PENTINGNYA ETIKA BISNIS DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BAGI KEBERHASILAN BISNIS
DOI:
https://doi.org/10.70248/jdedte.v2i2.1602Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi elemen etika bisnis yang paling memengaruhi kepercayaan konsumen dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Data diperoleh dari berbagai jurnal ilmiah terindeks Google Scholar dan Connected Papers yang relevan dengan tema “Pentingnya etika bisnis dan corporate social responsibility (CSR) bagi keberhasilan bisnis”. Sebanyak 20 artikel terpilih yang diterbitkan pada rentang tahun 2016–2024 dianalisis untuk mengungkap hubungan antara penerapan etika bisnis dan CSR terhadap reputasi perusahaan, keterlibatan karyawan, serta kinerja organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis dan CSR memiliki peran signifikan dalam membangun kepercayaan konsumen, meningkatkan reputasi perusahaan, menarik dan mempertahankan talenta, serta mendorong keberlanjutan dan kinerja bisnis. Kombinasi penerapan prinsip akuntabilitas, transparansi, dan kepedulian sosial menjadi fondasi penting dalam menciptakan operasional bisnis yang bertanggung jawab dan berintegritas di tengah dinamika global yang kompleks.
Kata Kunci: Etika Bisnis, Corporate Social Responsibility, Kepercayaan Konsumen, Reputasi Perusahaan, Keberlanjutan Bisnis
References
Adrai, R., & Perkasa, D. H. (2024). Penerapan Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam International Human Resources Management. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 6(2), 68–85. https://doi.org/10.51353/jmbm.v6i2.950
Aviatri, P., & Nilasari, A. P. (2021). Analisis Penerapan Etika Bisnis terhadap Kelangsungan Usaha Perusahaan Dagang. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 6(02), 194–205. https://doi.org/10.35706/acc.v6i02.5621
Dharma Nurhalim, A. (2023). Pentingnya Etika Bisnis Sebagai Upaya dalam Kemajuan Perusahaan. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 14(2a), 11–20. https://doi.org/10.47927/jikb.v14i2a.536
Islami, Q. N., & Sudarma, M. (2022). Pengaruh Slack Resources, Gender dan Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2019). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 10(2).
Isra Laili, N., & Apramilda, R. (2023). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2015-2019). Reliable Accounting Journal, 2(2), 27–38. https://doi.org/10.36352/raj.v2i2.526
Judijanto, L., Fajariana, D. E., Harsono, I., & Sutanto, H. (2024). Eksplorasi Penelitian Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dengan Pendekatan Bibliometrik. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 2(02), 115–123. https://doi.org/10.58812/smb.v2i02.369
Kadek, N., Suardianti, D., Zahratul, H. N., Desyanur, G. B., Lidya, M., & Astarini, Y. (2024). Penerapan Etika Bisnis Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Usaha Kontraktor Bangunan CV. Barakallah. MANDUB : Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 2, 223–232. https://doi.org/10.59059/mandub.v2i2.1193
Khalik, F. I., Okprianti, R., & Kifli, S. (2023). Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Corporate Social Responsbility (Csr) Sebagai Etika Bisnis Dan Etika Sosial. Marwah Hukum, 1(1), 16. https://doi.org/10.32502/mh.v1i1.5596
Kusuma, G. C., Prastiwi, D. N., & Kristiyanti, L. (2023). Pengaruh Gender Diversity, Agresivitas Pajak, dan Green Accouting Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmiah Keuangan Akuntansi Bisnis, 2(2), 358–368. https://doi.org/10.53088/jikab.v2i2.49
Mulyani, S., & Rosharlianti, Z. (2023). Pengaruh board diversity dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Kompartemen : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 21(2), 213. https://doi.org/10.30595/kompartemen.v21i2.17688
Nopriyanto, A. (2024). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.15575/jim.v5i2.37655
Pratama, A., Yuniarti, R., & Junaidi, A. (2024). Pengaruh Gender Diversity Dan Green Accounting Terhadap Pengungkapan CSR Pada Perusahaan LQ45 Tahun 2015-2022. Owner, 8(3), 2452–2469. https://doi.org/10.33395/owner.v8i3.2206
Rahmat, B. Z. (2017). Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 98–115. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2099
Ryan Maulana, & Masiyah Kholmi. (2024). Pengaruh Praktek Bibliometrik Etika Bisnis Dan Csr Menciptakan Nilai Jangka Panjang Perusahaan. Jurnal Inovasi Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis Dan Digital, 1(3), 35–49. https://doi.org/10.61132/jimakebidi.v1i3.188
Setiawan, T., & Aprilia, A. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Millennial Leadership, Gender Diversity terhadap Nilai Perusahaan. Owner, 6(3), 3261–3269. https://doi.org/10.33395/owner.v6i3.1014
Sukma, F. D., & Ismail, I. (2023). Evolusi Relevansi Etika Bisnis Dan Corporate Social Responsibility (Csr). Jurnal Lentera Bisnis, 12(3), 935. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i3.994
Suprapto, Y., & Alvina, J. (2023). Peran Etika , Keberlanjutan , dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Bisnis Internasional. Seiko, 6(1), 598–607. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3966
Wati, S. S., & Mukhlis, I. (2023). Peran Etika Bisnis Dalam Mendorong Sustainability Perusahaan. Business and Investment Review, 1(6), 78–82. https://doi.org/10.61292/birev.v1i6.68
Wibowo, D. P., Afriadi, H., & Sakti, A. M. P. (2023). Pentingnya Penerapan Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Bisnis. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains Dan Sosial Humanioral, 2023, 1–17. https://doi.org/10.11111/nusantara.xxxxxxx
Zulfiani, S. M. I. U. (2024). Praktik Corporate Social Responsibility ( Csr ) Di Koperasi Konsumen Syariah Baitul Tamwil Muhammadiyah ( Kks Btm ) Mulia Babat Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam Sri Mega Indah Umi Zulfiani Universitas Muhammadiyah Surakarta Email : O200210013@student.ums. 130–147.
















