). Panduan Analisis SWOT untuk Kesuksesan Bisnis: jangan buat strategi bisnis sebelum baca buku ini. Anak Hebat Indonesia.
Windi, P., & Mursid, M. C. (2021). Pentingnya perilaku organisasi dan strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital. Jurnal Logistik Bisnis, 11(2), 71–77.
Zahrah, A., Mandey, S. L., & Mangantar, M. (2021). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 216–226.