PENGARUH PERCEIVED VALUE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN BERKULIAH DI UNIVERSITAS XYZ

Authors

  • Ratu Biru Fathia Universitas Ary Ginanjar, Jakarta, Indonesia
  • Mariah Mariah Universitas Ary Ginanjar, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70248/jdedte.v2i3.2645

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perceived Value Dan Brand Image Terhadap Keputusan Berkuliah Di Universitas XYZ. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala likert dan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 190 responden dengan kriteria; mahasiswa aktif tahun ajaran 2021-2024 dengan program studi Manajemen, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Teknik Industri, dan Sastra Inggris dan diolah menggunakan program IBM SPSS versi 25. Teknik pengambilan sampel probability sampling dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian pada uji-T menunjukkan bahwa perceived value secara tersendiri (parsial) berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Brand image secara tersendiri (parsial) berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Perceived Value (X1) dan Brand Image (X2) secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y).

 

References

Abdul Ahmad Hafidh Nurmansyah, K. R. (2022). PENGARUH WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP PILIHAN PERGURUAN TINGGI DI KOTA BANDUNG . Journal of Scientech Research and Development .

Ali Hanafiah, A. B. (2016). PENGARUH PROMOSI TERHADAP BRAND IMAGE PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENJADI MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk (Padangsidimpuan: PT Inovasi Pratama Internasional). 5-6.

Aynun Nurul Ulufah, P. M. (2024). Strategi Meningkatkan Brand Image dan Daya Saing Dalam Pemasaran Jasa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Edisi Keempat. SAGE.

Dwi Septi Haryani, N. A. (2023). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, PAYMENT SYSTEM, AND PROMOTION ON INTEREST IN COLLEGE AT THE UNIVERSITAS MAHKOTA TRICOM UNGGUL. IJAMESC.

Erlinda, S. N. (2024). Membangun Compound Brand Image dan Media Sosial dalam Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Muhammadiyah Aceh. Jurnal Ilmu Manajemen.

Ester Hervina Sihombing, T. H. (2023). The Influence of Family, Peers and Brand Image on the Decision to Study at Universitas Mahkota Tricom Unggul. ProBisnis : Jurnal Manajemen.

Fina Yuliana, E. P. (2023). The Effect of Promotion Strategy and Social Media on the Attractiveness of Prospective New Students Moderated by Brand Image on University’s Study Program Selection. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9.

Hasyim, R. A. (2007). PREFERENSI CALON MAHASISWA DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA .

Juliana Juliana, J. J. (2020). Pengaruh brand image terhadap keputusan memilih universitas dengan brand trust sebagai variabel intervening. Journal of Business and Banking.

Keller, K. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran Edisi Keenam. ANDI.

Kwartawaty, N. N. (2023). The Role of Institutional Image in Mediating the Relationship Between Digital Marketing and Perceived Value on the Decision to Private Higher Education. Journal of Economic Education.

Latifah Hanum, N. J. (2024). Pengaruh Produk, Brand Image, Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada I Massa Kok Tong Rantauprapat. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5193.

Lunarindiah, G. (2016). THE INFLUENCE OF CORPORATE IMAGE, SERVICE QUALITY, PERCEIVED VALUE TOWARD STUDENT SATISFACTION AND STUDENT LOYALTY . Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa.

Mariyam, T. (2023). Pengaruh Brand Image dan Keunggulan Bersaing Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Politeknik Hasnur Yang Di Mediasi Oleh Word Of Mouth Positif. Jurnal Bisnis dan Pembangunan.

Putri Yesi Siahaan, A. L. (2024). PENGARUH BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI MEMILIH KULIAH DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN PEMATANGSIANTAR . Jurnal Sains Student Research .

Rozinah, S. (2018). ANALISA PENGARUH SERVICE QUALITY, BRAND IMAGE DAN PERCEIVED VALUE SEBAGAI MODERATING VARIABLE TERHADAP BRAND LOYALTY. Jurnal Liquidity.

Sepri Neswardi, I. Y. (2022). Pengaruh Brand Image dan Lokasi terhadap Keputusan Calon Mahasiswa Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis.

Sjaiful Munir, B. S. (2023). THE INFLUENCE OF PERCEIVED VALUE AND INTENTION TO STUDY ON THE DECISION TO CHOOSE OPEN DISTANCE EDUCATION (CASE STUDY AT UNIVERSITAS TERBUKA). International Conference on Teaching and Learning.

Sugiyono. (2018). Statistik Non Parametris untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pt.Rosdakarya Bandung.

Syafran, H. (2022). PENGARUH CITRA DAN REPUTASI INSTITUSI TERHADAP PERSEPSI SISWA SLTA UNTUK KULIAH DI ISI PADANGPANJANG. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Tandijaya, T. N. (2018). ANALISA PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP BEHAVIORAL INTENTIONS DENGAN PERCEIVED VALUE DAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENDIDIKAN TINGGI. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran: Vol. 979 533 441 7.

Yuni Asmayunita, N. R. (n.d.). PENGARUH EKUITAS MEREK, KELOMPOK RUJUKAN DAN PREFERENSI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS ISLAM MALANG.

Downloads

Published

2025-07-10

Issue

Section

Article