HUBUNGAN KUALITAS WEBSITE E-COMMERSE DENGAN MINAT BELI KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.70248/jdedte.v2i2.1790Abstract
Era digitalisasi telah mentransformasi sekto perdagangan yang telah ditunjukan dengan lonjakan transaksi e-commmerce mencapai Rp 13 Triliun bulanan pada 2019. Fenomena ini mendorong dilakukannya penelitian untuk memahami keterkaitan antara kualitas platform e-commerce dengan kecenderungan pembelian konsumen. Menggunakan metodologi kualitatif, penelitian melibatkan partisipasi 114 responden yang memberikan tanggapan melalui kuesioner daring dengan empat tingkat skala Likert. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan serangkaian analisis statistik, meliputi pengujian reliabilitas, statistik deskriptif, korelasi, dan regresi. Pengujian menghasilkan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0.888, mengindikasikan keandalan instrumen penelitian yang tinggi. Temuan utama menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara elemen website dengan respons pengguna, dibuktikan dengan koefisien korelasi 0.621 (p<0.001). Lebih lanjut, analisis regresi mengungkapkan bahwa karakteristik website berkontribusi sebesar 38.5% terhadap variasi perilaku pengguna, dengan signifikansi statistik F=70.218 (p<0.001). Hasil penelitian memvalidasi bahwa optimalisasi kualitas platform e-commerce memiliki dampak substansial terhadap minat beli konsumen, di mana peningkatan performa website berbanding lurus dengan penguatan intensi pembelian dalam lingkungan digital.
Kata Kunci: E-commerce, Kualitas Website, Minat Beli Konsumen, Platform Digital, Perilaku Konsumen Online
References
E. Japarianto and S. Adelia, “Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee,” J. Manaj. Pemasar., vol. 14, no. 1, pp. 35–43, 2020, doi: 10.9744/pemasaran.14.1.35-43.
S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi KaHandayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.310,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.
R. Rachmatullah, D. Kardha, and M. P. Yudha, “Aplikasi E-Commerce Petshop dengan Fitur Petpedia,” Go Infotech J. Ilm. STMIK AUB, vol. 26, no. 1, p. 24, 2020, doi: 10.36309/goi.v26i1.120.
D. Yadewani and R. Wijaya, “PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus : AMIK Jayanusa Padang),” J. Benefita, vol. 2, no. 2, pp. 102–109, 2017, doi: 10.22216/jbe.v2i2.478.
H. F. Mavilinda and A. Nazaruddin, “Analisis Website Quality, Customer Satisfaction dan Repurchase Intention pada Bisnis E-Commerce di Indonesia,” J. Bisnis dan Manaj., vol. 9, no. 1, pp. 130–141, 2022, doi: 10.26905/jbm.v9i1.7455.
Annisa Fitrah Ramialis and Eri Besra, “Pengaruh Website Quality dan Website Brand terhadap Minat Beli Online dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Konsumen Shopee Kota Padang),” JRB-Jurnal Ris. Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 209–221, 2021, doi: 10.35814/jrb.v4i2.1964.
M. Sanaky, L. M. Saleh, and H. D. Titaley, “Jurnal Simetrik Vol 11, No. 1, Juni 2021,” J. Simterik, vol. 11, no. 1, pp. 432–439, 2021.
J. Hutahaean, N. Mulyani, Z. Azhar, A. Salsabila, and D. Ananda, “PERANAN E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN mengakses serta melakukan pesanan dari berbagai tempat . Dengan adanya suatu fasilitas akses internet hanya dengan menggunakan laptop / notebook,” vol. 8, no. 1, pp. 1–2, 2024.
P. E. Bagi, U. Pada, and E. R. A. Industri, “PEMANFAATAN E-COMMERCE BAGI UMKM PADA ERA INDUSTRI 4 . 0 Alvia Cahya Ramantya Putri,” no. March, 2024, doi: 10.13140/RG.2.2.12164.33925.
A. Y. Kurniawan, E. Sany, and M. Megawaty, “Penerapan Ui/Ux Pada E-Commerce Batik Jambi Duo Serangkai Berbasis Web (Studi Kasus Gerai Batik Jambi Duo Serangkai),” J. Manajamen Inform. Jayakarta, vol. 4, no. 1, p. 114, 2024, doi: 10.52362/jmijayakarta.v4i1.1313.
B. S. Soeratin, “Penerapan Strategi Manajemen Inovasi Untuk Daya Saing Perusahaan Dalam Industri E-Commerce,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, pp. 1186–1193, 2024.
C. Ferdiansya, S. Handayani, and M. Juansen, “Sistem Informasi Pemasaran Kerupuk Ganepo Menggunakan E-Commerce Berbasis Web,” vol. 20, no. 2, pp. 464–472, 2024.
U. Islam, N. Sayyid, and A. Rahmatullah, “p-ISSN 2615-4293 e-ISSN 2723-7567,” vol. 6, no. 05, pp. 1–15, 2000.
A. Alwendi, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan,” Manaj. Bisnis, vol. 17, no. 3, pp. 317–325, 2020, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
M. Hasibuan, S. Pane, R. A. Siregar, and P. R. Silalahi, “Strategi Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing,” J. Ilm. Mhs. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 5, no. 1, pp. 87–93, 2023, doi: 10.32639/jimmba.v5i1.254.
M. Yusuf, S. Sutrisno, P. A. N. Putri, M. Asir, and P. A. Cakranegara, “Prospek Penggunaan E-Commerce Terhadap Profitabilitas Dan Kemudahan Pelayanan Konsumen: Literature Review,” J. Darma Agung, vol. 30, no. 3, p. 505, 2022, doi: 10.46930/ojsuda.v30i3.2268.
R. Choirunisa and D. Mulyanti, “Literature Review: Peran E-Commerce Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Di Era New Normal,” J. EBI, vol. 5, no. 1, pp. 9–15, 2023, doi: 10.52061/ebi.v5i1.102.
















